29
Jan

Inspirasi Desain Atap Limas

Inspirasi Desain Atap Limas

Inspirasi Desain Atap Limas – Atap merupakan elemen penting yang wajib ada pada bangunan. Karena atap berfungsi untuk melindungi isi bangunan dari paparan sinar matahari dan air hujan. Bentuk atap sendiri di sesuaikan dengan bentuk dari rumah. Ada banyak sekali alternatif bentuk atap yang bisa kamu coba, salah satunya adalah bentuk atap limas. Berikut ini contoh atap limas.

Desain Atap Limas Setengah Terbuka

Atap Limas Setengah Terbuka

Model atap berbentuk limas identik dengan bentuk yang konvensional dan mainstream. Namun, desain atap limas satu ini justru menjadikan kesederhanaan bentuk limas menjadi elemen modern anti-mainstream, sekaligus fungsional.

Dengan desain atap yang setengah terbuka, hunian ini menjadikan sebagian dari bentukan limas pada atap sebagai ruang balkon rumah terbuka dengan memisahkan atap yang setengah terbuka dengan partisi kaca sehingga panorama luar ruangan juga bisa dinikmati dari dalam ruang yang berada di bawah atap.

Desain Atap Limas Vintage

Atap Limas Vintage

Salah satu model atap limas yang cukup populer pada arsitektur klasik bergaya barat adalah bagian ujung yang tidak ditekuk sampai ke bagian paling bawah. Model desain atap limas seperti ini bisa kamu terapkan untuk mendapatkan kesan vintage yang hangat pada tampilan model rumah klasik milikmu. Model limas pada atap seperti yang satu ini juga mengingatkanmu dengan rumah-rumah peternakan yang umumnya terdapat di Eropa dan juga Amerika.

Desain Atap Limas Persegi Delapan

Atap Limas Persegi Delapan

Meskipun bentuk dasar dari atap limas adalah persegi, bukan berarti hal tersebut menghalangimu untuk mewujudkan bentukan limas pada atap dengan model lainnya seperti persegi enam ataupun persegi delapan. Bentukan ini juga kerap terlihat pada atap-atap rumah-rumah klasik barat.

Walau terlihat lebih menarik, pengaplikasian bentukan atap model limas seperti ini harus sangat teliti dan hati-hati, karena atap seperti ini memiliki resiko bocor lebih besar akibat banyaknya sambungan baik pada struktur dan juga material atap.

Desain Atap Limas Gaya Mediterania

Atap Limas Mediteranian

Model atap limas juga sering digunakan pada bangunan-bangunan bergaya rumah mediterania. Pada gaya mediterania, material dari atap umumnya menggunakan material dengan warna earthy-tone.

Bentuk dari keseluruhan atap juga bervariasi dan umumnya kombinasi dari bentuk limas umum, bentuk limas yang mengerucut dengan bentuk dasar persegi enam ataupun persegi delapan. Komposisi atap limas seperti ini termasuk yang digemari di Indonesia karena membuat bentukan limas tetap dinamis dan menarik.

Desain Atap Limas Bergaya Oriental

Atap Limas Oriental

Desain atap limas juga bisa kamu hadirkan dengan nuansa oriental dengan membuatnya sedikit lebih melengkung. Untuk membuat arsitektur bangunan tetap terlihat modern meski bergaya oriental, kamu bisa meminimalisir elemen dekoratif pada atap dan fokus pada lengkung yang terdapat pada atap.

Bentukan limas seperti ini lebih banyak digunakan untuk hunian-hunian resor ataupun komersial dibandingkan rumah tinggal pada umumnya.

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666