26
Okt

Elemen Penting untuk Desain Carport yang Aman dan Nyaman

Elemen Penting untuk Desain Carport yang Aman dan Nyaman

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorCarport merupakan tempat meletakkan kendaraan, seperti mobil, motor, atau sepeda agar terlindungi dari panas dan hujan. Garasi cukup memiliki dinding penuh di keempat sisinya, sementara carport cukup memiliki dua sisi rangkaian dinding baik dengan maupun tanpa atap. Carport juga bisa difungsikan sebagai tempat meletakkan kendaraan sementara sebelum dimasukkan ke garasi atau digunakan jika Anda memiliki jumlah kendaraan yang melebihi kapasitas garasi. Sedangkan untuk rumah dengan desain minimalis, kehadiran carport minimalis seringkali difungsikan sebagai garasi karena keterbatasan lahan. Biasanya, carport minimalis dibangun semi tertutup dengan atap beserta dinding di sisi kanan dan kiri. Hal ini agar carport dapat digunakan untuk meletakkan kendaraan dengan aman. Meskipun minimalis, pembuatan carport perlu memperhatikan beberapa hal, termasuk desain yang selaras antara bangunan dengan lingkungan di luar bangunan. Berikut ini elemen penting untuk desain carport yang aman dan nyaman

Ukuran dan Posisi Carport

7 Elemen Penting untuk Desain Carport yang Aman dan Nyaman

Pastikan posisi carport tidak sejajar dengan posisi pintu masuk rumah Anda. Bila sejajar, hal ini akan menyulitkan Anda untuk keluar masuk rumah karena jalan masuk terhalang oleh mobil yang terparkir. Sementara untuk ukuran, idealnya carport memiliki luas sekitar 3 m x 5 m untuk satu mobil.

Atap Carport

7 Elemen Penting untuk Desain Carport yang Aman dan Nyaman

Pilihan material untuk atap carport ada beragam. Anda bisa memilih atap genteng yang tertutup bila ingin melindungi mobil dari sorotan sinar matahari secara maksimal. Anda juga bisa menggunakan material polikarbonat maupun kaca tebal yang masih bisa ditembus cahaya matahari namun cukup mereduksi kekuatan sinarnya. Alternatifnya, kaca atau polikarbonat dapat dipakai sebagai penutup carport yang dibuat dengan model pergola. Salah satu poin penting ketika memilih material atap carport adalah ketebalan material, karena bila terlalu tips atap akan berisik ketika diterpa air hujan dan risiko atap cepat rusak pun lebih tinggi.

READ  Desain Sekat Ruangan Kreatif

Kemiringan Atap Carport

7 Elemen Penting untuk Desain Carport yang Aman dan Nyaman

Unsur dari atap carport ini juga tak kalah penting untuk diperhatikan mengingat tren carport yang menggunakan atap rata. Kemiringan atap, khususnya untuk material polikarbonat atau kaca dibutuhkan untuk mengalirkan air hujan dari atap agar tidak ada genangan air yang menetap. Bila ada genangan, maka atap carport lama-kelaman bisa tergerus bahkan jebol karena tidak sanggup menampung berat air. Apabila memang berencana membangun carport dengan atap yang tampak rata, pastikan atap dibuat dengan kemiringan sekitar 1 hingga 2 derajat untuk mengalirkan air hujan.

Lantai

7 Elemen Penting untuk Desain Carport yang Aman dan Nyaman

Lantai carport perlu dipilih dengan seksama karena area ini akan menopang beban mobil dan harus siap diterpa sinar matahari, hujan, hingga air bekas mencuci mobil. Material yang disarankan untuk dipilih antara lain semen cor, batu alam dan paving block.

Dinding

7 Elemen Penting untuk Desain Carport yang Aman dan Nyaman

Dinding area carport termasuk pada area dinding luar rumah. Karena itu, sebaiknya area ini dilapisi cat eksterior yang memiliki daya tahan lebih dibanding cat interior. Cat eksterior mampu menahan terpaan sinar matahari maupun percikan air hujan lebih baik. Untuk perlindungan maksimal, Anda pun dapat menambahkan waterproofing pada dinding agar terhindar dari risiko dinding rembes dan tumbuh lumut atau jamur.

Rak Penyimpanan

7 Elemen Penting untuk Desain Carport yang Aman dan Nyaman

Biasanya, area carport bukan cuma dimanfaatkan sebagai tempat memarkirkan mobil. Kegiatan mencuci mobil hingga mengecek mesin juga dilakukan di sini. Seringkali barang-barang seperti sabun pencuci mobil, selang, oli, dan alat servis mobil lainnya berceceran di area ini. Karena itu, rak penyimpanan juga perlu disediakan pada carport. Pilih desain rak terbuka untuk memudahkan Anda mengambil kebutuhan di carport. Material besi juga disarankan untuk rak yang tahan lama dan awet, karena benda-benda yang akan disimpan di rak ini tergolong benda berat dan rentan kotor.

READ  Cara Agar Menjadi Rumah Adem

Perangkat Keamanan

Untuk keamanan carport, tambahkan elemen seperti kamera pengawas atau kamera CCTV. Pasang kamera CCTV di area yang tersembunyi namun memiliki sudut pandang yang luas. Dengan begitu situasi dan kondisi di carport bisa terpantau dengan baik untuk menghindari tamu yang tak diundang.