03
Des

Ide Desain Ruang Makan Yang Keren, Harus Kamu Tiru Nih

Ide Desain Ruang Makan Yang Keren, Harus Kamu Tiru Nih

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Konsep ruangan minimalis, termasuk di dalamnya desain ruang makan mungil, kini lebih disukai oleh mereka yang memiliki keluarga kecil. Jika jumlah anggota keluarga yang sedikit disandingkan dengan ruangan besar, suasananya malah akan terasa dingin dan tidak intim. Bayangin deh,  gimana akward-nya jika makan malam bersama di dalam ruangan besar padahal anggota keluarga hanya empat orang?. Maka dari itu, jangan sampai salah memilih desain ruang makan untuk keluarga mungilmu. Berikut ini ide desain ruang makan yang keren, harus kamu tiru nih.

1. Konsep Dengan Meja Panjang Minimalis

Ide Desain Ruang Makan Yang Keren, Harus Kamu Tiru

Bagi sobat yang memiliki halaman taman di rumah. Sangat cocok untuk memiliki ruangan makan yang dapat melihat langsung pemandangan halaman taman sambil menyantap makanan kesukaan.

Ruang makan dengan konsep menggunakan meja panjang minimalis dan kursi tinggi yang berada tepat diarah jendela, sehingga memiliki pandangan langsung ke arah halaman taman, seperti sedang berada di dalam mini bar pribadi. Nuansa kebebasan dan harmonis, sangat cocok untuk berbagi cerita dengan keluarga maupun kerabat.

2. Kebersamaan? Coba Gunakan Meja Berbentuk Bulat 

Ide Desain Ruang Makan Yang Keren, Harus Kamu Tiru Nih

Konsep dasar yang mirip dengan desain di atas, hanya saja konsep meja dan kursi yang disusun dengan konsep berbeda. Konsep yang lebih mengutamakan kebersamaan karena menggunakan meja berbentuk bulat yang dimana bisa saling kontak mata, dimana bisa saling berhadapan satu dengan yang lainnya.

3. Padukan Dengan Warna Cerah Di Ruang Makanmu

Ide Desain Ruang Makan Yang Keren, Harus Kamu Tiru Nih

Desain selanjutnya dari Vira, yaitu konsep dapur bagi sobat yang memiliki ruangan super mini, tetapi tetap ingin memiliki ruangan dapur yang tetap elegan dan nyaman, dan senang dengan penggunaan warna-warna yang cerah pada ruangan.

READ  Cara Mudah Memotong Kaca

Dengan pemilihan meja berbentuk persegi dapat menghemat luas ruang makan, dilengkapi dengan kursi yang berwarna senada dapat memberikan nuansa keceriaan pada ruangan.

4. Desain Ruang Makan dengan Pencahayaan Alami

Ide Desain Ruang Makan Yang Keren, Harus Kamu Tiru Nih

Di beberapa kondisi, nilai estetika pada sebuah ruangan bisa lahir dari kesederhanaan. Dengan demikian, sobat bisa berkreasi dengan desain ruang makan minim budget yang selalu mengutamakan kesederhaan dalam desain ruang makan.

Tidak hanya bertujuan untuk menghemat biaya yang diperlukan, tetapi juga untuk memastikan desain ruang makan yang ada dirumah tetap terasa nyaman dan juga indah. Agar desain ruang makan terlihat lebih sempurna, sobat bisa memaksimalkan desain ruang makan dengan pencahayaan alami yang baik serta memadukan warna interior yang serasi. Dengan demikian ruang makan tidak akan terlihat membosankan.

5. Desain Ruang Makan Simpel Monokrom

Ide Desain Ruang Makan Yang Keren, Harus Kamu Tiru Nih

Banyak dari sobat yang khawatir dengan memilih furniture set ruang makan yang murah atau minim budget akan mengakibatkan tampilan interior ruang makan terlihat murahan dan juga terasa kurang menarik.

Padahal hal ini tidak sepenuhnya benar lho. Sobat tetap bisa menampilkan kesan yang berkelas dan juga mewah dengan menyiasati desain ruang makan milik sobat dengan penggunaan furniture ruang makan yang simple dan didominasi oleh warna hitam. Setelah itu, sobat bisa memberikan warna putih atau warna terang lainnya pada keseluruhan desain ruang makan. Desain ruang makan yang didominasi warna hitam dan putih ini ngga cuma sederhana namun juga gampang banget untuk diaplikasikan.

Warna hitam yang juga merupakan warna netral tentu tidak akan pernah gagal memberikan kesan ruangan yang elegan, khususnya desain ruang makan bergaya modern minimalis.

6. Desain Ruang Makan Natural

Ide Desain Ruang Makan Yang Keren, Harus Kamu Tiru Nih

sebagai opsi atau pilihan lain dalam memotong biaya dari desain ruang makan sobat adalah dengan mengadaptasi konsep natural seperti desain ruang makan yang didominasi warna natural seperti ruang makan yang satu ini.

READ  Berkenalan dengan Nakas, Ini Kegunaannya

Dengan menerapkan penggunaan bahan-bahan kayu alami apa adanya dan membiarkannya terlihat seperti unfinished akan mengurangi biaya finishing. Tapi juga akan memberikan kesan natural yang hangat pada desain ruang makan yang sobat miliki. Hal yang perlu sobat perhatikan dalam penggunaan ide dan konsep desain ruang makan seperti ini adalah perawatan dari perabot, seperti kursi atau meja kayu. Pastikan sobat memberikan lapisan anti rayap secara berkala agar perabotan dalam ruang makan sobat lebih awet dan tahan lama.

7. Desain Ruang Makan dan Dapur

Ide Desain Ruang Makan Yang Keren, Harus Kamu Tiru

Sama seperti ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan. Begitu pula menggabungkan desain ruang makan dengan ruangan dapur tidak hanya membantu sobat menghemat ruang dan membuat desain ruang makan dan dapur terkesan lebih luas.

Tentunya juga akan membantu sobat mengurangi biaya yang perlu dikeluarkan kantong untuk mewujudkan desain ruang makan impian. Dengan berkurangnya biaya untuk membuat sekat ruang, sobat juga bisa menghemat biaya desain ruang makan dengan minimnua dekorasi ruang. Unik sekali bukan. Hanya dengan mengaplikasikan beberapa dekor interior, namun kesan estetisnya sudah bisa dirasakan di dua ruang yang memiliki fungsi dan aktivitas yang berbeda, tentu akan sangat bisa menghemat budget.

8. Desain Ruang Makan Vintage

Ide Desain Ruang Makan Yang Keren, Harus Kamu Tiru Nih

Bagi sobat yang menyukai nuansa ruangan yang antik, ruang makan bergaya vintage bisa sobat coba terapkan di rumah lho. Apabila sobat mempunyai kursi-kursi lama yang sudah tidak terpakai. Maka jangan bingung bagaimana nanti memanfaatkan kursi antik tersebut karena sobat bisa menggunakannya di dalam ruang makan bergaya vintage. Sobat juga tidak perlu khawatir bila kursi-kursi yang sobat miliki mempunyai model dan warna yang berbeda karena hal tersebutlah yang bisa menjadi nilai tambahan dari desain ruang makan bergaya vintage.

READ  Japandi Style, Perpaduan Desain Interior ala Timur dan Barat

9. Desain Ruang Makan Mini

Ide Desain Ruang Makan Yang Keren, Harus Kamu Tiru Nih

Tidak mempunyai budget untuk merenovasi ruang makan, namun sudah bosan dengan kondisi ruang makan yang sekarang?. Tidak perlu khawatir. Permasalahan seperti di atas banyak dihadapi rumah yang memiliki lahan terbatas ataupun apartemen-apartemen kecil.

Namun dengan penataan yang tepat, sobat tidak perlu merasa khawatir tidak bisa mendapatkan sebuah desain ruang makan yang nyaman dan tetap terlihat menarik serta minim budget. Pada kondisi seperti ini sobat bisa menyatukan sebuah desain ruang makan kecil dengan dapur yang sobat miliki. Perhatikan pemilihan ukuran meja dan juga kursi makan untuk memastikan kehadiran desain ruang makan milik sobat tidak akan mempersulit aktivitas di dapur.

10. Desain Ruang Makan yang Menyatu dengan Kitchen Island

Ide Desain Ruang Makan Yang Keren, Harus Kamu Tiru Nih

mengkreasikan ruang makan bisa dengan memulai mencari sendiri referensi idaman yang bisa sobat wujudkan dalam dapur impian. Seperti desain dapur yang menerapkan konsep menyatukan kitchen island dengan dapur dan ruang makan terbuka. Tidak hanya dapat memberikan kesan yang lebih luas dan terbuka. Keberadaan kitchen island ini bisa juga menjadi batas ruangan yang jelas antara dapur dan desain ruang makan yang sobat miliki. Wah, sangat multifungsi ya!

Selain itu, berkreasi dengan furniture seperti peralatan dapur dan perabotan ruang makan seperti ini akan membuat desain ruang makan yang ada pada rumah sobat terasa lebih unik, menarik dan orisinil.