05
Des

Ini Dia Waktu yang Tepat Renovasi Rumah

Ini Dia Waktu yang Tepat Renovasi Rumah

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Ketika merenovasi rumah, sebenarnya tidak harus karena ada bagian rumah yang rusak dan Anda ingin memperbaikinya. Terkadang, ada kondisi tertentu yang membuat Anda mau tak mau harus merenovasi rumah. Seperti faktor kejenuhan. Kebanyakan orang akan merasa jenuh saat tinggal di dalam sebuah hunian dengan desain yang sama bertahun-tahun. Bukan karena tidak merasa bersyukur, tapi manusia pada dasarnya selalu menginginkan hal yang baru. Nah ini dia waktu yang tepat untuk renovasi rumah.

Faktor Pendukung Renovasi Rumah

Rumah bisa dibilang salah satu investasi terbaik bagi sebagian orang. Oleh karenanya, banyak yang menyisihkan waktu dan dana khusus untuk memperbaiki investasi mereka. Berikut ini adalah faktor yang mendukung seseorang untuk melaksanakan perbaikan rumah dan waktu yang tepat untuk memperbaikinya.

1. Apabila Ada Kerusakan pada Rumah

waktu yang tepat renovasi rumah

Kerusakan pada rumah terbagi menjadi dua, yaitu kerusakan kecil dan juga kerusakan besar. Supaya kerusakan di rumah kamu tidak semakin besar, maka disarankan saat ada kerusakan kecil, perbaikan langsung dilakukan. Hal ini dikarenakan kerusakan yang besar berarti membuat kamu menggelontorkan dana yang lumayan besar juga saat perbaikan rumah.

Apabila kerusakan di rumah kamu sudah terlalu parah, memang kamu harus menomor satukan kerusakan parah tersebut daripada kerusakan yang kecil. Namun, mencegah tetap selalu lebih baik daripada renovasi besar-besaran. Jangan sampai kerusakan kecil berubah menjadi kerusakan besar.

2. Saat Ingin Menambah Ruangan Baru

Menambah Ruang Baru

Waktu yang tepat untuk renovasi rumah adalah saat kamu ingin menambah ruangan baru. Pastikan tujuan utama menambah ruangan sebelum membangunnya. Jangan sampai ruangan yang dibangun malah tidak dipergunakan dengan baik ataupun salah dalam hal dekorasi.

READ  Cari Tahu Mengenai PVC?

Ukur luasnya ruangan yang hendak dibangun, pastikan ukurannya sesuai dengan kebutuhan dan lahan yang tersedia. Kamu bisa mempergunakan jasa desain interior ruangan supaya ruangan yang baru dibangun dapat berfungsi dengan maksimal.

3. Ketika Kendak Memperluas Ruangan yang Sudah Ada

waktu yang tepat renovasi rumah

Apabila kamu merasa ruangan yang ada saat ini terlalu sempit, maka ini merupakan salah satu waktu yang tepat renovasi rumah. Untuk memperluas ruangan, kamu bisa menambah satu lantai di atas rumah yang ada sekarang. Kamu bahkan bisa menggabung dua ruangan menjadi satu.

Tips lain yang bisa kamu pergunakan supaya ruangan bisa terlihat lebih besar adalah dengan memasang jendela kaca berukuran besar. Selain akan ada lebih banyak cahaya yang masuk, efek mata yang bisa melihat pemandangan dengan lebih luas juga mengesankan ruangan terasa lebih lega.

4. Saat Akan Menjual Rumah

Menjual Rumah

Merenovasi rumah saat hendak dijual menjadi salah satu keharusan bagi kamu yang ingin mendapatkan harga jual rumah yang tinggi. Rumah yang terlihat tidak terurus dan rusak di sana-sini tentunya bisa menurunkan harga jual. Supaya rumah kamu diminati banyak orang, salah satu caranya adalah dengan melakukan renovasi.

Kamu bahkan bisa mempertimbangkan untuk mengubah interior rumah sehingga tampilan rumah menjadi lebih fresh. Perhatikan gaya interior terkini saat mengubah tampilan interior rumah kamu. Kamu bisa menggunakan cat dinding berwarna netral seperti putih dan krem apabila berencana ingin menjual rumah yang baru saja direnovasi.

5. Saat Membeli Rumah Baru

Membeli Rumah

Ada kalanya rumah baru memiliki desain yang kurang pas dengan kamu. Nah, renovasi rumah adalah salah satu solusi yang bisa kamu tempuh untuk membuat hunian baru kamu terasa lebih nyaman dan tentunya sesuai dengan ekspetasi.

READ  Tips Mengecat Funiture Agar Awet

Tren saat ini bahkan cenderung banyak orang membeli rumah tua dengan harga yang cenderung miring, dimana biaya renovasinya juga tidak terlalu besar. Apabila kamu termasuk golongan peminat rumah tua. Pastikan setelah membeli rumah tersebut kamu memeriksa setiap rudut rumah untuk mengetahui bagian mana saja dari rumah tersebut yangharus kamu renovasi.

6. Renovasi Rumah Saat Perubahan Cuaca

Waktu yang tepat renovasi rumah

Cuaca itu adalah salah satu faktor untuk mengetahui hasil renovasi maupun kondisi bangunan. Waktu yang tepat renovasi rumah itu sebenarnya saat perubahan cuaca dari musim hujan ke  musim kemarau, atau dari musim kemarau ke musim hujan.

Cuaca yang cenderung terlalu panas saat di musim kemarau bisa membuat bangunan retak-retak dan rentan kebocoran. Sedangkan pembangunan saat di musim hujan dapat membuat bangunan tdak matang dan cenderung berair.

Apabila kamu merenovasi rumah saat diselingi gerimis atau hujan, maka hasil bangunan akan berkualitas karena cuaca yang tidak terlalu panas. Selain itu, kamu juga bisa mengetes kondisi atap bangunan saat hujan datang. Kamu bisa segera mengetahui apabila atap mengalami kebocoran.

7. Renovasi Rumah Setelah Bencana

waktu yang tepat renovasi rumah

Renovasi rumah wajib dilakukan apabila daerah tempat kamu tinggal baru saja mengalami kejadian bencana seperti gempa bumi ataupun banjir. Bencana membuatmu lebih paham bagian struktur rumah yang rentan terhadap bencana sehingga kamu bisa mendesainnya ulang.

Apabila kamu tinggal di daerah yang rentan terkena banjir, tidak ada salahnya kamu merenovasi rumah menjadi dua lantai. Apabila banjir datang, maka masih ada tempat aman di rumah yang bisa dipergunakan untuk berlindung.

Pertimbangkan juga untuk melapisi dinding rumah dengan cat yang tahan air dan mudah dibersihkan saat kotor. Alternatif lainnya adalah melapisi dinging dengan keramik setinggi kurang lebih 1 meter.

READ  Tips mengatasi Lonjaka Listrik Rumah

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi banjir yang kerap datang adalah menggunakan lantai bawah sebagai ruang banjir. Kamu bisa membuat dinding beton yang kuat di lantai bawah dan bangunan di lantai atas menggunakan kontruksi kayu. Apabila air banjir datang, air ini akan mengurangi tekanan pada dinding. Dengan kontrusi kayu di atas dinding beton maka rumah dijamin aman walaupun sering banjir.

Apabila rumah kamu di daerah yang rawan gempa, pastikan bahwa struktur rumah cukup kuat seperti menggunakan tonggak beton di bagian dasarnya. Tonggak beton ini berfungsi menahan datangnya air bah saat banjir dan membuat bangunan tetap kokoh saat gempa datang. Rumah kamu pun tidak akan mengalamai kerusakan berarti.

8. Apabila Kamu Memiliki Cukup Dana untuk Perbaikan 

waktu yang tepat renovasi rumah

Renovasi rumah membutuhkan danan yang tidak sedikit, oleh karenanya dibutuhkan kesiapan finansial dan perencanaan keuangan yang cukup matang. Hitung dengan sedetil mungkin perencanaan dana yang dibutuhkan untuk melakukan renovasi. Hal ini untuk menghindarkan biaya tak terduga dalam jumlah besar.