25
Nov

Inspirasi Fasad Rumah: Ciptakan Tampilan Rumah Minimalis Elegan

Inspirasi Fasad Rumah: Ciptakan Tampilan Rumah Minimalis Elegan

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Sebagai bagian dari area depan bangunan, peran utama fasad adalah melindungi rumah dari hujan, angin, hingga cuaca ekstrem. Namun, fasad tidak hanya melindungi rumah dari berbagai faktor eksternal, tetapi juga berkontribusi terhadap penampilan rumah Anda. Jadi, sangat penting untuk mendesain tampak depan rumah minimalis yang dapat memberikan perlindungan memadai untuk berbagai kondisi cuaca sekaligus membuat tampilan rumah lebih menarik. Berikut ini sipirasi fasad rumah: ciptakan tampilan rumah minimalis elegan.

1. Desain fasad minimalis dengan tampilan hollow sebagai pelindung tampak depan

8 Inspirasi Desain Fasad Rumah: Ciptakan Tampilan Rumah yang Minimalis namun EleganSeperti yang sobat lihat diatas, tampak depan rumah ini memiliki tembok dan juga bagian yang dilapisi kisi-kisi besi hollow sebagai kulit kedua. Penerapan lapisan kulit kedua pada tampak depan rumah bertujuan untuk menghalau sinar matahari, namun tetap dapat memanfaatkan udara alami dari lingkungan sekitar yang masuk ke dalam ruangan.

2. Desain fasad mininalis yang tertutup

8 Inspirasi Desain Fasad Rumah: Ciptakan Tampilan Rumah yang Minimalis namun EleganUntuk sobat yang ingin memiliki privasi lebih di dalam rumah terkait momen-momen berharga dengan keluarga, tampak depan rumah bisa dibuat atau didesain tertutup seperti desain yang satu ini.

Tampilan fasad yang memiliki jendela yang minim serta penerapan fasad yang lebih mengutamakan fungsi ini merupakan salah satu berkembanganya desain rumah minimalis modern. Agar tidak mengganggu sirkulasi udara dan pencahayaan alami, pada bagian atas rumah bisa diaplikasikan lubang-lubang ventilasi atau memasang jendela skylight. Tampilannya yang modern tentu tidak akan menghadirkan kesan monoton pada tampak depan rumah. Justru tampilan rumah akan terlihat misterius dan membuat siapapun yang melihatnya merasa tertarik karena penasaran.

READ  Manfaat Sumur Resapan Untuk Kehidupan

3. Desain fasad rumah minimalis dengan kantilever

8 Inspirasi Desain Fasad Rumah: Ciptakan Tampilan Rumah yang Minimalis namun EleganKantilever merupakan bentuk kontruksi yang terlihat menggantung tanpa tiang penyangga atau penguat eksternal yang terlihat. Bentuknya akan sangat kontras dengan konstruksi yang memiliki tiang-tiang penyangga. Rumah dengan tampilan yang minimalis dapat tampil lebih ekspresif melalui desain menarik yang diaplikasikan pada bagian tampak depan rumah. Keberadaan kantilever atau muka bangunan yang lebih menonjol membuat tampak depan rumah minimalis ini terlihat unik. Apalagi jika mengaplikasikan warna kantilever yang kontras dengan bangunan itu sendiri.

Selain itu, kantilever juga dapat menghasilkan ruang gerak baru pada bagian bawahnya. Tampak depan rumah pun tampil lengkap dengan adanya teras yang terlindungi kantilever. Desain fasad rumah seperti ini dapat diterapkan pada hunian dengan lebar lahan 5-7 meter.

4. Desain fasad minimalis dengan roster untuk hunian yang lebih sejuk

8 Inspirasi Desain Fasad Rumah: Ciptakan Tampilan Rumah yang Minimalis namun EleganMengaplikasikan fasad dengan roster tidak hanya membuat estetika pada wajah bangunan namun juga dapat menghemat energi. Roster menjadi jalur masuknya udara luar dan pencahayaan alami ke dalam ruangan sehingga mengurangi pemakaian listrik untuk lampu dan pendingin ruangan pada siang hari.

Untuk memaksimalkan kesan hunian yang sejuk dan adem, dinding eksterior rumah dapat dipercantik dengan menambahkan taman minimalis berbentuk vertikal atau dengan menanam tanaman merambat. Sobat bisa menciptakan efek dramatis pada tampak depan rumah di malam hari dengan memasang lampu tembak di beberapa sela roster. Menarik sekali bukan?

5. Desain fasad minimalis dengan perpaduan beberapa desain

8 Inspirasi Desain Fasad Rumah: Ciptakan Tampilan Rumah yang Minimalis namun EleganApabila sobat merasa jenuh dengan tampilan fasad yang hanya menampilkan satu ornament saja, Vira sarankan untuk mengaplikasikan fasad tampak depan rumah dengan permainan tekstur dan variasi material pelindung. Sobat bisa mencoba mengaplikasikan roster, bata ringan sampai dengan besi hollow untuk dikombinasikan agar menghasilkan pola atraktif pada bagian tampak depan rumah.

READ  Basmi Ulat Bulu Di Rumah Dengan Cara Ini

Selain itu, desain fasad juga dilengkapi dengan detail-detail ornament seperti lubang ventilasi yang disusun secara tidak beraturan, menghasilkan tampilan yang unik dan juga menarik pada tampak dengan rumah sobat.

6. Desain fasad minimalis dengan bata ekspos

8 Inspirasi Desain Fasad Rumah: Ciptakan Tampilan Rumah yang Minimalis namun EleganHunian minimalis dengan penampilan bata ekspos pada bagian eksteriornya telah lama menjadi tren desain dan juga favorit banyak orang. Fasad dinding bata ini juga mengkombinasikan beberapa elemen material yang dapat membuat tampilan terlihat unik dengan caranya sendiri. Fasad rumah minimalis dengan bata ekspos tentu akan membuat kesan dan tampilan pada rumah ini terlihat modern dan kekinian. Rumah ini tentunya dapat memberikan tampilan yang cukup ikonik.

7. Desain fasad minimalis dengan tampilan simpel namun elegan

8 Inspirasi Desain Fasad Rumah: Ciptakan Tampilan Rumah yang Minimalis namun EleganSebagai alternatif untuk dapat membuat tampilan pada bagian depan rumah tampak minimalis namun lebih elegan, bisa dengan memainkan komposisi warna cat eksterior. Seperti pada rumah yang satu ini, meskipun secara keseluruhan arsitektur rumah akan terlihat sangat simple dan juga sederhana, warna kontras yang diaplikasikan diantara warna netral tentu akan berhasil membuat bagian depan rumah minimalis tampil lebih dinamis.

Tipe fasad ini sangat cocok untuk diterapkan pada hunian yang terletak di wilayah tropis. Rumah ini pun menerapkan tipe fasad dengan efek yang berlapis. Sehingga ruang-ruang di dalamnya dapat terlindungi dari radiasi matahari yang tinggi.

8. Desain fasad minimalis dengan kisi-kisi kayu

8 Inspirasi Desain Fasad Rumah: Ciptakan Tampilan Rumah yang Minimalis namun EleganBerbeda dengan besi hollow yang sebelumnya sudah dipaparkan. Kisi-kisi kayu dipasang horizontal sehingga dapat menghasilkan aksen unik pada fasad rumah bergaya natural kontemporer ini. Kisi-kisi horizontal pada fasad ini sebenarnya berperan juga sebagai barrier atau pengahalang untuk jendela lebar yang terpasang pada bagian muka bangunan.

READ  Dekorasi Rumah Ala Korea

Material alami seperti kayu ini juga bisa menciptakan suasana hangat yang hadir ketika siapapun melihat tampilan bagian depan rumah ini. Cantik sekali bukan? Sebanarnya, agar tampak depan rumah terlihat sesuai dengan keinginan, modifikasi dari beberapa desain fasad di atas pun dapat dilakukan. Jangan lupa untuk mengkombinasikan penggunaan material berkualitas sehingga fasad rumah tidak cepat rusak, lapuk dan juga berjamur.