27
Okt

Inspirasi Desain Mezzanine di Rumah Untuk Hunian Mungil

Inspirasi Desain Mezzanine di Rumah Untuk Hunian Mungil

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorMezzanine adalah balkon terbuka yang ada dalam rumah. Terletak lebih tinggi dari lantai dan menghubungkan dengan tangga, kamu bisa memfungsikannya sebagai ruangan lain. Selain hemat tempat, hunianmu juga jadi terlihat lebih kece dari sebelumnya. Desain mezzanine ini juga cocok mengaplikasikannya ke dalam rumah yang berlahan mini. Berikut ini inspirasi desain mezzanine pada rumah untuk hunian mungil

1. Mezzanine di Atas Dapur

Lantai mezzanine Rumah mezzanine Desain mezzanine

Dapur pada umumnya tidak membutuhkan ketinggian penuh sampai plafon. Dengan begini, Anda bisa memanfaatkan ruang yang tersisa pada atas dapur. Pada desain mezzanine pada rumah ini, bagian atas dapur memanfaatkan sebagai kamar tidur. Kamar tidur juga pada dasarnya tidak membutuhkan ketinggian penuh sampai ke langit-langit sehingga dapat menggabungkannya secara vertikal dengan fungsi lain pada bawah atau  atasnya. Agar kedua ruang terlihat terang, aplikasikan skylight  kamar tidur. Gunakan juga warna-warna yang cerah agar ruang terlihat lapang.

2. Mezzanine sebagai Area Kerja

Lantai mezzanine Rumah mezzanine Desain mezzanine

Bila luas rumah sudah tidak memungkinkan lagi untuk mendesainnya sebagai area kerja, Anda bisa memanfaatkan desain mezzanine sebagai solusinya. Seperti pada hunian berikut ini, area kerja bangun dengan salah satu bagian rumah. Tambahkan tangga dengan desain selaras agar desain mezzanine tampak lebih menarik. Keberadaan ruang kerja pada lantai mezzanine juga dapat menjadikan suasana menjadi lebih tenang dan tentunya Anda akan mendapatkan konsentrasi lebih untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Ruang kantor lantai mezzanine dapat mendesainnya sedemikian rupa agar dapat menjadi fungsional dan nyaman. Tambahkan dekorasi yang Anda sukai agar menjadi lebih nyaman seperti gambar tersebut

READ  Ciri-Ciri Lemari Pakaian yang Tahan Lama

3. Mezzanine sebagai Perpustakaan Mini

Lantai mezzanine Rumah mezzanine Desain mezzanine

Bukan hal yang mustahil menghadirkan perpustakaan mini pada kamar si kecil. Dengan desain mezzanine, Anda bisa mendesain perpustakaan sekaligus area main si kecil dalam kamarnya. Agar aman untuk si kecil, gunakan pembatas dengan desain yang kuat.

4. Mezzanine sebagai Kamar Anak

Lantai mezzanine Rumah mezzanine Desain mezzanine

Menyatukan kamar utama dengan kamar buah hati juga bisa dilakukan dengan desain mezzanine. Anda bisa mendesain kamar anak di atas kamar tidur utama. Sebagai pengubung, aplikasikan tangga di antara keduanya. Anda juga dapat mendesain kamar anak dengan posisi tempat tidur berada di lantai mezzanine, sementara itu di bagian bawah dapat diletakkan ruang belajar maupun ruang bermain untuk si kecil. Dengan adanya lantai mezzanine seperti gambar di atas, maka Anda dapat menghemat ruang yang diperlukan untuk ruang anak. Menarik, bukan?

5. Desain Mezzanine untuk Perpustakaan

Lantai mezzanine Rumah mezzanine Desain mezzanine

Bagi si pecinta buku, kehadiran penyimpanan untuk meletakkan koleksi buku sangatlah penting. Bila sudah tidak ada space yang bisa mengunakan untuk storage, Anda bisa memanfaatkan desain mezzanine sebagai space untuk storage dari buku-buku.Tidak membutuhkan lahan yang besar, area mezzanine ini bisa mendesainnya dengan menyesuaikan ukuran dari storage. Pada lantai mezzanine ini pun, Anda dapat menambahkan kursi ataupun sofa sebagai area baca. Dengan desain mezzanine yang berfungsi sebagai perpustakaan, Anda dan keluarga tidak akan cepat bosan menghabiskan waktu untuk membaca.

6. Desain Mezzanine sebagai Kamar Utama

Lantai mezzanine Rumah mezzanine Desain mezzanine

Tak hanya untuk tambahan ruang, desain mezzanine juga bisa mengaplikasikannya sebagai tempat untuk kamar tidur utama. Seperti pada apartemen ini, agar ruang mungil terlihat lebih maksimal, kamar tidur utama didesain menggunakan konsep mezzanine. Tangga sebagai akses ke ruang tidur utama pun semaksimal mungkin sebagai area penyimpanan. Dengan desain seperti ini, apartemen terlihat lebih menarik. Penambahan lantai mezzanine untuk kamar tidur utama juga tidak sulit untuk melakukan. Dengan menambahkan tempat tidur dan lemari juga sudah cukup untuk menjadikannya fungsional. Desain yang minimalis dengan sentuhan warna putih juga dapat membantu rumah menjadi tetap terkesan lapang atau tidak sempit.

READ  Cara Merawat Pagar Dan Pintu Besi

7. Desain Mezzanine di Apartemen Mungil

Lantai mezzanine Rumah mezzanine Desain mezzanine

Tinggal dalam apartemen mungil memaksa penghuni harus kreatif. Untuk memaksimalkan area yang tersisa, kamar tidur dengan desain dengan konsep mezzanine yang terletak pada kamar mandi. Dengan desain mezzanine, apartemen mungil ini tetap memiliki banyak ruang yang berfungsi secara maksimal, seperti ruang makan, dapur, dan ruang tamu. Untuk Anda yang hobby menyendiri, desain mezzanine seperti gambar tersebut pastinya cocok untuk Anda. Dengan meletakkan kursi dan meja kecil, Anda dapat memaksimalkan me-time Anda dengan membaca buku, ataupun memandangi pemandangan yang ada pada luar apartemen Anda.

8. Mezzanine di Atas Storage

Lantai mezzanine Rumah mezzanine Desain mezzanine

Area mezzanine sebenarnya tidak harus selalu membangunna pada atas ruang rumah. Seperti pada apartemen ini, kamar tidur dengan desain  atas storage. Dengan desain seperti ini, hunian mungil pun jadi memiliki area penyimpanan tambahan yang cukup besar. Desain secara tertutup, storage jadi tampak rapi. Jangan lupa terapkan skylight agar ruang jadi terlihat terang. Berbeda dengan gambar tersebut, lantai mezzanine mendesainnya dengan tangga yang sekaligus desain sebagai rak penyimpanan buku. Mendesainnya secara terbuka, Anda dapat langsung mengambil buku-buku tersebut dan membacanya pada area yang mendesainnya sebagai ruang baca pada sampingnya. Jangan lupa tambahkan tanaman kecil sebagai elemen dekorasi yang pastinya akan membuat rumah mezzanine Anda menjadi lebih cantik.

Rumah mezzanine menjadi salah satu jalan keluar untuk permasalahan ruang terbatas. Dengan menambahkan lantai mezzanine akan membantu Anda mendapatkan ruang tambahan. Tidak perlu memiliki area yang luas, lantai mezzanine menilai sangat efektif dan juga memaksimalkan ruang yang ada. Selain desain rumah mezzanine ini, Anda juga dapat menemukan ribuan inspirasi desian interior maupun arsitektur lainnya hanya Bluprin. Selamat berkreasi!