08
Okt

Inspirasi Desain Rumah Gaya Eropa Ukuran 7×15 M

Inspirasi Desain Rumah Gaya Eropa Ukuran 7×15 M

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Rumah gaya Eropa adalah salah satu arsitektur yang paling ikonik dan mendunia. Hal ini bukan tanpa sebab, selain memang karena desainnya yang memesona, desain rumah klasik Eropa banyak ditemui di berbagai belahan dunia karena bangsa Eropa dulunya banyak melakukan penjajahan teritorial. Termasuk di Indonesia, arsitektur zaman kolonial masih banyak terlihat bekasnya. Baik yang rapih dipelihara maupun bangunan-bangunan tua terbengkalai, banyak yang memiliki desain klasik Eropa ini. Tak bisa dipungkiri, arsitektur rumah gaya Eropa memang sangat cantik dan menarik. Bukan hal yang aneh juga jika akhirnya arsitektur klasik Eropa ini tetap dipertahankan. Bahkan banyak juga orang yang membangun rumah bergaya Eropa modern. Berikut ini inspirasi desain rumah gaya eropa ukuran 7×15 m.

1. Halaman Depan Rumah

Rumah gaya Eropa ini mempunyai luas 7×15 meter. Halaman depan rumah dilengkapi pagar kayu yang dicat dengan warna putih. Sementara bagian eksterior dinding rumah menggunakan konsep unfinished dengan material batu bata. Paduan antara material batu bata dan dominasi warna putih memberikan kesan hangat dan bersih pada hunian. Tak hanya itu, di luar pagar juga terdapat area untuk tanaman hias yang membuat hunian terlihat segar.

2. Ruang Tamu

Masuk ke pintu rumah, terdapat area ruang tamu yang berukuran cukup luas. Area ini menggunakan kombinasi warna senada dengan eksterior rumah, yaitu warna merah bata dan putih. Sementara, sofa menggunakan warna coklat yang memberikan kesan hangat pada ruangan. Bagian sofa juga dilengkapi dengan karpet pada lantai untuk memberikan kenyamanan pada siapapun yang berada di ruangan. Tak hanya itu, ruang tamu ini juga memiliki dekorasi berupa lukisan sehingga tak terkesan monoton.

READ  Desain Pagar Kayu Minimalis

3. Ruang Makan dan Ruang Bersama

Masuk ke dalam rumah, terdapat ruang makan yang berada di tengah hunian. Area ini tak memiliki sekat dengan ruangan sudut lainnya. Hal itu membuat hunian jadi tidak terlihat sempit. Untuk menyiasati keterbatasan ruang, area makan dapat dimultifungsikan sebagai ruang berkumpul keluarga. Tak heran, kalau di ruang makan juga terdapat televisi dan rak buku. Jadi, penghuni rumah dapat menyantap makanan sekaligus bersantai di area ini.

4. Dapur

Tak jauh dari ruang makan, terdapat dapur yang didominasi oleh dinding putih dan material kayu. Dengan desain minimalis, dapur ini menggunakan countertop dengan bahan marmer. Bahan marmer membuat dapur menjadi terlihat mewah dan elegan meski dengan desain minimalis.

5. Kamar Utama

Kamar utama terletak di bagian depan rumah dan menghadap langsung ke arah garasi mobil. Hadirnya jendela yang menghadap langsung ke luar rumah membuat kamar tidur ini memiliki sirkulasi udara yang baik. Meski tak terlalu luas, ruangan  ini bisa memuat tempat tidur berukuran quuen atau king di dalamnya. Kamar utaa juga bisa memuat lampu standing dan juga lemari pakaian minimalis.

6.Kamar Anak

Rumah gaya Eropa ini juga dilengkapi dengan dua kamar tidur anak. Hunian ini akan cocok untuk kamu yang memiliki dua orang anak. Kedua kamar anak ini memiliki luas yang sama. Sayangnya, tidak ada jendela pada dua kamar tersebut. Untuk itu, perlu adanya pencahayaan tambahan di dalam kamar tidur ini.

7. Area Mencuci

Terletak tak jauh dari area dapur, terdapat lorong yang difungsikan sebagai area mencuci.Area ini terbilang cukup luas untuk sebuah koridor belakang rumah. Kamu bahkan bisa meletakkan mesin cuci di sudut yang satu ini. Untuk memberikan pencahayaan alami, gunakan atap transparan atau skylight.  Hal itu berguna agar kamu tak perlu menyalakan lampu di siang hari.Dengan begitu, kamu jadi bisa menghemat listrik.

READ  15 Inspirasi Produk untuk Rumah dengan Desain Vintage

Kamar Mandi

Tepat di seberang area mencuci, terdapat kamar mandi minimalis. Dengan luas yang terbatas, kamu harus pandai dalam memainkan interior di area ini. Sebab, jika salah dalam pemilihan warna, maka kamar mandi akan terasa pengap. Bagaimana menurutmu desain rumah gaya Eropa yang satu ini? Tertarik untuk mengaplikasikannya pada hunianmu?