08
Des

Coba siasati dengan 10 Ide Ruang Multifungsi di Rumah

Coba siasati dengan 10 Ide Ruang Multifungsi di Rumah

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorRumah dengan dua lantai merupakan hunian yang pas untuk tipe rumah minimalis. Luas tanah yang nggak luas-luas banget bisa disiasati dengan rumah dua lantai yang akan lebih membuat rumahmu terkesan lebih megah dan kapasitasnya lebih besar. Coba siasati dengan 10 ide ruang multifungsi di rumah.

1. Satukan Dapur dan Ruang Makan

Berhubung pemanfaatan dapur dan ruang makan sebenarnya tidak jauh beda, jadi tidak ada salahnya untuk menyatukan kedua ruangan tersebut. Jadi cukup satu ruang saja yang sudah mencakup dapur dan ruang makan sekaligus.

Dengan begitu kamu juga bisa bebas bercengkrama dengan keluarga sambil menyiapkan makanan. Tugas kamu hanyalah mengatur sedemikian rupa agar kesan yang ditimbulkan tetap hangat dan harmonis. Salah satu cara untuk menghadirkan suasana yang nyaman meski dapur dan ruang makan menyatu adalah menerapkan konsep yang didominasi oleh warna beige. Penggunaan warna ini mampu memberi kesan lembut dan juga hangat.

2. Sudah Punya Anak? Jadikan Kamar Tidur Merangkap Ruang Belajar dan Bermain

Sebagian orang biasanya menyediakan ruangan khusus sebagai tempat bermain dan belajar untuk anak-anak mereka. Sayangnya konsep ini hanya cocok untuk mereka yang mempunyai hunian luas.

Sementara untuk kamu yang akses membangun ruangan berlebih di rumah kesulitan, rasanya sedikit tidak mungkin menerapkan hal ini. Tetapi kamu yang memiliki hunian sempit tidak perlu kehabisan solusi. Coba deh sulap kamar tidur anak agar cukup sebagai tempat belajar sekaligus bermain.

Selain lebih mengefisienkan penggunaan ruangan, ide ini juga dapat menjadi solusi untuk mencegah anak terlalu sering bermain di luar. Poin penting yang harus kamu ingat adalah bagaimana cara membuat kamar tidur anak terasa lebih menyenangkan. Anak mempunyai psikologis yang menyukai warna-warna cerah. Jadi sebisa mungkin hadirkan warna tersebut di dalam kamarnya. Kamu juga bisa menggunakan ranjang susun untuk lebih meminimalkan penggunaan ruang.

READ  Solusi Desain Rumah Minimalis

3. Open Floor Plan? Siapa Takut!

Salah satu konsep hunian era modern yang banyak digandrungi, terutama untuk para workaholic adalah open floor plan. Konsep yang cocok digunakan pada rumah minimalis ini bahkan memungkin untuk tidak memberikan sekat sama sekali di dalam rumah. Jadi benar-benar hanya ada satu ruangan yang mencakup keseluruhan.

Dengan menerapkan konsep open floor plan, kamu bisa menggabungkan antara ruang makan, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, sampai ruang kerja dalam satu ruangan yang lapang. Keuntungan dari konsep ini adalah memudahkan kamu untuk melakukan berbagai aktivitas secara lebih praktis dan efesien, selain meminimalisir penggunaan ruangan.

4. Integrasikan Ruang Kerja Bersama Ruang Lain

Ruang kerja sebenarnya tidak harus benar-benar berada dalam area privat yang dibuatkan satu ruangan khusus. Ya, kecuali kalau kamu adalah tipe introvert yang hanya mampu bekerja tanpa ada gangguan apapun.

Meski begitu tidak ada salahnya mencoba hal baru dengan mengintegrasikan ruang kerja ke dalam ruangan lainnya. Hal ini juga sekaligus membantumu untuk menciptakan ruangan multifungsi sebagai akibat dari kondisi lahan dan hunian yang kurang memungkinkan.

Hanya saja kamu memerlukan rencana dan penataan ruangan yang cukup matang agar hasilnya terasa maksimal. Ada beberapa ide yang bisa coba kamu terapkan untuk itu. Pertama, coba integrasikan ruang kerja di dalam kamar tidur. Cara ini adalah yang paling umum dilakukan sebenarnya. Kamu bisa menggunakan built in shelves untuk menyimpan barang-barang yang berhubungan dengan pekerjaan. Kamu juga bisa memanfaatkan sedikit area kosong di ruang keluarga atau di dekat dapur.

5. Kombinasikan Kamar Tidur dan Ruang Keluarga

Ruang Multifungsi di Rumah

Ide satu ini patut kamu pertimbangkan jika menghuni apartemen atau rumah yang ukurannya kecil. Apalagi jika kamu hanya berdua dengan pasangan atau memiliki anak yang masih kecil-kecil.

READ  Pahami Ukuran Pagar Ideal

Kelebihan dari menyatukan antara kamar tidur dan ruang keluarga yaitu memudahkan kamu untuk melakukan quality time bersama keluarga. Misalnya pada malam hari sebagai waktu berkumpul dengan keluarga.

Kamu dan keluarga bisa menghabiskan waktu dengan duduk dan bercengkrama di dalam kamar tidur yang bersifat multifungsi tersebut. Suasananya pun tentu berbeda jika dilakukan di ruang keluarga yang berdiri sendiri.

6. Ganti Meja Makan dengan Breakfast Bar

Ruang Multifungsi di Rumah

Sebenarnya kamu tidak harus memiliki meja makan di rumah saat hunianmu berukuran pas-pasan, loh. Sebagai gantinya kamu gunakan saja breakfast bar sebagai pengganti meja makan.

Selain tempat yang diambils sedikit, kamu juga bisa menjadikannya sebagai pembatas antara dapur dan ruang keluarga.

7. Ruang Tamu dan Ruang Keluarga Dijadikan Satu

Ruang Multifungsi di Rumah

Selain ruang makan dan dapur yang dikombinasikan jadi satu, ruang tamu dan ruang keluaga juga adalah perpaduan yang sangat umum dijumpai sebenarnya. Terutama untuk rumah minimalis.

Menyatukan ruang keluarga dan ruang tamu pada dasarnya didasari kenyataan bahwa kedua ruangan itu mempunyai fungsi yang tidak jauh berbeda.

Hal tersebut bisa dilihat dari elemen yang digunakan keduanya seperti sofa dan meja. Lagipula ruang tamu juga tidak selalu dimanfaatkan setiap hari. Jadi tidak ada salahnya menggabung kedua ruangan tersebut. Agar suasananya tetap nyaman dan homy, kamu bisa memberi karpet dan bantal sofa lucu-lucu di dalam ruang mutlifungsi di rumah.

8. Manfaatkan Furniture Multifungsi

Ruang Multifungsi di Rumah

Salah satu ide memanfaatkan hunian yang sempit agar cukup untuk menampung semua keperluan dengan kondisi ruang yang terbatas adalah memanfaatkan furniture multifungsi.

Apalagi saat ini sudah ada begitu banyak furniture berfungsi rangkap yang bisa kamu peroleh dengan mudah. Misalnya kamu menggunakan tempat tidur lipat yang bisa diangkat ketika sudah tidak digunakan.

READ  Rumah Panggung Minimalis Inspirasi Hunian dengan Nuansa Tropis

Jadi kamu tidak perlu lagi menyiapkan kamar tidur khusus kalau sudah begini. Karena kamu bisa menyulap suatu ruangan menjadi kamar pada malam hari dan sebagai ruang keluarga atau ruang tamu pada siang hari. Ide lainnya adalah dengan menggunakan sofa yang mempunyai ruang di dalamnya, sehingga kamu bisa mengisinya dengan selimut atau buku-buku misalnya. Memanfaatkan kursi lipat juga sangatlah praktis, karena tidak banyak mengambil tempat. Begitupun dengan lamari yang merangkap sebagai tempat tidur.

9. Maksimalkan Penggunaan Dinding

Rak Serbafungsi

Ketika hunianmu tidak memadai untuk membuat banyak ruang, coba deh memaksimalkan penggunaan area dinding. Contohnya adalah memilih furniture yang bisa digantung seperti lemari gantung. Bahkan ide cemerlang lainnya adalah menciptakan ruang di dalam dinding.

10. Ciptakan Area Kecil di Langit-Langit

Ruang Multifungsi di Rumah

Membangun ruang kecil sebagai kamar atau tempat penyimpanan di langit-langit rumah sudah cukup mainstream sebenarnya. Kamu bisa mencoba ide out the box dengan menciptakan tempat tidur di atas kamar mandi. Konsep ini pertama kali dikenalkan oleh Ewa Czerny yang kemudian dikenal sebagai konsep semi mezanin. Selain makin mudah diakses, ruang multifungsi di rumah yang satu ini juga sangat efisien.