17
Okt

Informasi Bisnis Hotel yang Menarik Dan Strategi Pemasarannya

Informasi Bisnis Hotel yang Menarik Dan Strategi Pemasarannya

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Saat ini, peluang bisnis hotel menjadi sangat menjanjikan. Terutama jika bangunan usaha bisnis hotel berada di tempat – tempat strategis atau daerah tujuan wisata. Sebagai contohnya adalah daerah Jogjakarta. Sebagai tempat destinasi wisata tentunya banyak wisatawan yang berkunjung. Baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Kehadirannya yang tidak hanya sehari bahkan hingga berhari – hari, pasti membutuhkan tempat menginap. Meskipun terdapat berbagai alternatif, namun hotel masih tetap menjadi pilihan. Peluang emas ini tentu meningkatkan jumlah pebisnis dalam bidang properti, yaitu hotel. Berikut ini terdapat beberapa informasi pentingnya. Artikel ini akan membahas mengenai informasi bisnis hotel yang menarik dan strategi pemasarannya, yuk simak penjelasannya.

 5 strategi pemasaran untuk bisnis hotel yang bisa Anda terapkan

1. Memiliki konsep jelas dan tahu pesan yang ingin disampaikan

Sebelum membuat iklan tentukan konsep yang ingin Anda usung dalam bisnis Hotel Anda dan tentu pesan yang ingin disampaikan pada calon tamu. Konsep dan pesan ini tidak perlu yang ribet, yang penting fokus pada satu hal yang ingin disampaikan. Contohnya bila penginapan Anda memiliki konsep kembali ke alam. Tampilkan gambar-gambar alam seperti pepohonan atau pegunungan dan warna-warna alami seperti hijau, biru dan coklat. Dengan begitu calon tamu bisa langsung mengetahui apa yang bisa mereka dapat saat berkunjung ke hotel Anda.

2. Ciptakan kesan berkelas untuk harga murah

Semua orang menyukai harga yang murah namun jangan membuat iklan murahan. Buatlah iklan yang mampu meyakinkan pelanggan untuk datang ke hotel Anda karena promo namun juga akomodasi yang berkelas. Anda bisa mempromosikan hal sederhana seperti kebersamaan bersama teman, keluarga atau orang terkasih. Hari-hari raya besar adalah momen yang paling tepat untuk mempromosikan iklan jenis seperti ini. Tawarkan paket promo menginap beserta dengan paket makan malam, menonton film atau pergi jalan-jalan ke tempat wisata. Dengan begitu hotel Anda akan tampak terjangkau namun tetap berkelas.

3. Tampilkan elemen kreatif

Kreativitas sangat diperlukan untuk menarik perhatian orang pada iklan Anda. Jika iklan Anda monoton tanpa ada unsur hiburan yang menarik atau unik bisa jadi tidak ada yang akan tertarik untuk melihat atau menontonnya lebih jauh.

4. Buat video yang menarik dan berkualitas

Selain foto dan ilustrasi, Anda bisa membuat video yang bisa ditayangkan di situs seperti Youtube atau Televisi. Iklan berjenis video memang efektif untuk menampilkan pesan melalui cerita. Selain itu pangsa pasarnya sangat luas karena semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa suka menonton. Anda bisa meminta kru profesional untuk pembuatan video sesuai konsep hotel, bisa juga meminta sebuah agen periklanan melakukannya untuk Anda. Walaupun biaya membuat lebih mahal namun hasilnya bisa lebih maksimal. Integrasikan konsep dan pesan Anda dengan cerita dalam video supaya calon tamu Anda bisa mendapatkan pesan yang tepat.

5. Beriklan di Internet

Jangan ragu untuk beriklan di internet melalui media sosial, Youtube ataupun blog. Beriklan melalui internet bisa langsung dimonitor kinerja sekaligus hasil konversinya. Selain itu Anda bisa menjangkau lebih banyak orang dengan budget yang lebih sedikit dibandingkan beriklan di Televisi, radio, koran atau majalah.

Berinvestasi untuk pemasaran bisnis hotel Anda dijamin tidak akan sia-sia karena dengan cara inilah pelanggan akan tahu tentang hotel Anda dan tertarik untuk menginap. Jika mereka puas dengan pelayanan dan fasilitas hotel, dijamin mereka tidak akan ragu untuk mempromosikannya pada kerabat dan teman-teman mereka. Karena itulah buatlah strategi pemasaran yang kuat dan efektif, namun juga ingat untuk selalu menjaga kualitas dan pelayanan hotel karena pada akhirnya faktor-faktor inilah yang akan menentukan apakah tamu Anda akan kembali menginap dan memberi testimonial baik tentang hotel Anda. Salam sukses selalu!