Fungsi Bangun Ruang Bawah Tanah
07
Agu

Fungsi Bangun Ruang Bawah Tanah

Fungsi Bangun Ruang Bawah TanahFUNGSI BANGUN RUANG BAWAH TANAH

Ruang Bawah Tanah Ruang bawah tanah atau yang serinf kita sebut dengan basement, merupakan pemanfaat space dibawah tanah. Biasanya ruang bawah tanah ini digunakan untuk menyimpan barang-barang atau gudang, bahkan digunakan untuk fungsi ruangan tertentu tergantung dari si pemilik rumah.

Saat ini basement biasa dijumpai pada gedung-gedung, seperti mal dan perkantoran, yang umumnya digunakan sebagai tempat parkir. Sementara untuk rumah-rumah pribadi, masih jarang ditemui. Padahal, selama konstruksinya dikerjakan dengan baik, basement dapat dibangun di mana saja, termasuk di Indonesia yang beriklim tropis.

Kelebihan Basement

Dalam korespondensinya dengan, arsitek Jerrino Soedarno mengungkapkan, dibandingkan dengan bangunan di atas permukaan tanah, basement sebenarnya memiliki kelebihan.

Hal ini disebabkan tanah merupakan material yang memiliki kapasitas menyerap panas yang kecil. Oleh karenanya, naik–turunnya temperatur tanah juga terbilang minim. Temperatur yang relatif stabil ini sangat baik bagi tembok.

Tembok basement akan tetap dingin. Berbeda dengan tembok di atas permukaan tanah yang selalu mendapatkan radiasi langsung dari matahari, sehingga temperaturnya bisa amat tinggi di siang hari, namun turun drastis di malam hari.

Dalam kondisi berada di bawah tanah, panas di dalam basement sebagian besarnya berasal dari dalam basement itu sendiri. Panas itu terutama datang dari para penghuni dan ragam perkakas yang mereka gunakan.

“Namun tetap saja, bila tidak ada pergantian udara di ruang basement, maka permasalahan-permasalahan (seperti kelembapan dan panas) akan mengganggu dan tidak baik untuk kesehatan,” tambah Jerrino.

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666