04
Des

Inspirasi Fasad Rumah

INSPIRASI FASAD RUMAH

Fasad Rumah – Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas apa saja fungsi dan manfaat dari desain fasad rumah. Nah pada kesempatan kali ini, kami ingin mengulas mengenai beberapa inspirasi desain fasad.

1. Fasad Rumah Bohemian

Facad Rumah Bohemianinhabitat.com

Jika sebelumnya kita mengenal tipe fasad rumah yang rapi dan teratur, maka kita perlu tahu tipe fasad rumah yang kayak dengan warna dan tanpa batas. Kalau kamu suka sesuatu yang kreatif, mungkin fasad rumah Bohemian ini bisa menginspirasimu.

Gaya Bohemian sendiri sebenarnya tidak memiliki aturan yang baku. Seringkali ia merupakan campuran klasik, vintage, atau rustic. Tirai dan gorden jendela warna-warni biasanya menyambut saat memasuki rumah bergaya Bohemian.

Dekorasi seperti dream catcher, aksesoris tradisional, dan dekor rumah yang unik lainnya kerap dijumpai sebagai hiasan fasad rumah. Gaya Bohemian memang menghadirkan nuansa yang ceria dan berwarna.

2. Fasad Rumah Minimalis

Facad Rumah Minimalisarchitecturebeast.com

Pada tahun-tahun terakhir, desain rumah minimalis rasanya makin tinggi peminat. Desainnya yang modern dan simpel justru membuat orang tidak jenuh. Fasad rumah dan arsitektur rumah minimalis juga tak kalah memukau, bentuk-bentuk geometri yang ‘tak berisik’ ditambah dominasi warna monokrom mampu membuat fasad rumah tampak bersih dan terang.

Meski begitu, fasad rumah minimalis juga tidak hanya didominasi warna terang seperti putih, warna gelap seperti hitam justru bisa memunculkan kesan yang elegan. Di samping itu, fasad rumah minimalis juga menggabungkan beberapa unsur alam seperti batu alam dan kayu sebagai aksen.

3. Fasad Rumah Klasik

Fasad Rumah Klasikpinterest.co.uk

Kesan megah biasanya akan tampak ketika memandangi fasad rumah klasik. Bentuk simetris antara sisi kanan dan kiri pun kerap dijumpai. Fasad rumah klasik juga terbilang memiliki desain yang rumit pada pintu, jendela, hingga atap. Berbeda sekali dengan fasad rumah minimalis yang serba simpel.

Fasad rumah klasik akan menampilkan detail yang khas seperti panel-panel cekung pada atap, kolom bergalur, atau jendela dengan tepi molding. Di samping itu, fasad rumah klasik mengatur tiap fungsi dan detail secara proporsional.

4. Fasad Rumah Neo-Klasik

Fasad Rumah Neo Klasikhouzz.com

Fasad rumah neo-klasik memiliki beberapa ciri seperti, garis-garis yang lebih tegas dan bersih, serta terlihat rapi dan simetris. Selain itu, kolom-kolom berdiri tegak guna menopang atap. Fasad rumah neo-klasik umumnya datar dan memanjang. Berbeda dengan fasad rumah klasik, fasad rumah neo-klasik cenderung minim dekorasi.

5. Fasad Rumah Mediterania

Fasad Rumah Mediteraniasquarespace.com

Gaya arsitektur yang berasal dari Amerika ini memang membuat fasad rumah tampak teduh. Fasad rumah Mediterania sendiri memiliki ciri khas pada ornamen dan penggunaan warna. Umumnya fasad rumah Mediterania menggunakan warna-warna hangat, seperti oranye, kuning, krem, atau biru muda.

Fasad rumah Mediterania memang bisa menampilkan kesejukan dan kehangatan sekaligus. Hal ini juga menguntungkan pada setiap musim. Di samping itu, adanya atap yang melindungi fasad rumah juga membuat rumah terlihat lebih sejuk.

6. Fasad Rumah Mid-Century

Fasad Rumah Mid Centurybabywatchome.com

Berkebalikan dengan fasad rumah klasik dan neo-klasik yang simetris, fasad rumah mid-century cenderung asimetris. Fasad rumah mid-century memiliki langit-langit yang datar dan banyak sudut.

Di samping itu, fasad rumah mid-century modern berusaha berintegrasi dengan bagian dalam rumah. Pintu geser dengan kaca penuh membuat pandangan dari bagian dalam rumah tidak terhalangi. Fasad rumah mid-century modern juga biasanya menggunakan unsur alam seperti tanaman hijau sebagai ornamen.

Fasad rumah mid-century modern juga menonjolkan beberapa variasi seperti warna pintu yang kontras dengan sekelilingnya dan focal point yang memberikan kesan kuat

 

7. Fasad Rumah Skandinavia

Fasad-Rumah-Skandinaviadecoradvisor.net

Mirip dengan fasad rumah minimalistik modern, fasad rumah Skandinavia juga umumnya didominasi warna putih. Pada rumah bergaya Skandinavia, fasad rumah biasanya dibuka dengan halaman yang luas dan hijau.

Di samping itu, fasad rumah Skandinavia menunjukkan kepraktisan tanpa ornamen berlebih. Sebaliknya, unsur hijau dari pohon atau tumbuhan lainnya membuat fasad rumah tampak lebih segar.

Bentuk atap yang datar dengan awning menjadi salah satu ciri khas fasad rumah Skandinavia. Pintu geser dari kaca pun biasa digunakan pada pintu utama rumah Skandinavia.

8. Fasad Rumah Country

Fasad Rumah Countrypinterest.com

Ketika memandangi rumah country, kita disambut dengan fasad rumah yang teduh dan rindang. Dominasi unsur kayu dan desain yang klasik dan sederhana jadi ciri yang menonjol dari fasad rumah country.

Fasad rumah country biasanya dilengkapi oleh salah satu model teras rumah terpopuler, yaitu teras berbahan dasar kayu. Teras yang menonjol ke area taman ini memberikan sensasi segar dan alami. Hal ini ditambah dengan ornamen berupa tanaman-tanaman hijau dalam pot tanah liat.

Tampilan fasad rumah yang sederhana dan adem justru menjadi kelebihan dari fasad rumah country. Lantai dan atap pada teras biasanya menggunakan warna kayu yang berbeda sebagai variasi.

9. Fasad Rumah Rustic

Fasad Rumah Rusticcdn.decoist.com

Rumah rustic identik dengan warna-warna hangat seperti cokelat, abu-abu, bahkan beberapa variasi memiliki warna hitam. Di samping itu, rumah rustic cenderung menggunakan material seperti kayu, batu, dan logam sebagai bahan dasar.

Batu-batu yang teksturnya kasar dan kontras yang sengaja dibiarkan alami adalah salah satu ciri fasad rumah rustic. Selain itu, fasad rumah rustic juga memiliki ornamen dari alam, seperti batu atau kayu untuk tempat duduk.

Keunikan dari fasad rumah rustic adalah material yang tidak mengalami finishing. Material tidak diampelas atau dipernis, tetapi beberapa menggunakan kayu yang dilapisi oleh pasir agar menyerupai batu.

10. Fasad Rumah Kontemporer

 Fasad Rumah Kontemporerpinterest.com

Kini, rumah-rumah bergaya kontemporer banyak dibangun di seluruh dunia. Fasad rumah kontemporer sendiri memiliki kesamaan yang mendasar dengan fasad rumah minimalis dan modern, namun tentu saja memiliki perbedaan-perbedaan.

Jika fasad rumah modern lebih mengedepankan garis-garis yang kaku, fasad rumah kontemporer cenderung menonjolkan desain serta bentuknya yang kreatif dan variatif. Gaya kontemporer juga gaya yang selalu mengikuti perkembangan zaman.

Fasad rumah kontemporer dapat dikenali dengan desainnya yang fungsional dan praktis. Menonjolkan bentuk-bentuk geometri yang beragam dengan warna-warna netral yang bersih.

sumber : https://www.dekoruma.com