25
Agu

Dekorasi hiasan Rumah Mungil Sederhana dan Elegan

Dekorasi hiasan Rumah Mungil Sederhana dan Elegan

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorRumah minimalis sangat populer di antara kalangan masyarakat yang memiliki anggaran terbatas untuk memiliki rumah. Artinya, dengan dana yang terbatas, ada juga model rumah sederhana terbaru yang bisa Anda pilih.

1.   Detail & tekstur

Memiliki rumah yang tidak cukup besar bukan berarti Anda tidak bisa menampilkan gaya dan estetika pada model rumah sederhana tapi indah. Jika Anda memilih tipe rumah ini, Anda bisa mengeksplorasi warna, material, tekstur, dan bentuk pada tampilan eksterior maupun interior minimalis agar hunian mungil Anda tampak lebih mewah dan indah.

Rumah MM House karya Antony Liu + Ferry Ridwan/Studio TonTon berikut ini menampilkan perpaduan detail fungsional, pemilihan material, dan komposisi tekstur yang tepat.

Rumah MM House karya Antony Liu + Ferry Ridwan/Studio TonTon berikut ini menampilkan perpaduan detail fungsional, pemilihan material, dan komposisi tekstur yang tepat.

Photo rumah minimalis MM House karya Antony Liu + Ferry Ridwan/Studio TonTon [Sumber: arsitag.com]

Photo rumah minimalis MM House karya Antony Liu + Ferry Ridwan/Studio TonTon [Sumber: arsitag.com] inspirasion

Model rumah model rumah sederhana tapi indah Rumah STM karya Mirza Farizi Noor Lubis [Sumber: arsitag.com]

Model rumah model rumah sederhana tapi indah Rumah STM karyaMirza Farizi Noor Lubis [Sumber: arsitag.com] inspirasion

2.   Memaksimalkan ruang

Dalam model rumah sederhana tapi indah, kunci utama adalah terletak pada kenyamanan dengan cara memaksimalkan setiap ruang sehingga tetap bisa membebaskan ruang gerak Anda.

Rumah minimalis di kopo karya Andiyanto Purwono, ST berikut ini adalah salah satu contoh bentuk rumah sederhana ukuran 6×9 satu lantai yang bisa diterapkan di rumah Anda.

Rumah minimalis di kopo karya Andiyanto Purwono, ST berikut ini adalah salah satu contoh bentuk rumah sederhana ukuran 6x9 satu lantai yang bisa diterapkan di rumah Anda.

Denah dan bentuk rumah sederhana ukuran 6x9 satu lantai Rumah minimalis di kopo karya Andiyanto Purwono.ST [Sumber: arsitag.com]

Denah dan bentuk rumah sederhana ukuran 6×9 satu lantai Rumah minimalis di kopo karya Andiyanto Purwono.ST [Sumber: arsitag.com]

Denah dan bentuk rumah sederhana ukuran 6x9 satu lantai Rumah minimalis di kopo karya Andiyanto Purwono.ST [Sumber: arsitag.com]

75 Model Desain Rumah Minimalis Sederhana Tapi Mewah Dan Indah

Rumah Minimalis, Modern & Natural karya Freddy A Simamora [Sumber: arsitag.com]

Rumah Minimalis, Modern & Natural karya Freddy A Simamora [Sumber: arsitag.com]

3.   Split level

Ada solusi lain yang bisa Anda terapkan untuk model rumah sederhana tapi indah di lahan sempit yaitu konsep split level. Konsep ini sudah cukup populer digunakan untuk mengakali rumah dengan lahan yang terbatas. Konsep split level berkaitan dengan teknik konstruksi untuk menciptakan ruang dengan menonjolkan perbedaan ketinggian lantai. Perbedaan ketinggian lantai pada rumah berkonsep split level ini justru membuat seluruh ruangan terlihat lebih besar dan lapang.

Bentuk rumah sederhana ukuran 6x9 konsep split level Rumah Di Dago Bandung karya Arif Rahman Syarfin S.Ds [Sumber: arsitag.com]

Bentuk rumah sederhana ukuran 6×9 konsep split level Rumah Di Dago Bandung karya Arif Rahman Syarfin S.Ds [Sumber: arsitag.com]

 

baca artikel ini juga

terapkan arsitektur hijau

model coffe table yang bikin seru saat ngopi

5 inspirasi model tembok moderen

Model rumah sederhana tapi kelihatan mewah konsep split level W_House karya Studio Air Putih [Sumber: arsitag.com]

Model rumah sederhana tapi kelihatan mewah konsep split level W_House karya Studio Air Putih [Sumber: arsitag.com]

Model rumah sederhana tapi indah di lahan luas

Anda memiliki lahan luas namun anggaran terbatas? Gampang solusinya! Anda tidak salah pilih, karena desain rumah minimalis sangat cocok bagi Anda.

1. Konsep centralized

Kecenderungan pemilik rumah dengan lahan luas adalah mencoba memaksimalkan setiap sudut lahan yang ada tanpa memperhatikan fungsi dan estetika. Hasilnya, desain rumah terkesan serampangan dan tidak terfokus pada tema minimalis sederhana, namun tetap indah. Konsep centralized sangat tepat untuk diterapkan pada lahan luas dengan anggaran terbatas.

Model rumah sederhana tapi indah berikut disebut Rumah Kesemek karya duatitik architecture, yang merupakan renovasi rumah lama tahun 1920-an. Rumah yang didesain dengan pendekatan fungsional ini mencoba memadukan gaya kolonial modern dan minimalis tropis sehingga  sangat cocok dengan kondisi iklim di indonesia. Rumah ini memiliki konsep centralized dengan ruang-ruang yang saling terhubung secara bebas sehingga tampaknya tidak ada batas antara ruang satu dengan yang lainnya.

Model rumah sederhana tapi indah rumah kesemek karya duatitik architecture [Sumber: arsitag.com]

Model rumah sederhana tapi indah rumah kesemek karya duatitik architecture [Sumber: arsitag.com]

2. Rumah tumbuh

‘Rumah tumbuh’ atau split-grow houses dalam arti sederhana adalah konsep konstruksi rumah yang masih menyisakan ruang untuk kemungkinan pengembangan sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah di kemudian hari. Artinya, Anda bisa merancang master plan secara keseluruhan, namun tidak perlu membangun seluruh rancangan tersebut, tetapi hanya bagian tertentu yang Anda butuhkan sesuai anggaran dan kebutuhan saat ini.

Karena itu, ‘rumah tumbuh’ biasanya merupakan model rumah sederhana tapi kelihatan mewah yang tidak terlalu besar, namun bisa berada di lahan luas. Konsep ini juga dapat menekan biaya pengeluaran untuk konstruksi rumah. Prinsip utama dari rumah tumbuh adalah kekuatan dan daya tahan secara struktural karena kemungkinan perkembangan lebih lanjut di kemudian hari.

Ilustrasi rumah tumbuh WD House at Cinere karya Guntur Tedjamulja [Sumber: arsitag.com]

Ilustrasi rumah tumbuh WD House at Cinere karya Guntur Tedjamulja [Sumber: arsitag.com]

Seperti halnya AA Residence karya Bitte Design Studio, Anda dapat menerapkan konsep rumah tumbuh dengan membangun sebagian lahan dan mengembangkan sisa lahan yang luas di kemudian hari. Mudah, bukan?