22
Okt

Hidup Harmonis ala Zen Living dan 6 Cara Penerapannya di Rumah

Hidup Harmonis ala Zen Living dan 6 Cara Penerapannya di Rumah

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Zen Living adalah gaya hidup simpel atau sederhana yang mengutamakan keharmonisan antara tubuh dengan pikiran. Filosofi Zen sendiri saat ini sudah banyak diterapkan untuk mengimbangi gaya hidup penghuni rumah modern. Meditasi Zen dipercaya dapat menghadirkan kebahagiaan dan ketenangan di dalam jiwa pemiliknya. Bila kau ingin serius menjalani hidup ala Zen, rumah dapat menjadi sarana pendukungnya. Namun, agar memperoleh hasi secara menyeluruh, Zen Living perlu diterapkan secara langsung dalam kehidupanmu sehari-hari. Berikut ini hidup harmonis ala zen living dan 6 cara penerapannya di rumah.

  1. 1. Tampil Sederhana

Hidup Harmonis ala Zen Living dan 6 Cara Penerapannya di Rumah

Prinsip dari zen living yang cukup dikenal adalah shibumi. Dalam kaitannya dengan ilmu arsitektur, shibumi memiliki definisi ‘keindahan yang tidak sempurna’ atau ‘kemewahan yang membumi’. Intinya, prinsip shibumi pada zen living mendefinisikan indah berdasar kesederhanaan dari setiap hal.

Prinsip shibumi mengutamakan barang yang memiliki nilai guna atau fungsi yang tinggi. Jadi, jika di dalam rumah terdapat barang yang tidak terlalu dibutuhkan dan tak berfungsi sebagaimana mestinya, penghuni disarankan untuk menyingkirkan ataupun menjualnya. Melalui ini, kesederhanaan dapat diaplikasikan ke dalam hunian.

2. Taman di Ruang Terbuka

Hidup Harmonis ala Zen Living dan 6 Cara Penerapannya di Rumah

Prinsip zen living meyakini bahwa alam memiliki peranan yang kuat dalam menciptakan keseimbangan hidup. Hubungan antara alam dan manusia perlu dijaga dan dikembangkan dengan baik agar tercipta keharmonisan. Oleh karena itu, keberadaan taman atau kebun sangat diperlukan pada hunian.

Cobalah periksa kembali ke seluruh bagian rumah. Jika terdapat lahan terbuka yang masih kosong, hadirkan taman atau kebun di sana. Bagian-bagian kecil yang tak luas pun juga dapat diolah menjadi taman kecil, seperti area teras, balkon, dan atap rumah.

READ  Rahasia Tembok Tidak Mudah Retak

3. Hadirkan Tanaman Hias di dalam Rumah

Hidup Harmonis ala Zen Living dan 6 Cara Penerapannya di Rumah

Masih berhubungan dengan prinsip sebelumnya, kehadiran alam tak hanya diperlukan di ruang terbuka, pada ruang tertutup pun sebaiknya juga ada unsur-unsur alam yang melengkapi. Hadirkan berbagai tanaman hias pada interior rumah. Bisa juga dengan menempatkan tanaman hias pada sisi-sisi yang tak biasa, seperti pada rak buku, kamar mandi, credenza, dan ruang-ruang lainnya agar rumah terasa lebih lega. Keberadaan tanaman dalam rumah dapat membuat kualitas udara di dalam rumah menjadi lebih segar dan membuat suasana penghuni rumah menjadi lebih baik.

4. Buat Ruangan Segar dengan Aroma dan Wewangian Khas

Hidup Harmonis ala Zen Living dan 6 Cara Penerapannya di Rumah

Selain penataan visual, kesegaran aroma pada ruang juga perlu diperhatikan karena aroma yang segar memiliki pengaruh untuk menghadirkan ketenangan dan keharmonisan di dalam rumah. Untuk membuat ruangan terasa segar dan wangi, gunakan lilin aroma terapi atau pengharum ruangan dengan aroma yang lembut dan tak terlalu kuat. Dengan adanya aroma yang khas, penghuni dapat merasa lebih rileks meskipun sedang berada di tengah keramaian kota.

5. Pencahayaan Optimal

Hidup Harmonis ala Zen Living dan 6 Cara Penerapannya di Rumah

Di dalam arsitektur, pencahayaan natural adalah elemen yang penting dalam bangunan. Selain memberikan penerangan yang optimal, pencahayaan natural juga memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kesehatan tubuh penghuni rumah. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu membuka tirai dan jendela di pagi hari agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah. Pada ruangan yang tak terkena cahaya matahari atau pada malam hari, lampu dengan terang yang tepat dapat membantu. Jangan lupa untuk mengganti lampu ruangan yang sudah mulai redup.

6. Gunakan Perpaduan Warna

Hidup Harmonis ala Zen Living dan 6 Cara Penerapannya di Rumah

Menggunakan konsep yang sederhana bukan berarti tak boleh menggunakan perpaduan warna. Untuk membangun dan menyegarkan mood penghuni rumah, Anda dipersilahkan untuk memadukan warna pada ruangan, seperti warna pada cat dinding, furniture, maupun dekorasi ruangan. Namun, pilihlah warna-warna yang soft dan sejuk seperti warna putih cream, hijau telur asin, dan biru teduh agar tak terlalu mencolok.

READ  Mengenal Kaca Nako Dan Cara Pengaplikasiannya