28
Des

Fakta Menarik Tentang Desain Modern Furniture Indonesia

Fakta Menarik Tentang Desain Modern Furniture Indonesia

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Gaya modern merupakan gaya desain yang simple, bersih, fungsional, stylish tentunya menjadi gaya yang kekikinian karena selalu mengikuti perkembangan jaman yang berkaitan dengan gaya hidup modern yang saat ini semakin berkembang pesat. Inilah fakta menarik tentang desain modern furniture Indonesia.

1. Desain Modern Furniture Indonesia Mampu Memenangkan Persaingan Internasional

Desainer handal dengan ketersediaan bahan baku berkualitas dan melimpah yang disediakan alam Indonesia, serta keindahan dan kekhasan furniture karya nenek moyang yang terlahir dari kejujuran fungsi, dapat dijadikan modal desain modern furniture Indonesia. Keautentikan ide yang melahirkan desain berkualitas memposisikan desain modern furniture Indonesia mampu bersaing di kancah internasional dan bahkan mendominasinya.

2. Desain Modern Furniture Indonesia yang Unggul

Suatu karya akan menjadi khas dan orisinil jika didesain dalam kejujuran. Kejujuran dalam memanfaatkan karakter material untuk memenuhi fungsi dengan baik. Jangan menyontek karya orang lain! Justru ekspresi desain yang dihasilkan harus bisa menginspirasi orang lain. Boleh-boleh saja melihat karya orang lain sebagai referensi dan modal untuk memperkaya wawasan.

Pelajari cara mengolah dan membentuk material! Galilah potensi desain yang mungkin dilakukan dan dikembangkan dari karya orang lain! Kembangkan secara autentik dan buktikan hasil karya desain orisinil yang mampu menunjukkan jati diri desainernya! Ini cara agar produk lokal bisa dibanggakan oleh masyarakat Indonesia sendiri dan nantinya mampu bersaing di tingkat global.

Sebuah karya dapat dibanggakan jika desainernya yakin akan kemampuan dirinya sendiri. Setiap karya yang dihasilkan akan selalu menjadi karya unik terbaik, yang walau awalnya mungkin tidak bisa diterima pasar, namun setidaknya bisa dijadikan contoh dan menginspirasi orang lain. Dari sinilah awal mulanya sebuah karya akhirnya dikenal secara luas.

READ  Bangun Rumah dengan Baja

Visi dan misi untuk menjadikan Indonesia negara yang dikenal dan diakui karyanya dapat dijadikan semangat untuk terus membuat produk furniture yang bisa bersaing di kancah internasional. Kunci suksesnya sebenarnya adalah daya cipta kreatif dan inovatif yang terus-menerus dikembangkan. Desainer juga harus peka terhadap potensi, peluang, serta tren desain modern furniture di dunia.

Di era digital ini, para desainer juga harus mampu mengembangkan diri dan memanfaatkan teknologi modern untuk mengolah keunggulan material dan craftsmanship Indonesia agar menghasilkan furniture dengan desain modern namun berkarakter tradisional. Tantangan memadukan craft dan teknologi terbaru harus mampu diatasi agar desainer furniture Indonesia tetap eksis dan mampu bersaing di era globalisasi.

3. Dukungan Pemerintah agar Desain Modern Furniture Indonesia Mampu Bersaing di Kancah Internasional

“Pemerintah berupaya untuk mengurangi berbagai hambatan yang selama ini dihadapi pelaku usaha mebel nasional dalam proses produksi, pemasaran, maupun ekspor,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menghadiri Global Manufacturing and Industrialisation Summit (GMIS) 2017 di Abu Dhabi.

“Bahan baku dan kemampuan desainer yang bisa memenuhi permintaan negara tujuan akan membuat produk banyak diminati buyers dari berbagai negara,” kata Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X saat meluncurkan Jogjakarta International Furniture and Craft Fair Indonesia (JIFFINA) di Hotel Ambarukmo, Yogya, Selasa, 27 Desember 2017.

Masih di tahun 2017, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia menegaskan bahwa industri kreatif, khususnya di bidang furniture, memiliki potensi yang besar untuk tumbuh dan berkembang karena didukung sumber bahan baku melimpah dan perajin yang terampil.

Asosiasi Mebel dan Kerajinan Rotan Indonesia (AMKRI) juga telah mencetuskan harapan tersedianya fasilitas penunjang untuk melakukan kegiatan pengembangan desain (Design Center) dan produk inovatif, sekaligus perlindungan desain Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI) di wilayah-wilayah basis industri sebagai syarat terjadinya kemandirian dalam hal desain yang dikelola secara komprehensif dan berkesinambungan. Hal ini mutlak diperlukan sebagai syarat utama terbentuknya kemampuan daya saing industri yang ditopang oleh kualitas desain produk yang layak pasar.

READ  Panduan Memilih Matras yang Baik Untuk Kesehatan

Berbagai pameran untuk mendukung pengenalan dan pemasaran furniture Indonesia secara teratur diselenggarakan di dalam dan luar negeri. Indonesia Furniture Expo, Ambiente Messe Frankfurt, Salone del Mobile Milan, Asian Star, Asia Talents bisa menjadi ajang awal berkecimpungnya furniture Indonesia secara global.

4. Inovasi Tak Berkesudahan agar Desain Modern Furniture Tetap Eksis

Bukan sekadar ornamen atau dekorasi, bukan pula tentang membuat gambar atau tarikan garis semata. Desain adalah tentang menyelesaikan masalah. Cara hidup dan cara menyelesaikan masalah. Agar desain modern furniture Indonesia tetap eksis dan mampu bersaing di kancah internasional. Para desainer Indonesia harus percaya diri terhadap kualitas, potensi inovasi autentik berbasis budaya, dan bangga memakai produk dalam negeri.

Memasuki pasar global memang tahap yang sulit, seperti anak ayam keluar dari cangkang telurnya. Namun, bertahan hidup di luar cangkang pun harus melalui serangkaian tahap dan proses pembelajaran berkesinambungan. Banyak hal kompleks yang harus diselesaikan, apalagi bila bisnis terus berkembang dan volume pesanan bertambah. Perekrutan pekerja, pengaturan keuangan, pengadaan barang, distribusi, hingga gaji karyawan, dan layanan pelanggan harus terus ditangani dengan kinerja yang baik dan sesuai dengan konsep awal. Memajukan produk dalam negeri berbasis kebudayaan Indonesia. Satu hal yang harus diingat, mempertahankan dan meningkatkan mutu serta melindungi hasil karya dengan membuat hak cipta sangatlah penting. Hak cipta atas desain orisinil, selain sebagai perlindungan dan penghargaan atas karya seseorang, juga menjadi pemacu terciptanya karya-karya orisinil lainnya.

Memang awalnya sulit menembus pasar internasional, seperti berlomba renang dengan para perenang yang pernah meraih medali olimpiade. Namun, justru inilah kesempatan untuk mengukur kemampuan diri. Prinsip learning by doing dapat diterapkan. Beranikan dan yakinkan diri, sejajarkan dengan desain yang sudah lebih dulu memasuki kancah internasional. Pada akhirnya, desain modern furniture Indonesia akan mampu memenangkan persaingan dan menjadi juaranya.

READ  Tips dan Trik Merawat Lantai Rumah Sesuai Material