17
Mei

Elemen Desain Yang Paling Penting

Elemen Desain Yang Paling Penting

Elemen Desain Yang Paling Penting – Dekorasi pada rumah sangat penting untuk membuat suasana rumah menjadi nyaman ketika dihuni. Desain rumah tentunya menjadi elemen utama untuk menciptakan rumah yang diimpikan. Sebaiknya, sebelum membuat desain rumah anda harus merencanakan desain yang sesuai dengan keinginan.

Elemen Desain Ruang

Elemen Desain Ruang

Elemen desain pertama berupa ruang yang diartikan tempat kosong di sebuah ruangan untuk dipergunakan. Menurut dimensinya, ruang dibagi menjadi dua bagian yakni 2 dimensi berupa bidang lantai, dinding, dan langit-langit atau bidang suatu obyek di dalam ruangan seperti panel partisi. Sementara itu, ruang 3 dimensi meliputi keseluruhan ruangan yang ada di rumah.

Selain itu, ruang pun dibagi menurut keterisiannya seperti ruang positif yang akan diisi perabotan atau elemen dekor ruangan lain dan ruang negatif yang sengaja dikosongkan.

Elemen Desain Garis

Elemen Desain Garis

Selain itu, ada pula elemen desain berupa garis berbentuk bidang tipis memanjang dengan arah diagonal, vertikal, horizontal, kurva bahkan garis lengkung. Di sini, elemen garis berperan sebagai pembatas di dalam ruangan misalnya untuk penempatan tangga rumah atau dekorasi.

Elemen Desain Bentuk dan Massa

Elemen Desain Bentuk dan Massa

Elemen desain bentuk dan masa berkaitan erat sebagai wujud interior dan massa terkait kepadatan desain interior. Pemilihan dan pengaturan kedua elemen desain ini perlu dilakukan dengan cermat karena hasilnya akan menentukan sisi estetik pada desain tata ruang.

Untuk elemen desain bentuk, wujudnya bisa ditunjukan melalui penempatan jam dinding bentuk lingkaran atau permadani berbentuk persegi panjang. Sementara itu, elemen desain massa contohnya pada berbagai alternatif material dekorasi di dalam ruangan.

Elemen Desain Pencahayaan

Elemen Desain Pencahayaan

Elemen desain pencahayaan berpengaruh pada hasil akhir dan berhubungan dengan elemen desain interior lain seperti warna, tekstur dan pola. Elemen desain ini terbagi dua seperti pencahayaan alami yang mengandung unsur natural seperti matahari seperti membuat banyak bukaan ventilasi.

Sementara itu, pencahaan buatan terbagi menurut fungsinya seperti task lighting dengan penempatan dekorasi seperti lampu kerja, accent lighting yang dilakukan dengan menambahkan lampu untuk memperkuat aksen dekorasi, serta mood lighting untuk menciptakan suasana tertentu di ruangan.

Elemen Desain Warna

Elemen Desain Warna

Elemen desain warna berpengaruh pada penciptaan mood di ruangan. Di sini, kamu bisa memilih warna berdasarkan psikologi seperti warna merah di ruang makan untuk meningkatkan selera makan atau warna hijau di kamar tidur utama untuk menciptakan suasana tenang.

Elemen Desain Teksur

Elemen Desain Teksur

Elemen desain lainnya adalah tekstur yang berkaitan dengan permukaan untuk memberikan ciri khas tersendiri. Tekstur dalam elemen desain akan menambah kedalaman ruangan menjadi lebih hidup, terbagi dalam dua jenis yakni tekstur visual yang terlihat secara kasat mata dan tekstur aktual yang terlihat dan terasa misalnya benda-benda dekorasi dan perabotan rumah seperti bantal dan kursi.

Elemen Desain Pola

Elemen Desain Pola

Terakhir adalah elemen desain pola yang bisa menambah minat pada interior jika dikombinasikan pada warna. Pola memberikan kesan tersendiri pada ruangan dengan unsur kontinuitas, bentuknya sangat beragam namun umumnya berdesain berulang. Di sini, tentunya kamu bisa memilih pola yang sesuai dengan konsep ruangan secara keseluruhan.

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666