13
Mei

Perhatikan Ini Sebelum Membongkar Dinding

HAL HAL YANG PERLU DI PERHATIKAN SEBELUM MEMBONGKAR DINDING RUMAH

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Ada berbagai hal yang perlu di perhatikan sebelum anda membongkar dinding anda sobat. Jika anda membongkar tanpa adanya perhitungan dan rencana. kemungkinan besar anda akan merugi jika membongkar dinding anda. Nah mari simak ulasan di bawah ini yang akan membahas mengenai hal hal yang perlu di perhatikan dalam membongka dinding rumah. Selamat membaca !

1. Tujuan Membongkar Dinding

(sumber: spokesman.com)

First thing first, ketahui dengan jelas tujuan Anda membongkar dinding rumah. Apakah Anda ingin memperluas rumah? Apakah Anda ingin membuat ruangan baru? Jenis ruangan apa yang Anda inginkan? Tujuan pembongkaran dinding ini akan menentukan eksekusi perencanaan lebih jauh: dinding mana yang akan dibongkar, berapa biaya yang dibutuhkan, berapa lama waktu yang dibutuhkan, dan sebagainya. Sangat penting bukan?

BACA JUGA : Yang Harus Di Perhatikan Dalam Memilih Kayu Ukir

2. Izin Perencanaan

(sumber: meqasa.com)

Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 32 Tahun 2010, jika Anda ingin membongkar dinding rumah Anda, menambah ruangan atau membuat tambahan bangunan di atas atau samping rumah, Anda perlu mengurus IMB (Izin Mendirikan Bangunan). IMB adalah surat persetujuan dan perizinan yang dikeluarkan oleh kepala daerah (walikota atau bupati). Jika Anda menghuni apartemen dan ingin merenovasinya, Anda perlu melaporkan dan meminta izin pada manajemen pengelola properti karena masing-masing apartemen memiliki ketentuan dan peraturannya masing-masing dalam hal renovasi.

BACA JUGA : Cara Menghilangkan Jamur Di Lemari Kayu

3. Jenis Dinding yang Akan Dibongkar

(sumber: todayshomeowner.com)

Salah satu hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah jenis dinding yang akan Anda bongkar, karena dinding ini menentukan tingkat kesulitan dan risiko kerja! Fyi, terdapat 3 jenis dinding rumah, yaitu: retaining wallbearing wall, dan partition wall. Dinding penahan/retaining adalah dinding yang dibangun untuk menahan massa tanah di atas struktur atau bangunan yang dibuat. Bearing wall adalah dinding yang berfungsi untuk menopang elemen lain dari rumah seperti balok lantai, plafon dan juga atap rumah. Sementara dinding partisi, adalah dinding yang digunakan untuk menyekat ruangan dengan konstruksi yang ringan dan praktis.

Jika dinding yang ingin Anda bongkar adalah bearing wall, Anda akan memerlukan material reinforced steel joist (RSJ) untuk menggantikan dinding yang dibongkar. Pekerjaan membongkar bearing wall juga lebih kompleks dibandingkan dinding lainnya. Jika Anda hanya akan membongkar dinding partisi, Anda dapat melakukannya dengan lebih mudah tanpa perlu adanya pengganti fungsi dinding tersebut.

4. Bantuan dari Profesional

(sumber: ashwinarchitects.com)

Sedikit banyak Anda pastinya akan membutuhkan bantuan dari arsitek dalam urusan membongkar dinding ini! Arsitek dapat membantu Anda mengenali jenis dinding yang akan Anda bongkar. Dan jika Anda secara positif akan membongkar bearing wall, Anda sebaiknya bekerja sama dengan arsitek yang akan membuat kalkulasi material yang dibutuhkan dan membuat sketsa dari renovasi yang akan Anda lakukan. Anda juga dapat berkonsultasi dengan arsitek untuk mendapatkan pihak kontraktor terpercaya dalam membantu pengerjaan renovasi Anda. Tanpa arsitek dan pihak kontraktor, pembongkaran dinding rumah Anda akan lebih berisiko dan bisa berakibat fatal pada keseluruhan bangunan, loh!

BACA JUGA : Mengenal Kayu Eboni Asal Sulawesi

5. Lama Waktu Pengerjaan

(sumber: kc-communications.com)

Proses pembongkaran dinding dan pemasangan besi pengganti sebenarnya tidak memakan waktu yang lama, apalagi jika Anda memutuskan untuk melibatkan para profesional. Proses ini dapat selesai dalam waktu beberapa minggu, tergantung kompleksitas renovasi. Beberapa faktor dapat memperlambat penyelesaian pembongkaran dinding, seperti pemindahan pipa air dan pemindahan jalur listrik yang terdapat di dalam dinding yang Anda bongkar.

6. Biaya Pengerjaan

(sumber: quickbooks.co)

Biaya pembongkaran dinding sangat bervariasi tergantung pada beban pada dinding, material pengganti dinding, biaya relokasi pipa dan jalur listrik, serta upah arsitek dan juga kontraktor. Semakin luas dan besar dinding yang akan Anda bongkar, semakin banyak pekerja yang Anda butuhkan dan semakin banyak material pengganti yang harus Anda beli. Dan jangan lupa, Anda juga perlu menyisihkan dana untuk dekorasi ketika renovasi sudah selesai!

7. Tambahan Nilai pada Rumah

(sumber: vascomillvaley.com)

Pembuatan open-space design pada rumah atau apartemen Anda dapat meningkatkan nilai rumah Anda. Mengapa? Tentu saja karena desain ini sedang sangat popular dan diminati banyak orang! Akan tetapi Anda juga mungkin perlu melihat preferensi pasar di sekitar rumah Anda untuk memutuskan kegiatan pembongkaran dinding ini.