24
Nov

Inspirasi Menata Meja Kerja yang Rapi dan Nyaman

Inspirasi Menata Meja Kerja yang Rapi dan Nyaman

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Suasana area kerja adalah salah satu hal yang sangat mempengaruhi semangat bekerja. Meja kerja yang berantakan tentu saja akan membuat Anda malas untuk tetap berada di sana. Bekerja men jadi tidak semangat, tidak produktif dan tidak maksimal. Saatnya atasi ketidaknyaman dalam ruang kerja dengan mementingkan kebersihan, menata peralatan dengan rapi dan mendekorasinya. Visual yang tertata rapi di meja kerja akan memberikan semangat dan energi positif saat bekerja. Bagi pekerja dengan komputer, alat tulis, setumpuk kertas dan printer, tentu pemandangan peralatan ini sudah sangat akrab Anda temui. Kini, untuk menambah semangat bekerja, Anda dapat menata peralatan tersebut dengan hiasan, warna serta dekorasi. Ubahlah tampilan meja kerja yang biasanya membosankan jadi tempat yang nyaman dan cantik dipandang. Dijamin, stres pun enggan menghampiri. Berikut ini inspirasi menata meja kerja yang rapi dan nyaman.

Menata Ulang Posisi Meja Kerja

Inspirasi Menata Meja Kerja yang Rapi dan NyamanKetika sobat berencana untuk menata meja kerja yang rapi dan nyaman, ada baiknya untuk memperhatikan letak meja kerja. Hal ini sangat berkaitan dengan arah aliran energi positif yang nantinya akan bersirkulasi di sekitar meja kerja sobat. Posisi meja kerja yang letaknya membelakangi jendela menurut feng shui ternyata dapat mengahambat datangnya ide dan inspirasi baru.

Selain letak dari meja kerja itu sendiri, ada baiknya untuk menata ulang barang-barang yang sering digunakan juga disusun secara sistematis dan dekat dengan jangkuan agar mempercepat proses bekerja.

Tata dengan Menerapkan Perpaduan Warna yang Harmonis

Inspirasi Menata Meja Kerja yang Rapi dan NyamanPilihan warna yang sobat gunakan dalam ruangan interior menentukan suasana lho. Untuk itu, idealnya perpaduan warna yang dipilih haruslah perpaduan warna yang harmonia. Misalnya menerapkan nuansa warna kesukaan sobat pada meja kerja.

READ  Perusahaan Kontraktor

Misalnya dengan menerapkan warna biru. Warna ini dipercaya dapat meningkatkan mood yang baik ketika bekerja. Atau sobat bisa juga menggunakan perpaduan warna hijau dan warna-warna tanah (earthy toned) yang memiliki makna kesuburan sehingga diharapkan dapat memacu produktivitas. Pengaplikasian elemen kayu pada furniture di meja kerja sobat juga bisa menjadi pelengkap warna interior agar berpadu dengan harmonis lho.

Menyimpan Barang yang Hanya Diperlukan

Inspirasi Menata Meja Kerja yang Rapi dan NyamanSobat harus tegas pada diri sendiri terkait hal ini. Perlu diingat bahwa meja kerja fungsinya tentu untuk bekerja. Bukan untuk yang lain. Sehingga jika ada barang atau pun benda yang tidak ada hubungannya dengan kerjaan sobat, coba untuk menyingkirkannya dari meja. Benda-benda yang tidak perlu ini dikhawatirkan dapat mengganggu konsentrasi sobat lho.

Misalnya sobat menyimpan kotak make up atau cemilan di atas meja kerja. Bisa jadi sobat hanya akan focus ngemil ketika bekerja atau malah sibuk merias diri di waktu bekerja. Tentu hal ini harus dihindari bukan? Maka dari itu ada baiknya untuk menyimpan benda-benda yang tidak diperlukan ketika bekerja jauh dari meja kerja.

Nah apabila sobat kebingungan untuk menata barang mana yang diperlukan ketika bekerja atau tidak karena nampaknya ada beberapa barang yang bisa tiba-tiba menjadi sangat penting dan diperlukan ketika kerja berlangsung. Anda bisa mencoba untuk menggunakan organizer atau wadah khusus untuk menyimpannya. Jadi meskipun banyak file atau alat tulis di meja kerja, suasana meja tetap tampak rapi.

Meskipun sudah berupaya dengan menata barang didalam wadah khusus, tentunya sobat harus tetap meletakkan barang-barang di meja berdasarkan intensitas kebutuhan ya. Ada baiknya juga jika sobat menata meja dengan meletakkan barang-barang yang besar di bagian belakang dan yang kecil di bagian depan, berurutan sesuai ukuran. Hal ini akan memudahkan sobat ketika harus kembali membereskan barang atau bahkan mencari barang yang diperlukan.

READ  Ruangan Kedap Suara

Menghias Meja dengan Barang-Barang yang Berkesan

Inspirasi Menata Meja Kerja yang Rapi dan NyamanMeskipun dianjurkan untuk menyimpan barang yang hanya diperlukan ketika bekerja, namun boleh-boleh saja ko jika sobat ingin menata meja kerja dengan dekorasi atau hiasan lucu agar lebih semangat dalam bekerja. Vira sarankan juga untuk menambahkan dekorasi yang bersifat personal, misalnya seperti meletakkan action figure favorit dan bingkai foto berisi kenangan menyenangkan. Hal ini diharapkan dapat menambahkan energi positif di meja kerja.

Sobat juga bisa menambahkan tanaman hias sebagai dekorasi di meja kerja. Penelitian membuktikan keberadaan tanaman hias mempu meningkatkan produktivitas kerja hingga 15%. Selain itu tanaman hias juga dapat memperbaiki kualitas di sekitar meja kerja dan langsung dapat memberikan efek menyegarkan serta perasaan rileks ke dalam otak. Hal ini tentunya mempermudah sobat ketika harus berkonsentrasi secara penuh dan fokus ketika bekerja.

Selalu Menjaga Kerapihan dan Kebersihan Meja Kerja

Inspirasi Menata Meja Kerja yang Rapi dan NyamanSalah satu aspek penting dan mendasar ketika menata meja kerja agar rapi dan nyaman ini adalah selalu menjaga aspek kerapihan dan kebersihan. Meja kerja yang berantakan tidak hanya membuat sobat merasa malas bekerja, namun juga menghalau energi positif untuk masuk ke area meja kerja sobat.

Apalagi ketika meja kerja sudah terlihat sangat berantakan tentu akan membuat sobat sangat malas bahkan hanya melihat meja tersebut pun sobat pasti malas. Saran dari saya ada baiknya untuk mengosongkan meja kerja terlebih dahulu apabila meja kerja anda sudah kepalang berantakan. Biasanya yang membuat suasana meja sangat berantakan adalah dokumen yang sudah sangat menumpuk. Dengan pikiran biasanya merasa dokumen itu sangat penting namun meskipun sudah lama disimpan nyatanya dokumen tersebut tak pernah tersentuh.

READ  Ini 5 Manfaat Kitchen Island untuk Dapur

Maka dari itu mulailah untuk memilah terlebih dahulu mana dokumen yang masih dibutuhkan dan mana yang sudah tidak pernah terpakai dalam kurun waktu lebih dari tiga bulan. Untuk menjaga-jaga apabila ternyata dokumen tersebut masih terpakai sobat bisa meletakkannya di area lain selain meja kerja sobat.