29
Jun

Emak-Emak juga Wajib Tahu – Ini Cara Perbaiki Kran Rumah Yang Bocor Akibat Dol

Emak-Emak juga Wajib Tahu – Ini Cara Perbaiki Kran Rumah Yang Bocor Akibat Dol

Pertolongan Pertama Saat Menemukan Kebocoran Air di Dapur - Lifestyle  Fimela.com

Cara Perbaiki Kran Rumah Yang Bocor Akibat Dol – Masalah kran bocor kerap kali dialami oleh para Ibu Rumah Tangga di rumah. Ketika seseorang tidak paham dan tidak mengerti cara mengatasi masalah ini, maka yang terjadi mungkin akan emosi dan akhirnya menghambat pekerjaan rumah. Tetapi hal ini tidak akan terjadi lagi apabila sudah membaca penjelasan yang akan kami sampaikan ini. Yaitu cara memperbaiki kran yang bocor. Yuk kita simak bersama ya.

1. Persiapan

Pertama-tama, sebelum melakukan cara memperbaiki kran air yang dol adalah dengan mempersiapkan hal-hal yang diperlukan.

Berikut yang perlu kamu siapkan:

  • Pastikan pompa air telah mati
  • Siapkan kunci pas yang bisa diatur, obeng, dan gunting
  • Siapkan karet ban dalam

2. Buka Kepala Keran

Setelah memastikan pompa air benar-benar mati, kamu bisa mulai melepas kepala keran dari pipa air yang terhubung. Lepas kepala keran perlahan-lahan untuk menghindari kerusakan pada bagian pipa airnya. Kalau kepala keran sudah lepas, gunakan kunci pas untuk membuka bagian kepala kerannya. Kamu bisa membuka kepala kran dengan cara memutarnya menggunakan kunci pas.

3. Perhatikan Bagian dalam Kepala Keran

Setiap jenis kepala keran memiliki bentuk yang berbeda, tapi bagian dalamnya kurang lebih sama. Pun untuk penyebab kran dol, penyebabnya juga relatif sama, yaitu komponen bagian dalamnya terkikis. Buka masing-masing komponen pada bagian dalam kran dan perhatikan apakah benar ada yang terkikis atau tidak.

Baca Juga :

Cozy Abis! Inspirasi Desain Rooftop Rumah Kekinian

Inspirasi Kamar Mandi Mewah dengan Batu Alam

4. Gunting Karet Ban

Ambil karet ban yang telah disiapkan, lalu gunting membentuk seperti cincin dengan bolongan di bagian tengahnya. Pastikan ukuran potongan karet ban ini sesuai dengan komponen lingkaran pada bagian dalam kepala keran atau setidaknya sesuai dengan lingkaran keran.

READ  Cara Merawat Pagar Kayu Rumah

5. Pasang Karet Ban

Setelah potongan karet ban siap, tempatkan pada bagian dalam keran lalu tutup dengan karet pelindung kepala kerannya. Usahakan karet pengaman tersebut benar-benar melekat rapat dan bisa menahan komponen pada bagian dalamnya.

6. Pasang Kembali Kepala Keran

Kalau karet pelindungnya sudah terpasang, pasang kembali bagian kepala keran menggunakan kunci pas. Saat memasang bagian tersebut, usahakan jangan terlalu kuat agar kepala keran mudah untuk membuka kembali nanti. Lalu pasang kepala keran pada pipa air dan cek apakah keran tersebut sudah berfungsi dengan benar atau masih belum.

Nah, mudah kan..Bagi Emak-Emak tidak perlu khawatir lagi ya. Sekarang kalo kran rumah mengalami kebocoran sudah tidak khawatir lagi tentunya dan tidak merepotkan orang lain, karena bisa memperbaikinya sendiri. Semoga bermanfaat ya.

Selanjutnya apabila Anda berencana untuk membangun rumah atau renovasi bisa hubungi kami (Kontraktor Jogja). Kami akan dengan senang hati memberikan pelayanan terbaik dan FREE konsultasi 24jam.

Baca Artikel Selanjutnya:

BAKAL NYESEL Kalo Kamu Nggak Lihat Ide Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Ini

Mending Pilih Dirumah Daripada Keluar Piknik! Kok Bisa? Nih Desain Taman Rumah Yang Bikin Kamu Betah