12
Mei

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Pembuatan Bak Air

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pembuatan Bak Air

kontraktor jogja
ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Dalam pembuatan bak air mandi ada beberapa hal yang harus di perhatikan sobat agar sesuai dengan yang anda harapkan.
Untuk pemasangan pipa pembuang usahakan berada di bawah permukaan dasarnya, agar ketika menguras maka semua air bisa terbuang/tersedot. Jika memasang pada bagian samping, kemungkinan ada air yang tidak keluar/masih tersisa, sehingga menyulitkan dalam proses pembersihan bak air.
 
Hal lain yang harus diperhatikan adalah pemasangan keramik pada sudut bibir bak. Dahulu banyak orang yang memasang sudut keramik dengan menggosok 45 derajat dengan harapan pasangannya rapi dan indah dipandang. Namun setelah dipasang ternyata di sudut itu sangat mudah rusak karena benturan gayung yang tiap hari menyentuh. Bahkan tangan kita juga akan tergores karena sudut keramiknya lancip sehingga perih.
 
Untuk mengatasi hal tersebut, kini banyak dijual pemanis sudut atau lebih dikenal dengan kuku macan yang membuat sudut bak lebih nyaman, tidak mudah tergores, dan tangan kita juga aman dari goresan. Jika tidak dipasang kuku macan maka lebih baik sudut keramik kita pasang nat yang agak lebar, sekitar 2 atau 3 mm dan dibulatkan. Ini juga lebih aman dan tidak mudah retak.
 
Hal yang paling harus diperhatikan adalah ketika merencanakan letak bak air yang dikombinasikan dengan closet. Hendaknya letak bak air berada di sebelah kanan agar memudahkan pengambilan airnya. Sering kita menjumpai bak air terletak di sebelah kiri closet sehingga menyulitkan pemakaian.
 
Tidak kalah penting juga untuk merencanakan ketinggian bak air. Kadang kita menjumpai bak yang terlalu tinggi sehingga kesulitan mengambil airnya, atau baknya terlalu rendah sehingga air yang dipakai untuk mandi bisa kembali masuk ke bak. Tinggi ideal bak mandi bagian luar untuk orang Indonesia adalah 70-75 cm, dan tinggi bagian dalam cukup 60 cm sehingga ada jarak sekitar 10-15 cm agar pemasangan pipa pembersih bisa lancar. Jangan membuat bak mandi terlalu dalam, karena akan menyulitkan proses pembersihannya.