21
Jan

Inspirasi Desain Rumah Mid Century, Si Klasik Yang Menawan

Inspirasi Desain Rumah Mid Century, Si Klasik Yang Menawan

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Gaya mid century merupakan gaya desain interior yang populer pada tahun 1945 sampai 1980an. Dekorasinya memiliki kesan yang sederhana dan juga terintegrasi dengan alam. Dalam sejarahnya, mid century modern merupakan hasil dari ide arsitektur yang tercipta karena semakin berkembang pesatnya kemajuan zaman. Bisa dilihat dari bentuk desainnya sendiri, mid century tampak seolah futuristik meskipun desain ini datang dari masa lampau. Hal tersebut juga kabarnya tercipta karena munculnya berbagai perubahan sosial untuk menciptakan masyarakat yang lebih baik. Berikut ini inspirasi desain rumah mid century, si klasik yang menawan.

Nuansa Alami Dari Furnitur Kayu

Ini 6 Alasan Mengapa Kamu Harus Pakai Furniture Kayu

Identik dengan kesan klasik, desain rumah mid century tak lepas dari material alami. Umumnya, material kayu solid sering digunakan untuk furniture mid century. Pada inspirasi di atas, material kayu digunakan pada furnitur utama dan juga dekorasi. Tempat tidur dari material kayu berwarna gelap terlihat kontras dipadankan bersama karpet putih bermotif. Selain itu, rak buku yang menempel pada dinding pun menggunakan material yang sama.

Furniture Mid Century Bernuansa Earthy Tone

Inspirasi Desain Rumah Mid Century, Si Klasik Yang Menawan | Fabelio ®

Warna-warna earthy tone atau membumi sering ditemukan pada desain rumah mid century. Selain pada rangka furniture, kamu bisa menyelipkan ciri konsep desain satu ini melalui pemilihan warna. Misalnya, pilihlah sofa 2 seater atau sofa 3 seater berwarna coklat tanah dan padankan dengan meja tamu berpenampang kayu warna cerah. Kontras warna yang dihasilkan tidak akan bertabrakan, malah membuat ruang tamu terlihat harmonis dan hangat.

Kabinet Klasik Bergaya Abadi

Inspirasi Desain Rumah Mid Century, Si Klasik Yang Menawan | Fabelio ®

Furniture masa lalu dengan sentuhan masa kini, itulah konsep mid century. Oleh karena itu, jangan heran saat melihat desain rumah mid century dengan kabinet-kabinet klasik—terkesan vintage—tapi masih terlihat modern. Desain rumah mid century, yang frasanya diambil dari buku Midcentury Modern: Furniture of the 1950s karya Cara Greenberg, memang mengusung desain fungsional dan minim ornamen. Makanya, furniture mid century berbentuk sederhana, namun fungsionalitasnya membuat desain furniture ini abadi.

READ  Cara Menata Rak Sepatu Rumah

Di rumah, kamu bisa mengaplikasikan desain rumah mid century lewat furniture berbahan kayu, dengan sentuhan material ‘modern’ seperti vynil, kaca, bahkan metal.

Desain Rumah Mid Century dan Warna Netral

Inspirasi Desain Rumah Mid Century, Si Klasik Yang Menawan | Fabelio ®

Siapa bilang desain rumah mid century nggak bisa dipadukan dengan warna lainnya? Desain rumah mid century justru tergolong fleksibel dengan pemilihan warnanya yang luas dan bebas: mulai dari warna netral hingga berani, juga pemilihan warna furniture mid century yang kontras seperti paduan warna hitam dan putih.

Kombinasi warna pada desain rumah mid century bisa berbeda tiap ruangannya. Inspirasi ruang makan di atas yang kental dengan warna kayu alami dipasangkan dengan sentuhan netral kursi makan warna putih untuk ruang makan yang nyaman.

Ruang Tamu Nyaman Dengan Kursi Santai

Ini 10 Jenis Kursi Santai yang Buat Acara Keluarga Makin Seru!

Fungsionalitas dan kenyamanan sangat penting perannya di desain rumah mid century. Alternatif penataan rumah pun muncul, dan kamu bebas mengekspresikan kreativitas. Pada inspirasi di atas, ruang tamu tidak dihiasi sofa-sofa geometris, melainkan armchair yang menjadi centerpiece di ruangan. Bersantai sore bersama keluarga lebih nyaman di kursi empuk dengan sandaran rendah.