08
Des

DIY Dekorasi Kamar dari Kertas Sederhana yang Lucu dan Gemas

DIY Dekorasi Kamar dari Kertas Sederhana yang Lucu dan Gemas

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorKertas merupakan salah satu benda yang nggak bisa lepas di kehidupan kita. Nulis, pake kertas, bungkus makanan pake kertas, sampai mainan pun batu gunting kertas. Tapi, tau nggak sih kalau kertas ternyata bisa jadi sebuah kreasi dekorasi yang unik dan menarik. Belum lagi, bakal bikin suasana kamar berasa kayak di Jepang yang dikenal dengan kertas origaminya. Bukan sekedar origami, tapi kertas bisa menjadi wallpaper dinding 3D yang lucu banget. DIY dekorasi kamar dari kertas sederhana yang sangat lucu dan gemas wajib kalian coba.

Hiasan Dinding Kamar dengan Tema Kupu–kupu

DIY Dekorasi Kamar

Jika dulu kamu hanya bisa melihat kupu–kupu ketika main ke taman kota atau ke kebun, sekarang saatnya kamu bisa menciptakan sendiri kupu–kupu yang bisa kamu pandangi dan nikmati setiap saat kamu memasuki kamar. Dinding putih polos dalam kamar akan membuat kamu mudah merasa jenuh. Maka dari itu, tempatkan hiasan kupu–kupu di dinding kamarmu agar bisa mengusir jenuh yang selalu kamu rasakan.

Cara membuat DIY dekorasi kamar bentuk kupu–kupu dari kertas ini cukup mudah. Kamu hanya butuh kertas karton atau kertas asturo yang cukup tebal dan double tip untuk merekatkan. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat pola gambar kupu–kupu di atas kertas karton dan lipat gambar sesuai dengan pola. Ambil lem atau double tip dan pada salah satu sisinya.

Setelah jadi, pasanglah hasil karya kamu pada dinding kamarmu sesuai dengan posisi yang kamu inginkan. Untuk hasil yang lebih menarik, kamu bisa mengkombinasikan beberapa warna. Kamu bisa menggunakan warna yang kontras dengan warna cat dinding kamarmu.

READ  Cara Membuat Vertical Garden dari Botol Bekas

Hiasan Dinding Kamar dengan Bentuk Kipas Kertas

DIY Dekorasi Kamar

Kamu tidak harus menggunakan kertas origami yang baru. Majalah atau koran yang sudah terbaca atau edisi lama bisa kamu manfaatkan untuk berkreasi membuat hiasan. Selain itu, kamu bisa menghemat tempat penyimpanan rak buku dari pada membiarkan majalah atau koran yang tidak terbaca lagi menumpuk tanpa pernah kamu sentuh lagi.

Cara membuatnya DIY dekorasi kamar bentuk kipas melingkar, buatlah kertas membentuk lipatan–lipatan kecil membentuk kipas. Buatlah hingga membentuk lingkaran lalu renggangkan antar lipatan namun jangan terlalu renggang. Kemudian pasang di tembok kamarmu menggunakan paku kecil. Kamu bisa membuat beberapa ukuran yang berbeda supaya dekorasi bisa tampak lebih artistik.

Kaktus Warna-Warni dari Kertas

Hiasan dari Kertas

Meskipun sedikit lebih kompleks, tapi hiasan DIY dekorasi kamar kaktus warna-warni dari kertas bisa kamu buat sendiri. Kamu hanya perlu bahan seperti kertas buffalo atau kertas karton, gunting, lem tembak, batu, pot bunga, busa/spons, alat mewarnai (bisa cat warna atau crayon), kuas warna, dan double tip.

Langkah-langkah untuk membuatnya, kamu bisa ikuti petunjuk berikut ini:

  • Buat beberapa sketsa kaktus pada kertas kemudian gunting
  • Cat pot polos pewarna cair, tunggu hingga cat benar-benar kering.
  • Sambil menunggu pot kering, tempelkan beberapa potongan kertas kaktus yang  kamu buat, gunakan double tip.
  • Tempelkan potongan kertas kaktus pada spon menggunakan lem tembak.
  • Setelah cat pot kering, masukkan kertas kaktus yang telah ditempelkan pada spon ke dalam pot dan masukkan beberapa batu kerikil.
  • Bunga kaktus kertas sudah jadi dan siap diletakkan di atas meja atau posisi lain yang strategis di kamarmu.

Membuat Dekorasi Kertas Motif Heksagon

Dekorasi Kamar dari Kertas

DIY dekorasi kamar motif heksagon merupakan motif bangun datar segienam beraturan. Kamu bisa membuat dengan menggunakan beberapa kertas origami atau kertas lainnya. Pilihlah setidaknya 3 warna dan tekstur kertas yang berbeda.

READ  Keunggulan Bata Ringan

Setiap warna kertas, kamu buat dan potong menjadi segienam beraturan dengan panjang sisinya 4 cm. Langkah selanjutnya kamu tempelkan kertas dengan lem atau double tip ke dinding dengan susunan yang unik dan simetris, berselingan antara ketiga warna.

Hiasan Kamar 3D Bentuk Hati dari Kertas Origami

Dekorasi Kamar dari Origami

DIY dekorasi kamar berupa 3 dimensi saat ini tak lagi butuh biaya yang mahal. Yang perlu kamu lakukan adalah berkreasi sendiri. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa kertas origami yang agak besar dengan warna sesuai pilihan. Siapkan juga gunting kertas dan lem untuk perekat. Yang harus kamu lakukan hanyalah memotong dan melipat kemudian menempel hiasan 3D tersebut di dinding.

Hiasan 3 dimensi untuk kamar yang paling mudah dibuat adalah bentuk hati. Pertama, kamu harus menggambar pola hati di atas kertas. Ketika menggambar pastikan bahwa pangkal gambar hatinya tidak terlalu lancip, serta sisi samping kertas harus lebar. Setelah itu, jepit bagian pangkal hati untuk menimbulkan kesan 3 dimensi dan tempelkan menggunakan lem pada dinding kamar.

Hiasan Gantung 3D Burung Camar dari Kertas Origami

Hiasan Kamar

DIY dekorasi kamar berbentuk burung camar sangat mudah dibuat dengan kertas origami. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa kertas origami warna-warni. Langkah-langkah untuk membuatnya adalah :

  • Buatlah origami menjadi berbentuk segitiga dengan sisi yang berwarna berada di dalam lipatan
  • Tarik satu sisi kertas dan lipat ke bagian bawah kemudian tarik ujung atas dan lipat ke belakang
  • Lipat terbalik bagian luar origami dan tarik lagi bagian bawah kertas ke depan dan belakang
  • Tarik ke bawah bagian atas kertas dan buat bentuk kepala burung dengan teknik lipatan ke dalam
  • Bagian kiri lipat ke dalam lalu buat bagian ekornya dengan teknik lipatan keluar
  • Setelah burung camar selesai dibuat, siapkan benang dan jarum untuk menggantung hiasan burung camar buatanmu di area dinding kamarmu.
READ  6 Cara Menghadirkan Sentuhan Rumah Bergaya Jepang

Membuat Bingkai Foto dari Kertas Karton

Paper Photo Frame

DIY dekorasi kamar yang menampilkan hiasan frame atau bingkai foto merupakan seni kerajinan terapan. Bukan hanya sebagai hiasan saja, namun bisa digunakan untuk memajang foto. Membuat bingkai foto dengan kertas karton cukup mudah. Kamu hanya membutuhkan bahan dan alat seperti kertas karton tebal, kertas linen, mika, lem, pensil, karet penghapus, penggaris, cutter, dan gunting.

Adapun langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk membuat bingkai foto ini adalah :

  • a. Buatlah pola terlebih dahulu menggunakan penggaris dan pensil. Ukuran disesuaikan dengan foto yang akan dipajang dalam bingkai.
  • b. Potonglah kertas karton sesuai pola menggunakan cutter.
  • c. Lapisilah karton dengan kertas linen, atau dengan kertas yang bertekstur bagus lainnya seperti kertas kado..
  • d. Berilah satu sisi bingkai dengan mika bening, rekatkan menggunakan lem kertas yang berdaya rekat baik. Mika bening direkatkan dari arah terbalik.
  • e. Rekatkan kedua belah sisi bingkai dengan lem kertas.
  • f. Jika diperlukan, kamu bisa membuat hiasan bingkai foto.
  • g. Pasanglah penahan pada sisi belakang bingkai.
  • h. Masukkan foto ke dalam bingkai dan letakkan di atas meja.