19
Okt

Contoh Desain Rumah Minimalis di Lahan Miring

Contoh Desain Rumah Minimalis di Lahan Miring

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Kontur lahan yang miring biasanya dihindari orang saat ingin membangun hunian. Padahal struktur ini bisa menjadi daya tarik tersendiri pada hunian. Agar tidak bingung membangunnya, simak beberapa tips desain rumah tanah miring berikut ini. Membuat desain rumah tanah miring memang tak mudah, namun bukan berarti mustahil. Meski perhitungan bentuk bangunannya akan lebih rumit, ketika hunian selesai dibangun tentu harga jualnya akan naik.Berikut ini contoh desain rumah minimalis di lahan miring.

Contoh desain rumah minimalis modern di lahan miring

Contoh desain rumah minimalis modern berikut ini bisa diterapkan jika lahan miringnya ke samping. Pada dasarnya bangunan mengikuti begitu saja kemiringan tanah. Dalam arti tidak melakukan perataan kecuali pada beberapa bagian seperti garasi atau tempat parkir supaya lebih nyaman digunakan. Bangunan utama dibuat tinggi sehingga terlihat seperti memiliki 2 lantai.

Jika dilihat dari depan, desain rumah minimalis di lahan miring ini tampak seperti mempunyai tiga lantai, di tingkatan bawah ada carport, di lanai kedua ada ruang tamu, dan ruang pribadi tingkatan ketiga, padahal sebenarnya rumah ini hanya 1 lantai saja.

Ide desain rumah minimalis di lahan miring

Contoh desain rumah minimalis ini menggunakan konsep rumah panggung. Walaupun begitu, nuansa rumah minimalis tetap tampak jelas. Bentuk bangunan dengan  geometri kotak dan penggunaan atap datar memberikan nuansa minimalis yang kentara.

Pintu masuk utama ada di atas. Sedangkan bagian bawah atau kolong dimanfaatkan sebagai carport. Lahan yang tidak begitu luas pun bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Tips seputar contoh desain rumah minimalis

Desain rumah minimalis di lahan miring adalah hal yang jamak dijumpai terutama di daerah yang mempunyai kontur tidak rata seperti perbukitan. Sekali lagi, lahan miring tetap bisa digunakan untuk membuat bangunan yang baik tergantung perencanaan dan desain yang dibuat dengan baik. Walaupun begitu, ada beberapa tips jika anda akan membangun rumah di lahan miring sebagai berikut:

  • Sangat disarankan lahan miring yang akan digunakan membuat bangunan miringnya bagian depan lebih rendah dari bagian belakang. Hal ini akan membua rumah tampak uuh jika dilihat dari depan. Selain itu, jika lahan belakang lebih rendah, biasanya mempunyai kontur tanah yang tidak stabil dan rawan longsor.
  • Jika dibagian bawah terdapat cukup ruang untuk membuat ruangan, sebaiknya jangan digunakan untuk kamar tidur. Hal ini karena ruangan tersebut sirkulasi udara dan cahayanya tidak normal sehingga tidak baik untuk kesehatan. Gunakan ruang tersebut sebagai gudang penyimpanan atau garasi yang tidak memerlukan udara yang baik.

Lahan miring sebenarnya bukan masalah yang besar dari segi desain tampilan rumah. Tetapi juga tetap harus diperhatikan keadaan tanah berbahaya atau tidak.