28
Nov

Desain Interior Kantor Modern Bikin Betah dan Produktif

Desain Interior Kantor Modern, Bikin Betah dan Produktif

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Desain interior kantor menjadi pertimbangan hampir bagi semua Owner (Pemilik) perusahaan, baik perusahaan skala Home Industri maupun Perseroan Terbatas kelas Internasional. Desain interior kantor memberikan banyak manfaat, dua diantaranya agar kantornya kelihatan menarik dan tidak kalah pentingnya biar karyawan yang bekerja tidak bosan atau betah. Tidak jarang desain interior kantor sering disepelekan oleh Owner, padahal desain interior kantor sangat memberi pengaruh penting bagi kenyamanan karyawan saat bekerja. Berikut ini desain interior kantor modern, bikin betah dan produktif.

1. Membuat area kerja terbuka dengan gaya yang kasual

Desain Interior Kantor Modern, Bikin Betah dan ProduktifRuang kantor pada umumnya memiliki sekat atau cubicle yang memang dibuat agar para karyawan bisa lebih fokus dalam mengerjakan pekerjaannya masing-masing. Namun, hal ini akan membuat karyawan akan lebih mudah jenuh ketika bekerja.

Lagi pula beberapa inovasi tren bekerja di kantor belakangan ini lebih banyak menojolkan sisi kebebasan dan kreativitas. Dari situlah meja kerja yang berat dan memenuhi ruang serta kaku, pajangan mainstream dan juga sekat atau cubicle yang membatasi sudah jarang digunakan lagi. Vira sarankan, pilihlah furniture bergaya kasual dan susun ruangan kantor dengan konsep terbuka yang nampak leluasa.

Dengan menghilangkan unsur sekat pada ruang kantor, tentu akan lebih mendekatkan jarak antara sesama karyawan juga antara atasan dan bawahan sehingga komunikasi bisa berjalan lebih efektif tanpa adanya kesan kaku dan juga senioritas. Konsep interior kantor modern yang terbuka ini juga akan membuat suasana kantor lebih terasa bebas dan tidak kaku sehingga diharapkan dapat membuat produktivitas kerja karyawan meningkat.

2. Mengoptimalkan pencahayaan alami di dalam ruang kantor modern

Desain Interior Kantor Modern, Bikin Betah dan ProduktifRuangan dengan jendela yang minim akan menyebabkan ruang kantor terasa pengap dan akan membuat siapapun yang berada di dalamnya merasa kurang nyaman. Pencahayaan alami bisa didapatkan dari jendela dengan bukaan yang luas dan dipasang di dalam ruangan bekerja.

READ  Mengenal Wallpaper Dinding 3D

Maka dari itu jendela merupakan elemen yang cukup penting untuk menciptakan interior kantor modern. Selain itu jendela juga sangat penting untuk pencahayaan dan sirkulasi udara. Ruangan dengan bukaan jendela yang banyak akan lebih menyehatkan. Tentunya sedikit jendela akan membuat orang yang berada di dalamnya hanya terpapar cahaya lampu artifisial saja dan lebih banyak menghabiskan waktu di ruangan ber AC.

Tentunya berada di ruangan ber AC terlalu lama tidak baik untuk kesehatan. Untuk itu jendela dengan sirkulasi yang baik bisa menghindarkan karyawan dari sakit kepala dan cepat lelah ketika sedang bekerja. Kantor modern minimalis banyak menggunakan lampu gantung dengan desain yang simple. Penggunaan lampu gantung akan menghasilkan interior kantor modern terasa lebih leluasa. Pilihlah lampu yang paling sesuai dengan konsep desain interior kantor sobat.

Lampu gantung juga membantu pencahayaan menjadi lebih baik didalam ruangan. Selain itu, penggunaan lampu gantung akan menghasilkan kesan lebih lega pada ruangan dan juga menciptakan langit-langit yang artistik.

3. Pemilihan warna pada ruangan yang menginspirasi

Desain Interior Kantor Modern, Bikin Betah dan ProduktifSeorang psikolog warna dari barat menyebutkan bahwa warna dapat memberikan efek pada prikologis dari seorang pekerja atau karyawan. Maka dari itu disarankan untuk menggunakan furniture berwarna cerah yang bisa menstimulus ide dan kecerdasan seseorang. Warna-warna yang bisa digunakan merupakan warna-warna cerah seperti biru yang membuat suasana tenang, kuning yang menampilkan kesan ceria serta hijau yang menciptakan unsur kreativitas.

Warna cerah juga mudah untuk dipadukan dengan berbagai pilihan warna yang lain. Pilihan warna cerah dapat menjadikan kesan lapang pada ruangan. Seperti misalnya warna pada dinding, gunakan warna yang sesuai dengan bisnis sobat sebagai identitas. Agar perpaduan warna lebih terlihat serasi, pastikan terlebih dahulu konsep apa yang akan sobat terapkan. Setelah itu aplikasikan perpaduan warnanya pada dinding atau pun perabot.

READ  Desain Ruang Kerja Kantor Minimalis dan Ergonomis

4. Tambah dekorasi yang kekinian dan unsur personal

Desain Interior Kantor Modern, Bikin Betah dan ProduktifDekorasi yang tepat nyatanya bisa memicu tingkat produktivitas karyawan lho sobat! Dengan menambahkan dekorasi pada dinding kantor seperti poster kanvas dengan quotes kekinian dan memotivasi. Sobat juga bisa melengkapi ruangan dengan pewangi aromaterapi pada spot tertentu. Aroma yang bisa sobat terapkan seperti lavender, kopi, dan kayu manis. Aroma-aroma tersebut dipercaya dapat mempertajam focus dan mengurangi stress.

Selain itu dekorasi sederhana seperti desain kantor modern dengan gaya abad pertengahan bisa sobat tiru sebagai contoh. Dekorasinya yang mempunyai konsep minimalis, garis-garis halus dan nuansa alami bisa menjadi rujukan lho.

Meski dekorasinya sederhana namun mampu menghasilkan kesan mewah. Sebab kalau menurut Vira sih, kemewahan yang sesungguhnya datang dari kesederhanaan. Agar membuat karyawan merasa betah berada di kantor maka berikanlah ruang untuk karyawan dapat menyimpan dan meletakan barang-barangnya secara personal.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang mahasiswa psikolog di Inggris membuktikan bahwa mempersonalisasi ruang kerja sesuai dengan kesukaan diri sendiri akan memberikan dampak positif pada kinerja karyawan. Dengan memberikan kebebasan untuk mendekorasi meja kerja sesuai dengan kesukaan diri sendiri tentu akan membuat karyawan merasa lebih nyaman dan dapat meningkatkan kinerja dari karyawan itu sendiri.

5. Memilih furniture yang ergonomis

Desain Interior Kantor Modern, Bikin Betah dan ProduktifKetika sobat akan menata interior ruang kantor modern, tentu ada beberapa furniture yang tidak bisa sobat abaikan begitu saja. Salah satu furniture yang paling penting ketika digunakan untuk bekerja adalah kursi dan meja ergonomis.

Furniture dalam kantor modern juga biasanya menggunakan tampilan yang ringan dan lebih bergaya. Sebagai contoh sobat bisa menerapkan desain industrial pada ruang kantor modern untuk mendorong produktivitas dan kerja sama antar rekan kerja terjalin.

READ  Batu Bata Merah

Gunakan juga unsur logam dengan kombinasi area hijau di tempat-tempat strategis yang dapat menjadikan desain kantor industrial menjadi menarik untuk diterapkan di interior kantor modern.

Kursi kerja diusahakan mampu menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu demi kenyamanan. Pilihlah meja dengan sentuhan gaya yang kreatif. Letakan meja ini pada tengah ruangan untuk dapat digunakan bersama oleh karyawan.

Gunakan kursi dan meja yang dapat menunjang kenyamanan dan keamanan ketika digunakan oleh karyawan. Jadi, tidak ada salahnya kan untuk berinvestasi dari sekarang dengan mengunakan furniture ergonomis.

6. Menciptakan ruangan terasa sangat nyaman

Desain Interior Kantor Modern, Bikin Betah dan ProduktifBuat ruangan senyaman mungkin dengan tambahan karpet yang lembut, dekorasi dinding yang atraktif, bean bag yang empuk, tirai jendela yang estetik dan beberapa dekorasi seperti tumbuhan.

Manfaatkan juga jendela sisi ruangan dengan sebaik mungkin. Jendela sisi pada umumnya digunakan pada kantor yang berada di gedung bertingkat tinggi. Selain membuat ruangan terlihat luas, suasana hati pekerja di dalamnya juga menjadi lebih baik karena dapat melihat pemandangan dari luar untuk menyegarkan mata.

Perhatikan juga suhu dalam ruangan. Pastikan suhu tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Usahakan untuk mendekati suhu normal ruangan agar dapat meningkatkan produktivitas. Kenyamanan ruangan sangat bergantung pada suhu didalamnya.