08
Des

Coba Aplikasikan 10 Dekorasi Natal di Apartemen Biar Tahun ini Berbeda

Coba Aplikasikan 10 Dekorasi Natal di Apartemen Biar Tahun ini Berbeda

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Menjelang perayaan Natal pada bulan Desember ini, rasanya kurang jika tidak mendekorasi rumah dengan ornamen-ornamen natal yang identik dengan warna merah dan hijau. Agar dekorasi rumah menjadi lebih istimewa, Mama dan anak bisa coba membuat sendiri ornamennya lho! Cobalah untuk membuat beberapa origami dekorasi Natal ini. Harganya yang terjangkau dan mudah untuk dibuat, akan membuat Mama dan anak menikmati pembuatan dekorasi pohon Natal. Anak juga dapat belajar satu atau dua hal selama proses pembuatannya. Coba aplikasikan 10 dekorasi natal di apartemen biar tahun ini berbeda

1. Gantung Wreath di Pintu

dekorasi natal di apartemen

Sentuhan Natal pertama kamu bisa dimulai sejak masuk apartemen. Caranya, dengan menggantung wreath (rangkaian bunga berbentuk melingkar) di pintu apartemen kamu. Cara ini memang sudah dikenal lama dan tradisional untuk merayakan Natal.

Dengan begini juga kamu bisa berbagai keceriaan Natal bersama dengan para tetangga. Minimal para tetangga tahu kalau kamu ikut dan sedang merayakan natal. Ditambah, menggantung dekorasi di pintu bisa jadi sebuah pesan penyemangat setiap kali kamu keluar rumah.

Ada banyak desain wreath yang bisa dipilih di toko, harganya pun juga tergolong murah. Ingin punya dekorasi dengan sentuhan sendiri? Jangan khawatir, membuat wreath termasuk proses yang gampang kok. Ada banyak tutorial yang bisa kamu simak di internet. Tapi ya memang harus meluangkan waktu untuk membautnya.

2. Menghiasi Rak dengan Pohon Natal Mini

Menghias Lemari

Cara ini mungkin tidak kamu pikirkan mengingat ukuran rak yang biasanya tidak terlalu besar mengikuti ruangan apartemen kamu yang memang tidak luas. Tapi seharusnya tidak masalah dong kalau kamu juga punya pohon Natal mini?

READ  Periksa Hal Ini Pada Hunian Anda Saat Akan Musim Hujan

Kalau kamu tidak punya pohon Natal berukuran kecil dan terlalu sayang uang untuk membelinya, kamu bisa membuatnya sendiri. Caranya? Dengan memanfaatkan toples atau tabung kaca yang sudah tidak terpakai, kemudian letakkan batang pohon pinus atau tanaman hijau lainnya.

Kamu bisa mengecat beberapa batu bulat untuk diletakkan di dasar toples a la gumpalan-gumpalan salju. Selain untuk penyangga agar batang pohon tidak ambruk, juga untuk memunculkan kesan Natal. Seru, bukan?

3. Mendekor Dinding

Lampu Hias Natal

Menggantung hiasan di dinding dengan tema natal bisa membuat ruangan jadi terkesan lebih ceria tanpa mengurangi ruang gerak di apartemen kamu. Hiasannya bisa berupa lampu-lampu atau stocking Santa. Bisa juga dengan beberapa dekorasi natal di apartemen lainnya.

Atau, bagaimana bila mencoba membentuk lampu-lampus hias serupa pohon natal? Bisa dilakukan dengan menempelkan ornamen seperti daun pohon natal dan dibentuk layaknya sebuah pinus. Untuk lebih keren, meriah, dan makin menyerupai pohon natal, sematkan lampu hias di sepanjang daun.

4. Memaksimalkan Dekorasi di Meja

Menghias meja

Kalau kamu menempati apartemen yang tidak mengizinkan kamu membuat lubang di dinding untuk dekorasi, tidak ada salahnya meletakkan hiasan kamu di meja-meja. Seperti meja ruang tamu, meja makan, meja dapur, atau meja sudut di ruangan kamu.

Kamu bisa menggunakan lilin, pajangan khas Natal, dan pohon Natal mini. Hiaslah dengan sesuatu yang menunjukkan ciri khas Natal. Tentu kamu punya ide bukan? Kalau tidak bisa pula kamu buka internet untuk tutorial membuatnya.

5. Menggantung Hiasan di Atap

Hiasan Natal

Sesempit apapun ruangan apartemen yang kamu tempati, pasti ada atapnya kan? Nah, coba deh gantung hiasan natal kamu di atap apartemen. Hiasannya bisa berupa lampu tali kerlap-kerlip, atau apapun yang bisa membuat kamu sekeluarga merasakan kehangatan Natal.

READ  15 Inspirasi Kamar Loteng Bisa Jadi Ruang Tidur Tambahan

Tapi sebelum memutuskan mau menggantung di mana, pastikan hiasan tersebut tidak mengganggu mobiltas kamu di apartemen. Jangan sampai lho pernak-pernik menggantung itu nyangkut di badan kamu, atau rusak karena terlalu sering tertabrak orang lewat.

6. Meletakkan Lampu Kerlap-kerlip di Perabotan

Ornamen Lampu Gantung

Bukan natal namanya kalau tanpa lampu kerlap-kerlip, bukan? Kalau kamu sudah tidak punya ruang lagi untuk memasang pohon Natal yang bisa dipadukan dengan lampu, jangan khawatir.

Belitkan saja lampu-lampu tersebut di barang di rumah kamu, misalnya sepeda yang terparkir dan belum terpakai selama liburan Natal, atau gantungan jaket di dekat pintu. Bahkan bisa pula kamu satukan dengan dekorasi meja Natal.

7. Manfaatkan Hiasan di Daun Pintu dan Jendela

Hiasan Natal di Pintu dan Jendela

Suasana hangat Natal bisa kamu dapatkan dengan meletakkan untaian daun atau bunga di pintu dan jendela apartemen kamu. Kamu bisa menambah dekorasinya dengan lampu bola warna-warni, gantungan ornamen Natal, atau yang lainnya.

Kalau kamu tipe yang suka mencetak foto kenangan bersama keluarga, coba deh letakkan beberapa foto tersebut di untaian daun atau bunga. Sangat menyenangkan lho kalau kamu bisa melihat senyum manis orang yang tersayang saat akan melangkah keluar rumah. Coba bayangkan saja, pasti manis.

Karena Natal selalu identik dengan salju, yang mana tidak akan terjadi pada musim di Indonesia, tidak ada salahnya membuat sketsa salju untuk ditempel di jendela apartemen sendiri. Buat gambar makro butiran salju, cat dengan warna putih lalu tempel di jendela apartemen kamu.

Atau coba pilih beberapa karangan bunga dan ornamen warna-warni yang berkilauan seolah jendela adalah pohon Natal gantung, dan akan terlihat makin cantik waktu sinar matahari menerobos masuk ke jendela apartemen kamu.

READ  5 Trik Ampuh untuk Dekorasi Ruang Tamu Berkonsep Open Plan

8. Gunakan Untaian Bunga

Hiasan Bunga Natal

Untaian bunga dan daun khas Natal dengan dominasi warna hijau dan merah ini bisa kamu letakkan di berbagai tempat tanpa mengambil terlalu banyak ruang gerak. Misalnya diuntaikan di lampu meja kamu, pinggiran cermin, atau di kabinet dapur. Cara ini bisa jadi dekorasi natal di apartemen yang tepat.

9. Menghias Balkon

Dekorasi Natal di Balkon

Tidak ada salahnya menghias balkon apartemen untuk Natal, namun pastikan terlebih dahulu ketahanan materi hiasan kamu dengan cuaca di luar. Pilihannya, kamu bisa membelitkan untaian daun sintetis di pagar balkon kamu dan sematkan beberapa hiasan tahan hujan.

Tambah dengan lampu hias warna-warni menggantung di atap balkon kamu. Sambil bersantai, kamu bisa duduk di ruang keluarga sambil menatap ke arah balkon dan menikmati kehangatan suasana Natal. Tetangga tower kamu juga pasti ikut senang bisa melihat dekorasi di unitmu.

10. Pakai Kembali Hiasan Natal yang Sudah Kamu Punya

Ornamen Natal

Sebeneranya tips dekorasi natal di apartemen ini tidak ditunjukkan pada ketersediaan ruang untuk dekorasi, namun lebih kepada tempat menyimpan kembali barang-barang tersebut selama 11 bulan ke depan.