28
Apr

Perhatikan Ini Dalam Membuat Atap Rumah

PERHATIKAN INI DALAM MEMBUAT ATAP RUMAH

Kelebihan dan Kekurangan Atap Berdasarkan Bentuk

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Atap memiliki fungsi sebagai pelindung dari teriknya panas matahari dan derasnya hujan. Jika anda ingin membuat atap ada beberapa hal yang harus di perhatikan. Karena dalam pembangunan atap tidak dapat dilakukan sembarang. Jika sembarang atap yang anda bangun tidak sesuai dengan yang anda inginkan. Nah pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai berbagai hal yang harus di perhatikan dalam membuat atap rumah. Mari simak ulasan di bawah ini.

1. Membuat Atap Sesuai dengan Keinginan

Pada dasarnya, ternyata bentuk yang dimiliki sebuah atap akan sangat berpengaruh pada citra serta estetika sebuah bangunan. Perancangan jenis atap yang seusuai dengan apa yang diinginkan sangatlah penting. Selain itu, perancangan ata pun ternyata berpengaruh pada perhitungan biaya bahan dan pemasangan.

Baca Juga : Membuat Taman Pada Atap Rumah

2. Membuat Rancangan Atap yang Jelas

Hal penting dalam membangun atap selanjutnya adalah dengan menentukan rancangan yang jelas.  Rancangan tersebut dapat menentukan bentuk kuda-kuda jarak dan kebutuhan kuda-kuda dalam pemasangan rangka atap baja ringan.

Apabila Anda sudah memiliki rancangan yang jelas bagi atap yang akan dibangun, maka akan mudah untuk memperhitungkan estimasi dana yang harus dikeluarkan dalam proses pemasangannya.

Misalnya pada saat Anda menggunakan rangka atap dari kayu, maka Anda pun dapat mengukur dan menghitungnya, kemudian menempelkanya pada rangka atap. Akan tetapi, ketika menggunakan rangka atap dari baja ringan maka dibutuhkan perhitungan khusus. Hla ini dikarenakan supaya perhitungannya  tepat dan pas untuk pembuatan rangka rumah. Apabila terjadi kesalahan perhitungan maka rangka atap tidak akan berdiri dengan baik.

3. Memastikan Penggunaan Bahan Berkualitas

Pemilihan bahan juga merupakan salah satu  faktor penting dalam pemasangan rangka atap. Bahan yang kita pilih juga akan sangat berpengaruh dalam penentuan  jenis atap yang akan Anda bangun. Sehingga, rangka dapat menopang atap dengan baik.

Pemilihan atap dari bahan SNI sangat direkomendasikan bagi Anda. Hal ini dikarenakan pemilihan bahan berkualitas juga harus melihat faktor penjualnya.

Baca Juga : Ciri Ciri Pondasi Rumah Tidak Kuat

4. Mengetahui Materi Penutup Atap Bangunan

Hal penting dalam membangun atap yang terakhir dalah dengan mempertimbangkan materi penutup yang akan digunakan. Hal ini harus  diperhatikan karena juga dapat berpengaruh pada jenis rangka baja yang akan Anda pakai, terutama pada atap bangunan. Usahakan supaya Anda jangan memilih atap yang tidak sesuai dengan rangka yang kita gunakan.