15
Mei

Desain Ruang Belajar Yang Edukatif

Desain Ruang Belajar Yang Edukatif

Desain Ruang Belajar Yang Edukatif – Pada masa pertumbuhan, anak – anak sangat mudah menyerap dan mempelajari hal baru. Maka dari itu, anda sebagai orang tua harus mengerti apa saja kebutuhan anak dan passion dari anak. Jika anda mengalami masalah anak tidak mau belajar, anda dapat mencobanya dengan mendesain ruang belajar atau kamar tidur mereka.

1. Ciptakan Ruang Belajar yang Kolaboratif

Untuk anak-anak, aktivitas belajar akan lebih menyenangkan dan tidak terasa sulit jika dilakukan bersama-sama. Maka dari itu, akan lebih baik jika ruang belajar di rumah bisa mengakomodasi beberapa orang. Dengan begitu, mereka bisa berkreasi bersama dengan saudara mereka atau pun mengerjakan pekerjaan rumah bersama dengan teman yang lain. Orang tua juga bisa ikut berkolaborasi dengan mereka di ruang belajar ini.

2. Pilih Furnitur dan Alat Peraga yang Atraktif

Agar desain ruang belajar bisa menarik perhatian si kecil, kamu bisa memilih furnitur dengan desain yang berbeda, misalnya satu set meja belajar berbentuk kuda nil ini, si kecil pasti betah menulis dan menggambar di sana. Dalam penataannya di ruang belajar, meja belajar bisa ditempatkan di dekat jendela. Cahaya yang cukup dari lampu belajar dan jendela, serta udara segar bisa membantu menstimulasi kreativitas mereka.

Ruang belajar yang edukatif adalah ruang belajar yang diisi dengan mainan dan alat peraga yang dapat membantu perkembangan otak si kecil. Sediakan alat peraga atraktif di ruang belajar, seperti sempoa, sebuah papan tulis, buku-buku, dan segala hal yang bisa membuat orang tua terlibat dalam proses belajar mereka.

3. Percantik Ruang Belajar Dengan Dekorasi Dinding yang Kreatif

Dinding sebagai latar sangat mempengaruhi pensuanaan ruang belajar, pilihan warna cat rumah dan dekor dinding yang dipilih harus bisa membangkitkan semangat belajar dan inspirasi anak-anakmu. Ajak mereka memilih warna cat dan membuat hiasan dinding  bersama-sama, jadikan dinding ruang belajar sebagai kanvas untuk anak-anakmu berkreasi.

4. Sediakan Rak Sebagai Area Penyimpanan

Mendesain ruang belajar yang edukatif sama halnya dengan mengajarkan anak-anakmu untuk merapikan dan merawat barang-barang milik mereka. Agar ruang belajar tertata dengan rapi, tempatkan rak buku untuk menyimpan buku-buku dan peralatan belajar mereka. Libatkan mereka dalam penataanya dengan mengelompokan buku dan barang-barang yang lain ke dalam boks-boks kotak penyimpanan.

5. Lengkapi dengan Meja Belajar Multifungsi

Meja belajar yang bisa berfungsi sebagai ruang penyimpanan sekaligus alat peraga bisa menjadi furnitur alternatif untuk sebuah ruang belajar yang edukatif.  Meja belajar ini juga awet digunakan sampai si kecil besar.

6. Tambahkan Aksesoris dan Benda-benda yang Mereka Sukai

Personalisasi ruang belajar dengan memajang barang-barang kesukaan si kecil. Agar mereka semakin merasa memiliki ruang belajar tersebut, pasang papan hias atau hiasan dinding yang bertuliskan nama mereka. Memasang quote penyemangat belajar dan mood board untuk menempel karya mereka juga membuat mereka semakin semangat berkarya.

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666