Fakta Unik Genteng Beton
01
Agu

Fakta Unik Genteng Beton

Fakta Unik Genteng BetonFAKTA UNIK GENTENG BETON

Genteng Beton – Salah satu jenis genteng adalah genteng beton, dimana genteng beton ini banyak digunakan untuk pembangunan rumah. Istilahnya adalah genteng beton banyak diminati banyak orang. Mengapa genteng beton sangat populer? Karena genteng beton memiliki fakta unik genteng beton.

10 Kelebihan Genteng Beton

1. Genteng beton memiliki daya tahan kuat

 

10 Kelebihan Genteng Beton Bikin Rumahmu Aman Pencuri

Dibandingkan dengan genteng berbahan dasar lainnya, genteng beton ini memiliki daya tahan kuat yang paling tinggi. Genteng yang satu ini memiliki tingkat efisiensi tinggi terhadap lingkungannya. Material ini mampu menahan beban berat dan tidak akan mudah retak. Jika mengalami perubahan suhu dan terkena api, material ini tetap bisa bertahan. Usia penggunaannya sangat lama, bisa mencapai 20 tahun.

2. Genteng beton tahan serangan biologis

10 Kelebihan Genteng Beton Bikin Rumahmu Aman Pencuri

Genteng beton memiliki sifat yang tahan akan serangan biologis seperti polusi suara dan suhu udara. Kemampuan isolasi akustik dan termalnya diakui sangat baik berdasarkan sebuah penelitian. Dengan demikian, penghuni rumah yang menggunakan genteng beton ini akan terbebas dari kebisingan dan suhu udara yang terlalu panas atau dingin. Suasana di dalam rumah pun jadi lebih nyaman. Genteng ini cocok untuk kamu pemilik rumah yang berada di pinggir jalan raya.

3. Genteng beton memiliki bentuk yang bervariasi

Genteng Beton Banyak Variasi Bentuk

Genteng beton memiliki bentuk yang bervariasi, yaitu bergelombang dan datar. Berkat bentuk yang bervariasi ini, kamu bisa menyesuaikan penggunaan genteng dengan gaya rumah. Untuk menonjolkan kesan yang lebih modern dan elegan, gunakanlah genteng beton datar. Sebaliknya, untuk menonjolkan kesan yang natural namun kuat, gunakanlah genteng beton yang bergelombang.

4. Genteng beton juga tersedia dalam berbagai warna

Genteng Beton Variasi Warna

Warna genteng yang terbatas akan membuat pemilik rumah sulit menyesuaikannya dengan berbagai macam fasad rumah. Fasad rumah minimalis contohnya, sedang digandrungi orang. Untungnya genteng beton ini tersedia dalam berbagai pilihan warna seperti hitam, abu-abu tua, cokelat, biru, atau hijau. Kamu bisa menyesuaikannya dengan konsep atau warna fasad rumah. Fasad rumah berwarna kuning pucat, sepertinya akan cocok dengan genteng beton berwarna cokelat atau hijau.

5. Genteng beton tidak mudah berubah bentuknya

Pemasangan Genteng Beton

Genteng tanah liat harus melewati pembakaran pada proses produksinya sehingga bentuknya terkadang akan berubah dan tidak serupa satu sama lain. Sedangkan genteng beton tidak melewati proses pembakaran sehingga bentuknya tidak akan berubah dan presisi dengan genteng beton lainnya. Tanpa ada perubahan bentuk selama proses produksi, genteng beton akan lebih mudah dipasang. Pengisian nat pun akan menjadi lebih rapat dan resiko kebocoran akan berkurang.

6. Genteng beton mampu memantulkan panas

genteng beton tahan panas

Jika dibandingkan dengan genteng tanah liat yang mampu menyerap suhu panas, genteng beton justru mampu memantulkan panas. Hasilnya? Suhu ruangan yang ada di bawah atap ini akan terasa lebih sejuk di siang hari atau pada musim kemarau.

7. Genteng beton bisa menerima pengecatan ulang

Genteng Pohon Bisa Pengecatan Ulang

Daya tahan genteng beton memang bisa mencapai usia 20 tahun. Namun sebelum usia 20 tahun, permukaan genteng akan mengalami pemudaran warna. Jika sudah demikian, maka tampilan eksterior rumah pun jadi kusam. Tapi jangan khawatir karena genteng beton ini bisa dicat kembali sehingga warnanya tampak seperti baru lagi. Jika ada keretakan kecil, kamu juga bisa memperbaikinya dengan pelapis khusus agar tidak semakin parah.

8. Harga genteng beton lebih murah dari genteng keramik

10 Kelebihan Genteng Beton Bikin Rumahmu Aman Pencuri

Jika dibandingkan dengan genteng beton, genteng keramik memiliki kualitas yang baik juga. Misalnya saja warna yang tahan lama dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Bisa dibilang kualitasnya beda-beda tipis dengan kualitas genteng beton. Yang membedakan kedua genteng ini adalah harganya. Dengan harga genteng beton yang lebih murah, kamu tetap bisa mendapatkan kualitas genteng terbaik.

9. Genteng beton ada banyak warna, harga sama semua

Genteng Beton Warna dan Harga

Jenis material bahan bangunan memiliki aneka pilihan warna dan tipe biasanya memiliki harga yang berbeda-beda juga. Misalnya saja batu paras Jogja berwarna putih akan lebih mahal dari batu paras Jogja yang berwarna krem. Sedangkan untuk genteng beton, semua warna akan dikenai harga yang sama. Yang membedakan harga genteng beton yang satu dengan lainnya adalah kualitas produksi.

10. Genteng beton tahan karat

Material berbahan dasar besi akan mudah mengalami karat jika terpapar sinar matahari dan air hujan terus-menerus. Perawatan anti karat jelas harus dilakukan oleh pemilik rumah dengan genteng metal. Genteng beton cenderung bebas dari karat. Pemilik rumah tidak perlu repot untuk hal perawatan rutin.

Namun, genteng beton juga menyimpan beberapa kekurangan. Beberapa di antaranya adalah bobotnya yang cukup berat sekitar 60 kg per meter persegi, sedangkan genteng lainnya paling berat hanya sekitar 45 kg per meter persegi saja.

Genteng Beton Tahan Karat

Dengan bobot ini, struktur rumah harus dibuat dengan sangat kuat sehingga bagian atap rumah tidak mudah rubuh dan melukai penghuni. Pemasangan genteng beton ini harus dilakukan dengan hati-hati dan detail sehingga membutuhkan lebih banyak pekerja.