kontraktor jogja
28
Apr

Hal Yang Harus Di Perhatikan Dalam Membuat Roof Garden

HAL YANG HARUS DI PERHATIKAN DALAM MEMBUAT ROOF GARDEN

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Memiliki lahan kosong pada atap memang sering di jadikan taman jenis roof garden. Tetapi dalam membuat roof garden terdapat beberapa hal yang perlu di perlu di perhatikan. Pada informasi di bawah ini akan di bahas mengenai hal yang perlu di perhatikan dalam membuat roof garden.

1. Perhatikan Kekuatan Atap
Adanya roof garden akan menambah beban tambahan pada atap rumah anda, sehingga pastikan kekuatan atap anda terlebih dahulu, atap berbahan beton sangat disarankan untuk dijadikan ruang hijau.

Baca Juga : Jenis Tanaman Untuk Taman Vertikal

2. Gunakan Material Waterproofing
Lapisi beton dengan material waterproofing yang berguna untuk mencegah air merembes ke ruangan yang ada dibawahnya. Selain itu buatlah instalasi air bersih dan kotor untuk menyiram tanaman. Air kotor tersambung dengan tepi terendah dan terhubung dengan pipa air yang menuju resapan di tanah dan ke saluran pembuangan air.

Baca Juga : Perhatikan Ini Dalam Membuat Atap Rumah

3. Gunakan Ijuk atau cocopeat
Gunakan ijuk atau cocopeat—sejenis serabut kelapa—di atas dak beton berjajar teratur dengan ketebalan 10cm. Fungsi ijuk untuk menahan sekaligus menyaring air yang merembes dari pasir dan tanah.

Selain itu untuk menanam tanaman, gunakan tanah merah dan humus dengan kandungan pH berkisar 5-7, Tanam rumput dan tanaman berbunga agar tampilan taman lebih indah. Selain itu anda dapat memasang pagar yang terbuat dari besi, bambu, atau kayu yang kuat dan aman, sehingga roof garden anda terlihat seperti pekarangan rumah.