08
Des

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat merancang Ruang Bioskop di Rumah Minimalis

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat merancang Ruang Bioskop di Rumah Minimalis

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Memiliki home theater di rumah pastinya menjadi hal yang diinginkan oleh mereka yang suka menonton film. Suasana akrab dan juga seru bisa didapat di dalam ruangan yang khusus untuk menonton ini. Selain itu juga memberikan pengalaman baru saat menonton film. Untuk kamu yang bingung bagaimana cara mendesain atau memilih perlengkapan di dalam ruang home theatermu, beriku cara merencanakan ruang dalam rumah untuk home theater. Berikut ini hal yang perlu diperhatikan saat merancang ruang bioskop di rumah minimalis.

Konsep Bioskop di Rumah Minimalis

Konsep bioskop di rumah minimalis harus mempertimbangan hal-hal seperti lokasi dan ukuran ruangan dalam rumah. Ruangan yang ideal untuk bioskop mini adalah memiliki ukuran ruang cukup luas, tertutup, pencahayaan yang cukup dari dalam ruangan, dan kedap suara.

Maka dari itu, ruangan yang akan kamu gunakan nanti harus memastikan kenyamanan baik bagi para pelanggan juga tidak mengganggu tetangga. Dengan menggunakan pelapis khusus yang dapat meredam suara pada dinding, maka ruangan akan menjadi kedap suara. Selain itu, suara di dalam ruangan terasa lebih seperti nuansa asli di dalam bioskop.

Pencahayaan diperlukan agar meminimalkan gangguan. Yang pasti, di dalam bioskop suasana yang tepat adalah agak gelap. Alat-alat yang digunakan biasanya beberapa lampu gantung yang dilengkapi dengan pemanfaatan refleksi dari dinding. Dengan demikian, ketika orang-orang menonton tidak akan menyilaukan mata.

Selanjutnya, kamu harus memikirkan desain yang cocok untuk bioskop mini. Cari inspirasi yang baik dengan mempertimbangkan keadaan lokasi dan ruangan yang Ada. Kamu bisa saja menggunakan desain modern, vintage, atau elegan.

READ  5 Cara Simpel Menata Ruang Makan

Anggaran yang Diperlukan

Untuk menghadirkan konsep seperti ini, tentu anggaran jadi hal yang patut kamu perhatikan. Kamu harus merencanakan bisnis bioskop mini yang sesuai anggaran dan juga ideal untuk rumahmu. Segala hal harus pertimbangan di dalam dalam tahap perencanaan. Mulai dari persiapan tempat, alat-alat, dekorasi, hingga modal untuk pemasaran.

Alat-alat Elektronik Bioskop Mini

Setelah desain dan tata letaknya serta anggarannya telah ditentukan, maka kamu harus menyiapkan audio dan visual untuk bioskop mini sesuai dengan anggaran yang telah kamu miliki. Jika anggaran mencukupi, akan lebih baik jika memilih teknologi yang semakin canggih karena akan membuat semakin banyaknya pilihan untuk ruangan bioskop mini. Berikut ini adalah perangkat elektronik bioskop mini yang bakal kamu butuhkan:

1.    Proyektor atau TV Layar

Proyektor Bioskop

Pertimbangkan untuk memilih antara proyektor atau layar datar, karena masing-masing alat akan memberikan pengalaman menonton yang berbeda. Kebanyakan orang akan memilih layar proyektor untuk untuk bioskop mini, karena ukuran layar yang lebih besar.

Selain itu, layar proyektor mampu memenuhi keseluruhan dinding di dalam ruangan bioskop mini, sehingga memberikan kesan pengalaman yang berbeda saat berada di dalam bioskop mini.

TV layar datar sekarang ini sudah tersedia dengan berbagai ukuran, dilengkapi dengan ketajaman dan kejernihan gambar yang tinggi. Kelebihan menggunakan TV layar datar adalah mudah dipasang dan cocok bagi ruangan yang berplafon rendah.

2.    Alat Pemutar Film

Menonton Bioskop di Laptop

Alat pemutar film dapat berasal dari VCD atau DVD Player. Namun, kamu juga dapat menggunakan laptop sebagai alat pemutar film favoritmu.

3.    Receiver (Sambungan)

Bioskop di Rumah

Receiver merupakan alat yang berkenaan dengan seluruh sambungan antar video, audio, dan sistem pemutar bioskop mini. Fungsi dari receiver adalah untuk mengorganisir dari segi sambungan antar setiap perangkat.

READ  Perbedaan Pondasi Rumah 1 Lantai dan 2 Lantai

4.    Speaker (Pengeras Suara) dan Soundbar

Speaker Bioskop di Rumah

Speaker sangat mempengaruhi nuansa menonton di bioskop. Sebagai alat yang menghasilkan suara film, speaker memberikan pengaruh terhadap ekspresi penonton di bioskop. Anda bebas menentukan jenis speaker, karena untuk saat ini sudah banyak speaker yang mutakhir dan canggih dengan harga terjangkau.

Selain speaker, kamu bisa melengkapinya dengan Soundbar. Fungsi dari soundbar ini adalah sebagai penambah daya ledak suara. Biasanya soundbar dipasang pada sisi-sisi ruangan dalam bioskop.

5.    Alat Pelengkap

Bioskop di Rumah

Beberapa alat bisa kamu jadikan sebagai pelengkap untuk menunjang bisnis bioskop mini kamu, seperti Kabel HDMI, video komponen, video komposit, kabel Ethernet, dan beberapa kabel cadangan. Kamu juga diperkenankan untuk menggunakan stabilizer listrik agar kondisi arus listrik tetap normal. Peralatan Dekorasi Bioskop Mini

Selain alat-alat elektronik, kamu juga harus menyiapkan peralatan dekorasi untuk bioskop mini. Peralatan dekorasi yang bisa kamu gunakan antara lain:

1.    Sofa

Pilihlah tempat duduk yang empuk untuk bioskop mini di rumah. Karena ketika menonton pasti akan membutuhkan waktu yang lama untuk duduk. Tempat duduk yang empuk akan memberi kenyamanan saat menonton film.  Banyak tipe tempat duduk yang cocok seperti sofa, ranjang sofa, kursi malas, atau karpet. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan preferensi yang sudah dirancang sebelumnya.

2.    Pendingin Ruangan

Ruangan bioskop merupakan ruangan tertutup dan kedap suara, dengan demikian suhu di dalam pasti akan terasa panas. Untuk menghindari hal tersebut, maka bioskop mini kamu perlu dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC). Fungsi AC lainnya adalah sebagai alat pendingin bagi perangkat elektronik bioskop mini.

3.    Peredam Suara Minimalis

Ruangan di bioskop yang ideal selalu memiliki fitur akustik (peredam suara) yang dibuat lengkap dan berkualitas baik. Selain agar suara tidak mengganggu lingkungan sekitar, peredam suara ini juga memberikan kesan dramatis saat menonton film.

READ  Inspirasi Pagar Minimalis Si Pencuri Perhatian

Namun, untuk kamu yang hanya membangun sebuah bioskop mini, sebaiknya menggunakan peredam minimalis yang dapat dipasang secara instan. Peredam-peredam suara minimalis ini pun terdapat beberapa macam seperti Door sweep (bantalan karet untuk menutup celah di bawah pintu) dan Gorden jendela yang tebal.

Tak cuma itu, kamu dapat memanfaatkan cara lain, seperti memasan rak buku yang diisi penuh dengan kaset-kaset yang akan diputar di bioskop mini.

4.    Lampu untuk Pencahayaan

Seperti yang telah diuraikan di atas tadi, ruangan bioskop mini tidak membutuhkan pencahayaan terang karena film lebih cocok ditonton dalam keadaan redup. Cara untuk mengatur pencahayaan di ruangan adalah dengan menggunakan frame lampu di langit-langit dan juga menggunakan pencahayaan downlight.

5.    Dekorasi Lainnya

Selain beberapa alat dekorasi di atas, kamu dapat melengkapi bioskop mini dengan memasang beberapa poster film-film yang akan kamu putar. Sedangkan untuk membuat ruangan lebih indah, kamu bisa tambahkan pot bunga di dalam ruangan bioskop mini. Dengan demikian, bioskop mini kamu akan terasa tak berbeda jauh dengan bioskop-bioskop besar.

Setiap jenis ruang pasti memiliki strategi desain yang berbeda dan harus disesuaikan dengan nuansa dinding serta konsepnya. Begitu pula dengan ruang bioskop di rumah. Kamu harus memiliki kreativitas dan menemukan inspirasi yang sesuai agar bioskop di rumah bisa menjadi ruang entertainment bagi seluruh anggota keluarga.