20
Feb

Desain Rumah Ramah Lansia Yang Perlu Kalian Coba, Simak 6 Tips Ini

Desain Rumah Ramah Lansia Yang Perlu Kalian Coba, Simak 6 Tips Ini

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Selama ini banyak yang menata rumah sedemikian rupa agar aman untuk anak-anak. Tapi, bila Anda tinggal dengan orang tua yang sudah berusia lanjut, Anda juga perlu sedikit berbenah. Lansia atau para orang tua lanjut usia tentu membutuhkan penataan rumah tersendiri. Lingkungan tempat tinggal lansia harus didukung pengaman dan desain interior yang khusus agar mereka lebih mudah beraktivitas. Selain itu penataan berupa pemilihan warna ruang, pencahayaan, hingga furnitur pun perlu diperhatikan. Berikut ini desain rumah ramah lansia, yuk simak 6 tips ini.

Penataan Kamar pada Desain Interior Rumah Anda

Hasil gambar untuk Penataan Kamar pada Desain Interior Rumah AndaRuangan pertama yang bisa Anda perhatikan adalah tata letak kamar di dalam rumah. Agar ruang kamar tidur menjadi tempat yang aman untuk orang tua lanjut usia, Anda sebaiknya meletakkan ruang kamar di area yang mudah diawasi di dalam rumah Anda. Perlu Anda ingat saat mendesain rumah, janga meletakkan kamar orang tua lanjut usia di lantai atas. Penataan letak kamar tersebut akan membuat sulit para lansia saat ingin mencapai kamar dan Anda pun akan lebih sulit unutk memanntau maupun menjaga orang lanjut usia yang tinggal di rumah Anda. Bila memungkinkan, Anda sebaiknya mendesain ruang kamar tidur untuk lansia dengan ruangan yang memiliki jendela atau sirkulasi udara yang baik. Dengan adanya sistem udara yang baik pada suatu ruangan, suasan kamar Anda pun akan terasa lebih segar dan orang tua lanjut usia yang ada di rumah Anda merasa lebih sehat dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Pasang Pegangan di beberapa Tempat Desain Interior Rumah

Hasil gambar untuk Pasang Pegangan di beberapa Tempat Desain Interior RumahHal lain yang bisa mempermudah orang tua lanjut usia di dalam rumah adalah adanya pegangan yang dipasang di beberapa tempat. Meski dipasang pegangan, desain interior rumah Anda tidak akan menjadi berantakan karena kehadiran pengangan tersebut. Anda bisa meminta bantuan jasa desain interior untuk memasang pegangan-pegangan khusu di tempat tertentu dengan tepat tanpa merusak desain interior rumah Anda. Misalkan saja, jika Anda ingin memasang pegangan, Anda bisa meletakkannya di area kamar mandi.  Dari banyaknya ruangan di dalam desain interior rumah Anda, area kamar mandi dikenal sebagai area yang memiliki risiko kecelakaan tinggi. Kamar mandi yang didesain dengan memiliki perbedaan pada tinggi lantainya. Area lain di dalam rumah Anda yang juga memiliki risiko terpeleset misalnya sasja teras, garasi, juga dapur. Pegangan khusus ini bisa Anda cari di toko furnitur atau saat mendesain rumah Anda bisa meminta kepada jasa desain interior untuk mendesainnya khusus rumah Anda.

READ  5 Cara Ampuh Membasmi Kecoa Supaya Tak Datang Lagi

Desain Interior Rumah dengan Pencahayaan yang Tepat

Hasil gambar untuk Desain Interior Rumah dengan Pencahayaan yang TepatKetika Anda memutuskan untuk mendesain interior rumah, Anda harus memperhatikan sistem pencahayaan yang bisa masuk ke dalam rumah Anda. Dengan memaksimalkan cahaya alami, suasana rumah Anda akan lebih sehat. Selain pencahayaan alami, pemilihan lampu juga bisa mempengaruhi susasan di dalam rumah Anda. Saat memilih lampu untuk ruangan di rumah Anda, pilih lampu yang memiliki cahaya cerah dan menghindari pencahayaan berbagai warna. Perbedaanwarna cahaya pada lampu bisa menyebabkan area di dalam ruangan menjadi berbayang dan itu akan berdampak pada orang lanjut usia yang tinggal di rumah Anda. Lampu yang memiliki cahaya tersebut akan menyulitkan penglihatan orang tua lanjut usia di rumah Anda. Perhatikan juga jenis lampu yang akan Anda pilih. Jasa desain interior menyarankan untuk memilih jenis lampu yang nyaman di mata. Dan mereka akan menyesuaikan ukuran watt lampu dengan luas ruangan dan pilih lampu LED.

Desain Interior Rumah yang Perhatikan Keamanan Lantai

Apakah Anda ingin memasang karpet pada rumah Anda? Jika ya, Anda perlu memikirkan kembali untuk memasangnya. Sebaiknya menghindari penggunaan karpet di dalam rumah karena karpet memiliki risiko yang bisa membuat orang tua lanjut usia tersandung saat melewatinya. Selain tidak memasukkan karpet sebagai pelengkap desain interior rumah, Anda perlu menghindari desain interior dengan lantai yang didesain memiliki perbedaan ketinggian karena desain lantai tersebut akan sangat menyulitkan para lansia dalam bergerak dan melakukan aktivitasnya. Jangan lupa untuk selalu memastikan permukaan lantai didesain rata dan tidak licin. Salah satu cara yang bisa Anda terapkan saat mendesain lantai rumah Anda adalah memilih lantai dengan finishing matte. Untuk kamar mandi yang tidak bisa terhindari menjadi area basah, Anda bisa melengkapinya dengan pengaman lantai. Para lansi tetap bisa melakukan aktivitas sendiri.

READ  Inspirasi Desain Ruang Keluarga Modern dan Masa Kini

Pemilihan Furnitur Sebagai Pelengkap Desain Interior Rumah

Hasil gambar untuk Pemilihan Furnitur Sebagai Pelengkap Desain Interior RumahFurnitur menjadi pelengkap interior rumah yang membuat semakin indah dan menarik, tetapi ketika Anda berbicara mengenai lansia. sebaiknya perhatikan kembali pemilihan furniturnya. Pilih furnitur dengan ukuran tinggi mudah dijangkau oleh orang tua lanjut usia. Dengan begitu, para lansia akan lebih mudah melakukan sesuatu yang berhubungan dengan furnitur. Untuk sofa ruang tamu ataupun tempat duduk di ruangan lain. Pilihlah sofa yang berbahan tidak terlalu keras juga tidak terlalu lembut desainnya karena bisa menyebabkan orang tua lanjut usia sakit pinggang. Bila ada furnitur di dalam rumah Anda yang memiliki sudut dan bagian yang tajam, tutup sudut tajam tersebut dengan pelindung khusus, jika perlu Anda modifikasikan furnitur tersebut agar ujunganya menjadi tumpul.

Pilihan Warna pada Desain Interior Rumah

Warna yang Anda pilih sangat mempengaruhi tampilan keseluruhan desain interior rumah Anda, jadi pilih warna dinding yang nyaman dipandang mata Anda dan orang tua lanjut usia yang tinggal di rumah Anda. Pilihan warna yang tepat seperti warna hijau, biru, maupu ungu lavender yang segar bisa memberikan suasana tenang dan nyaman bagi orang tua lanjut usia di rumah. Untuk mengubah suasana rumah menjadi ceria, Anda tidak ada salahnya memilih warna-warna terang seperti oranye. Pemilihan warna ini bisa meningkatkan semangat seluruh penghuni rumah