10
Mei

Ingin Tinggal Di Apartemen Yuk Cari Tau Serba-serbinya

Ingin Tinggal Di Apartemen? Yuk Cari Tau Serba-serbinya

Apartemen Murah di Jakarta Akan Menjadi Tren Pada 2021

Kontraktor Jogja Apartemen merupakan sebuah unit hunian mandiri yang menempati sebagian dari sebuah bangunan gedung. Secara umum hunian ini menempati satu lantai pada bangunan bertingkat yang megah dan mewah. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti kolam renang dan yang lainnya. Pada setiap unit, memiliki beberapa tipe-tipe apartemen yang berbeda. Pemilihan tipe tersebut disesuaikan dengan kebutuhan pemilik unit di apartemen tersebut. Ingin Tinggal Di Apartemen Yuk Cari Tau Serba-serbinya.

 

Karakteristik Apartemen

  • Memiliki lebih dari dua lantai dan biasanya bangunan berbentuk vertikal.
  • Dalam satu lantai terdiri dari unit-unit hunian.
  • Setiap hunian terdiri dari tiga macam ruang, yaitu ruang tidur, dapur, dan kamar mandi.
  • Setiap unit akan mendapatkan jenedela yang menghadap ke luar ruangan.
  • Biasanya dibangun di lokasi yang strategis, seperti dekat dengan fasilitas umum dan infrastruktur.
  • Mempunyai sejumlah fasilitas bersama.
  • Umumnya memiliki area komersil pada bangunan atau lingkungan apartemen.
  • Terdapat sirkulasi vertical seperti tangga dan lift, dan sirkulasi horizontal berupa koridor.
  • Keamanan, ketenangan, dan privasi lebih terjaga karena biasanya memiliki sistem keamanan 24 jam.
  • Struktur bangunan dapat bertahan jangka waktu lama.

Harga dan target pasar

Perbedaan paling mencolok dari apartemen, rumah susun, dan hotel adalah dari sisi harga dan target pasar.
Selain itu, harga tipe paling rendah dari satu unit apartemen juga akan tetap lebih tinggi dari harga satu unit rumah susun. Sementara hotel karena hunian bersifat sementara, harganya pun cenderung lumayan tinggi karena dihitung per malam.

Fasilitas

Dari sisi fasilitas, baik apartemen, rumah susun, dan hotel juga mempunyai perbedaan. Apartemen umumnya dilengkapi oleh berbagai fasilitas yang lumayan komplit, seperti taman publik, kolam renang, lahan parkir, fasilitas kebugaran, tempat laundry, food court, hingga minimarket. Dengan begitu, penghuni apartemen tidak perlu keluar dari komplek guna memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.
Begitu pun dengan hotel, yang juga mempunyai fasilitas yang umumnya cenderung lengkap seperti layaknya apartemen.

Tipe dan Luas Unit

Apartemen menawarkan bermacam-macam tipe unit dengan luas yang berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan kostumer. Mulai dari tipe studio, tipe tiga kamar tidur, hingga tipe penthouse. Beda dengan rumah susun yang hanya menyediakan satu tipe unit dengan luas yang sama. Luas unit rumah susun pun cenderung lebih kecil dan hanya terdiri dari dua kamar tidur saja.
Sementara untuk hotel, sama halnya dengan apartemen, juga mempunyai tipe unit yang berbeda-beda sesuai dengan bujet. Ada tipe kamar standar, superior, VIP, hingga presidential suite. Begitupun dengan interior hotel yang umumnya hanya terdiri dari satu kamar tidur dan satu kamar mandi.

Keamanan

Tim keamanan pun lengkap, mulai dari satpam di gerbang masuk hingga tim keamanan di setiap gedung atau tower.
Lain halnya dengan rumah susun. Jarang rumah susun juga dilengkapi oleh satpam. Biasanya, kehadiran tim keamanan ini baru lahir dari inisiatif warga. Baik saling patungan untuk menyewa jasa satpam atau berbagi tugas untuk berpatroli setiap malam.

Biaya Perawatan

Tidak hanya perlu mengeluarkan uang untuk air dan listrik, penghuni apartemen juga wajib membayar iuran perawatan dan maintenance setiap bulan. Iuran ini termasuk biaya perawatan fasilitas apartemen, biaya keamanan, biaya kebersihan, hingga perbaikan alat-alat pendukung di apartemen. Biayanya ini cukup besar, namun tergantung dari kebijakan masing-masing pengelola.
Sementara di rumah susun, penghuni hanya perlu mengeluarkan uang keamanan dan kebersihan. Besarannya pun umumnya didiskusikan terlebih dahulu dengan penghuni lain agar tidak terlalu membebani.
Beda lagi dengan hotel yang tidak memerlukan biaya perawatan selama tinggal di hotel. Biasanya, biaya yang dibayarkan pada hotel sudah termasuk ke dalam biaya perawatan, kecuali ada kerusakan tertentu di kamar hotel oleh penghuni. Mau tidak mau, penghuni harus bertanggungjawab atas kerusakan tersebut.

Status Kepemilikan Apartemen

Apartemen memiliki status kepemilikan yang berbeda dengan hunian lain. (rotekirsche20/Pixabay)
Hak guna bangunan adalah status kepemilikan bagi penghuni yang ingin investasi property, namun tidak ingin menempati dalam kurun waktu yang lama. Sementara hak milik apartemen adalah status kepemilikan apartemen yang berlaku hingga beberapa puluh tahun saja.
Hak milik terbagi menjadi tiga bagian, yaitu hak milik unit apartemen pribadi, hak milik bersama yang terdiri dari lift, tangga, lahan parkir, dan fasilitas lainnya, serta hak milik tanah bersama. Yang berbeda hanya hak milik apartemen pribadi, di mana unit apartemen yang dibeli adalah punya individu sendiri. Sementara untuk fasilitas lainnya dimiliki bersama dengan penghuni lainnya.

Kelebihan apartemen adalah:

  • Lebih praktis – Apartemen dinilai lebih praktis karena memiliki luas yang pas, fasilitas yang lengkap, dan kemudahan lainnya.
  • Punya pemandangan bagus – Bagi yang tinggal di apartemen pada lantai 20 ke atas, tentunya akan mendapatkan bonus pemandangan bagus. Terutama, pemandangan perkotaan di malam hari.
  • Lebih dekat ke pusat bisnis – Biasanya apartemen didesain untuk memudahkan penghuninya ke pusat bisnis terpadu. Kawasan ini memang terdiri dari kantor tempat orang bekerja, berbisnis, atau melakukan aktivitas usaha atau bisnis lainnya. Apartemen pun memiliki kemudahan akses ke kawasan ini, bahkan tidak jarang ada yang terintegrasi secara khusus.
  • Akses transportasi mudah – Karena dengan dengan kawasan niaga, perkantoran, dan fasilitas lainnya, apartemen mempunyai akses transportasi yang lebih mudah. Terkadang, lokasi apartemen juga dekat dengan akses tol yang memudahkan penghuni untuk bepergian.
  • Privasi terjamin – Apartemen dinilai lebih saling menjaga privasi masing-masing dibandingkan hunian lainnya, seperti kompleks perumahan. Tidak jarang, meskipun ada perkumpulan penghuni, tetapi seseorang bisa jadi tidak mengenal tetangga sebelah unit apartemennya karena jarang bertemu. Ini sangat membantu bagi mereka yang tidak suka bersosialisasi dengan tetangga.
  • Keamanan 24 jam – Apartemen mempunyai keamanan yang terjaga 24 jam. Sebab penghuni memiliki kartu akses sendiri yang tidak memungkinkan untuk orang lain bisa masuk ke area tersebut. Selain itu, tamu juga tidak bisa sembarangan masuk ke unit apartemen karena harus melewati lobi.
READ  Tips Adonan Plamir

Kekurangan apartemen adalah:

  • Tidak punya lahan – Ketika mempunyai hunian vertikal seperti apartemen, maka seseorang tidak memiliki lahan seperti rumah tapak. Seseorang hanya memiliki unit apartemennya saja tanpa adanya tanah sehingga sulit jika inign menambah ruang.
  • Biaya perawatan mahal – Pengelola apartemen akan membebankan iuran pemeliharaan lingkungan pada para pemilik unit apartemen.
  • Gangguan telekomunikasi – Masalah yang terkadang muncul saat tinggal di apartemen adalah gangguan telekomunikasi khususnya untuk telepon seluler. Gangguan ini membuat sulit berkomunikasi dengan orang lain. Meski ada penguat sinyal, tetapi posisi unit apartemen yang tinggi juga terkadang menjadi kendala.
  • Peraturan yang ketat – Tinggal di apartemen memiliki sejumlah peraturan yang ketat dan kurang cocok bagi mereka yang tidak senang dengan peraturan. Atau tidak bisa memasang paku sembarangan karena dapat mengganggu tetangga dan merusak dinding. Belum lagi, adanya larangan memiliki hewan peliharaan.

Nah, bagaaimana sudahkah Kamu lebih tau apasih serba-serbi apartemen. Dan keunggulan serta kekuranggannya? Semoga penjelasan dari kai ini bisa bermanfaat ya! Terimakasih.