17
Okt

Desain dan Tips Bangun Rumah

Desain dan Tips Bangun Rumah 2 Lantai Biaya Murah

Desain dan Tips Bangun Rumah 2 Lantai Biaya Murah – Jika memimpikan memiliki desain rumah minimalis, baik itu 2 lantai atau 1 lantai Anda tetap harus merencanakannya dengan baik. Meskipun Anda menggunakan jasa interior. Hal ini dimaksudkan agar Anda mendapatkan rumah yang sesuai dengan keinginan dan budget. Berikut ini ada beberapa desain dan tips bangun rumah 2 lantai dengan biaya murah, yuk simak ulasan berikut ini.

1. Susun rencana yang matang 

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan adalah menyusun rencana pembangunan rumah minimalis dengan mantap. Anda harus memiliki komitmen kuat sejak awal mengingat pembangunan rumah akan membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit. Rencanakan dengan baik, matang, dan detail pembangunan rumah, sehingga Anda benar-benar siap untuk mengeksekusinya hingga selesai.

2. Lihat kondisi tanah dan lingkungan sekitar

Sebelum membangun rumah, Anda harus memiliki lahannya terlebih dahulu. Pastikan tekstur, kondisi, dan ukuran tanah di lokasi yang sudah Anda pilih, sehingga Anda bisa menyesuaikan untuk rumah Anda. Perhatikan pula kondisi lingkungan sekitar karena Anda dan keluarga akan tinggal dan menetap di sana.

3. Pilih konsep yang tepat

Tahapan selanjutnya adalah memikirkan dan memilih konsep atau desain rumah minimalis yang tepat. Jika Anda sudah menikah dan memiliki anak, bangun rumah minimalis berkonsep keluarga dua tingkat. Namun bila masih single dan ingin rumah lebih unik, Anda bisa memilih rumah minimalis satu tingkat dengan konsep rumah kayu, kontemporer, atau lainnya.

4. Tentukan tipenya

Jangan lupa untuk memilih tipe rumah yang tepat, di mana rumah tersebut sesuai dengan kebutuhan dan ketersedian lahan yang Anda miliki. Selain itu, pemilihan tipe rumah minimalis ini juga harus Anda sesuaikan dengan bujet.

5. Susun denah dan estimasi biayanya

Selanjutnya bisa mulai menyusun denah rumah yang akan Anda bangun secara detail, sehingga Anda dapat membuat perhitungan biayanya. Buat denah yang akurat dan benar-benar sesuai dengan kebutuhan, agar kelak rumah ini bisa memberikan kenyamanan maksimal. Jangan lupa untuk mulai menghitung biaya pembangunannya, termasuk dengan mengecek harga bahan bangunan dan sebagainya.

6. Ukur dengan akurat

Sangat penting untuk melakukan pengukuran dengan cermat agar dapat membantu Anda dalam membangun rumah, membeli bahan-bahan material dalam jumlah yang tepat sehingga uang yang dikeluarkan pun tidak mubadzir.

7. Cek dan sesuaikan dengan kondisi keuangan

Berapa dana yang Anda miliki untuk membangun rumah minimalis? Pertanyaan ini sangat karena eksekusi tak akan berhasil tanpa dana. Membangun rumah sangat dipengaruhi kondisi keuangan. Cek tabungan, dan sesuaikan pembangunan rumah dengan kemampuan finansial Anda. Jangan sampai demi mengikuti keinginan, Anda lalai bahwa tabungan tidak cukup, sehingga di tengah jalan pembangunan rumah mandek. Terpaksa utang sana sini.

8. Pilih material harga terjangkau, namun berkualitas

Hindari membeli bahan-bahan material mewah, terutama jika bujet Anda membangun rumah minimalis pas-pasan. Cari bahan bangunan yang berkualitas, namun dengan harga terjangkau. Pasti ada kok, asal pintar memilihnya.

9. Pakai jasa arsitek yang profesional

Agar pembangunan rumah minimalis berjalan lancar, baik, dan sesuai rencana, Anda dapat mempercayakannya pada ahli bangunan atau arsitek yang profesional. Tujuannya agar pembangunan rumah sesuai konsep dan desain rumah, serta bujet yang Anda inginkan.

Tentu saja ada tarif untuk jasa arsitek ini, yang besarnya bervariasi. Jasa arsitek di Jakarta yang dapat membantu Anda membangun rumah minimalis, contohnya Fine Team Studio, Gajah Bumi Construction, Evonil Architecture, Mata Air Persada, dan masih banyak lainnya.

10. Beri perhatian khusus pada bagian pondasi

Pondasi rumah sangat penting karena akan menopang rumah minimalis Anda. Apalagi kalau desainnya dua lantai. Pastikan bagian pondasi ini benar-benar kokoh dan bisa bertahan dalam jangka panjang. Gunakan komposisi material bangunan berkualitas baik.

11. Cermati penggunaan sekat

Rumah minimalis biasanya tidak memiliki banyak sekat ruangan, sehingga tampak lega, meskipun dalam ukuran yang tidak terlalu luas. Anda harus mencermati penggunaan sekat ini, terutama pada area-area yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan, agar tampilan rumah Anda tetap elegan.

12. Pilih tangga yang tepat

Kalau membangun rumah minimalis dua lantai, pilih tangga yang tepat dan kokoh. Ada yang terbuat dari besi, keramik, kayu, dan lainnya. Tentu saja sesuaikan pemilihan tangga ini dengan konsep rumah yang Anda pilih.

13. Warna tepat dan sesuai konsep

Pemilihan warna akan menjadi hal penting dalam pembangunan rumah minimalis, yang didominasi warna-warna netral. Pastikan kombinasikan warna yang tepat dan sesuai konsep rumah Anda, sehingga keseluruhan rumah tampak serasi, indah, nyaman, dan sedap dipandang.

14. Maksimalkan bagian teras

Meski bergaya minimalis, perhatikan juga bagian teras rumah Anda. Teras akan menjadi bagian terdepan (wajah) rumah Anda, sehingga Anda perlu memberikan perhatian khusus untuk area ini. Kombinasi material dan desain yang tepat akan membuat area teras Anda menarik dan membuat rumah terlihat lebih cantik.

15. Percantik area taman

Jangan lupakan area taman, sebab ini akan membuat rumah Anda menjadi tampak asri dan menarik. Anda bisa menanam beberapa tanaman hijau dan teduh di sana, seperti pohon palem atau lainnya. Tanaman-tanaman ini juga akan membuat udara di sekitar rumah menjadi lebih segar.