27
Okt

Desain Kebun Sayur Rumahan Yang Bisa Menginspirasi Anda Berkebun

Desain Kebun Sayur Rumahan Yang Bisa Menginspirasi Anda Berkebun

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Para ibu yang hobi memasak dalam rumah tentu mengidamkan kehadiran sebuah kebun sayur sendiri. Tujuannya sederhana, yaitu untuk mendapatkan sayur yang bebas dan pestisida dan tentunya menghemat uang belanja. Seperti yang sudah kita ketahui, sayur yang biasa membelinya di pasar kebanyakan mengandung pestisida. Pestisida ini bisa berbahaya bagi kesehatan orang yang mengonsumsinya.Nggak ada salahnya untuk mencoba dari sekarang, kamu bisa memulainya dari tanaman yang mudah seperti misalnya cabai, seledri, daun bawang, lobak, tomat, basil, timun, wortel, atau selada. Anda dapat desain kebun sayur rumahan sendiri yang bisa menginspirasi anda berkebun.

1. Planter Box untuk Kebun Sayur Indoor

Desain kebun sayur Kebun sayur rumahan

Untuk Anda yang demen dengan sayuran dan ingin membuat kebun sayur praktis indoor, inspirasi dari Rukan Garden House  ini bisa Anda gunakan. Untuk membuat ruangan kafe  Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara segar dan semarak dengan hijauan Arsitek Leo Einstein Franciscus memanfaatkan beberapa planter boxes. Bukan hanya sebagai kontainer media tanam, planter box juga mengunakan sebagai partisi ruangan. So, jika Anda ingin desain kebun sayur indoor kontemporer tropis plus industrial yang manis, coba inspirasi ini.

2. Desain Kebun Sayur Rumahan untuk Self-Sufficient House

Desain kebun sayur Kebun sayur rumahan

Rumah urban bukan berarti tidak bisa memenuhi kebutuhan sayurnya sendiri. Anda bisa melihat inspirasinya pada rumah pada kawasan BSD, Tangerang Selatan ini. Memiliki konsep self-sufficient house atau, secara harfiah, rumah mandiri. Rancangan Sigit.Kusumawijaya | Architect & Urbandesigner menggabungkan hunian dengan kebun sayur dan bunga. Seluas 225 meter persegi ini memiliki berbagai mode tanam, termasuk mode tanam vertikal dengan pot dan teralisnya yang ikonik.

READ  Ketahui Manfaat dari Mengecat Rumah

3. Kebun Sayur Rooftop 

Desain kebun sayur Kebun sayur rumahan

Anda bisa menggunakan atap rumah beton sebagai lahan kebun sayur mini. Ilustrasi pada contoh bisa Anda jadikan inspirasi untuk desain kebun sayur rumahan atas atap beton Anda. Desainnya sendiri dibuat oleh WISH Interior Architects, dengan mengedepankan konsep rooftop garden terbuka. Desain interior ini untuk sebuah kafe Pekanbaru. Namun Anda bisa pula menerapkan prinsipnya untuk kebun sayur minimalis dengan kombinasi berbagai bentuk planter box beton. Tambahkan bangku dan meja kayu, maka Anda mendapatkan kebun sayur yang nyaman untuk bersantai.

4. Kebun Sayur Rumahan untuk Lahan Sempit

Desain kebun sayur Kebun sayur rumahan

Anda juga bisa memiliki kebun sayur rumahan walau hanya memiliki lahan terbatas. Satu metode yang dapat Anda gunakan adalah kebun vertikal dengan memanfaatkan tembok atau membuat tralis pagar minimalis seperti yang merancang adalah Aaksen Studio untuk office Tulusmanagement Bandung ini. Desainnya industrial dan simpel, namun sangat efektif sebagai holder pot tanaman berbagai sayuran favorit Anda. Tertarik?

5. Plot Kebun Sayur Samping Kolam Renang untuk Suasana Lebih Segar

Desain kebun sayur Kebun sayur rumahan

Tambahkan suasana segar dengan berbagai tanaman edible pada lingkungan kolam renang Anda. Anda tidak hanya mendapatkan keindahan visual, namun juga tambahan suplay bahan sayuran segar dari kebun sayur samping kolam renang. Anda bisa mendapatkan inspirasi dari kolam renang kontemporer tropis rancangan Rudy Kelana & Gerard Tambunan ini. Pada ilustrasi, plot lahan di samping kolam penuh dengan tanaman hijau, namun Anda bisa memanfaatkannya sebagai plot lahan kebun sayur rumahan yang manis.