22
Okt

Desain Interior Berdasarkan MBTI: Edisi Introvert

Desain Interior Berdasarkan MBTI: Edisi Introvert

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Kalau kamu introvert, coba deh intip inspirasi desain interior rumah khusus jiwa-jiwa introvert yang satu ini. Myer Briggs Type Indicator (MBTI) adalah metode populer untuk mengetahui tipe kepribadian manusia, dominannya dibagi berdasarkan tipe introvert dan ekstrovert. Setiap orang memiliki kepribadaian masing-masing termasuk jiwa introvet yang tidak terlalu banyak berinteraksi dengan orang lain sehinga membutuhkan rumah yang senyaman mungkin. Berikut ini desain interior berdasarkan MBTI: Edisi introvert.

The Analyst, Logical, and Enterprising (INTJ dan INTP)

Desain Interior Berdasarkan MBTI: Edisi Introvert

Introvert yang berada dalam kategori the analyst adalah para introvert yang berpikir secara analitis dan rasional. Mereka ini memiliki kemampuan berpikir yang unggul, mengambil keputusan berdasarkan logika dibandingkan perasaan. Para analis adalah mereka yang memiliki keyakinan tinggi akan intelektual dan kemampuan mereka dalam menyelesaikan masalah secara taktis.

Desain Interior Berdasarkan MBTI: Edisi Introvert

Desain interior berdasarkan tipe ini adalah gaya interior yang menekankan bentuk geometris atau garis yang sederhana. Gaya modern yang bersih ataupun gaya Industrial dengan penggunaan material yang di ekspos seperti polished concrete ataupun kayu yang di-finish natural juga sesuai dengan karakter INTJ dan INTP. Mereka tidak akan terlalu menyukai banyak elemen dekoratif yang tidak fungsional.

The Diplomats, Compassionate, and Caring (INFJ dan INFP)

INFP dan INFJ adalah introvert tipe diplomat dengan rasa empati yang besar dan secara alami suka menolong orang lain, memiliki kepekaan, pandai mengenali emosi diri mereka sendiri dan juga orang lain. Tipe introvert dalam kategori ini kebanyakan menyukai seni dan interpretasi abstraknya, mampu memahami kedalaman makna hidup dan hal-hal sederhana yang terjadi di sekitarnya.

READ  Kelebihan Atap Polycarbonate

Desain Interior Berdasarkan MBTI: Edisi Introvert

Interior untuk introvert tipe ini adalah gaya desain yang memiliki karakteristik yang kuat. Mereka senang dengan perabot vintage atau dekorasi antik yang dipadupadankan dengan gaya interior modern. Bukan klasik kental namun memiliki sentuhan kenangan atau memorabilia dari masa lampau. Gaya interior Memphis yang unik dan artistik juga dapat merepresentasikan kepribadian mereka .

The Sentinels, Hardworking, and Dutiful (ISFJ dan ISTJ)

Desain Interior Berdasarkan MBTI: Edisi Introvert

The sentinels introvert adalah mereka yang menyukai metode praktis dalam menyelesaikan permasalahan, membumi, dan percaya diri. Introvert kategori ini akan bersemangat jika berada dalam lingkungan yang memiliki hierarki dan peraturan yang jelas. Mereka menjalani hari secara konsisten untuk mengejar tujuan hidup mereka. Para sentinels dipastikan dapat menyelesaikan segala sesuatu yang mereka mulai, dapat diandalkan, dan peka terhadap kebutuhan praktis orang yang mereka sayangi.

Desain Interior Berdasarkan MBTI: Edisi Introvert

Interior untuk introvert tipe ini adalah desain minimalis dengan organisasi perabot dan ruang yang teratur dan rapi. Setiap barang yang mereka simpan harus dapat ditemukan dengan mudah. Selain gaya minimalis, gaya eklektik yang menggabungkan dua atau lebih gaya berbeda juga cocok bagi tipe kepribadian ini. Misalnya perabot bergaya klasik sebagai statement ruangan yang modern dan minimal.

The Explorers, Curious, and Fun-seeking (ISTP dan ISFP)

Explorers! Mereka sering melakukan hal impulsif, menyukai keragaman dan variasi, senang untuk mencoba hal baru, dan cenderung spontan dalam merespons atau mengambil keputusan. Explorers senang mengambil risiko namun tetap bertanggung-jawab dengan apa yang mereka pilih. Sebagai tipe explorers, walaupun selalu tenang dalam kesendirian sebagai introvert, tipe ini akan selalu memilih untuk keluar dari zona nyaman demi menciptakan progres berarti dalam hidup mereka.

Desain Interior Berdasarkan MBTI: Edisi Introvert

Desain interior berdasarkan kepribadian ini adalah desain interior dengan banyak kejutan. Style yang dipilih cenderung minimalis ataupun gaya apa pun yang sedang tren dalam beberapa waktu terakhir. Misalnya interior dengan built-in wardrobe yang tersembunyi dari pandangan, pintu yang disamarkan dengan dinding, dan lain sebagainya. Mereka juga akan menyukai gaya interior yang menginjeksi teknologi terkini. Misalnya, soft close pada pintu kabinet dapur, personal lift dalam rumah dan lain-lain.

READ  Inspirasi Headboard Untuk Percantik Kamar Anda