Ciri Talang Air Bagus
05
Agu

Ciri Talang Air Bagus

Ciri Talang Air BagusCIRI TALANG AIR BAGUS

Talang Air Rumah – Apa yang Anda ketahui tentang talang air? Talang air ini merupakan tempat untuk mengalirkan air hujan ke tempat pembuangan air karena talang air penting untuk rumah agar air yang mengalir tidak terbuang kemana-mana hingga menyebabkan banjir.

Talang Air yang Berkualitas

Ternyata adanya talang air dapat memperindah bentuk dan struktur rumah, selain itu pemilik juga harus memikirkan biaya yang dikeluarkan dan memastikan apakah talang air tersebut baik digunakan atau tidak. Pemasangan talang air harus diperhatikan dengan baik agar hasil maksimal dan memuaskan dan juga pemilihan bahan yang sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah. Talang air yang digunakan adalah bahan galvanis, bahan galvanis terbuat dari baja ringan sehingga anti keropos, dengan menggunakan bahan ini talang air yang dipasang akan awet, tidak berkarat dan tentu tahan lama.

Apa yang harus dipertimbangkan sebelum memasang talang air hujan?

1. Harga

Perhatikan harga talang air yang akan dibeli jangan sampai harga tinggi tapi kualitas dibawah. Harga talang air bervariasi tergantung bahan yang digunakan jika bahan PVC tentu harga lebih murah namun tidak akan tahan lama namun jika bahan galvanis harga jauh lebih tinggi dari harga bahan PVC tapi, kualitas akan tahan lama. Pastikan harga, kebutuhan dan keuangan anda mencukupi agar mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Bahan

Unsur bahan penting untuk penggunaan talang air apakah awet dan tahan lama atau tidak. Pemilihan bahan talang air dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Untuk di daerah bercuaca panas sebaiknya menggunakan talang air berbahan PVC dan lebih baik lagi jika menggunakan talang air berbahan galvanis. Memang dari harga bahan galvanis lebih mahal daripada bahan PVC namun kualitas lebih baik galvanis.

3. Estetika

Keindahan sebuah rumah sangatlah diperlukan agar indah dipandang dan membuat pemilik rumah nyaman menempatinya, salah satunya dengan memperhatikan bagian eksterior yaitu talang air. Untuk bagian ini disarankan agar menggunakan talang air berbahan galvanis karena memiliki bentuk minimalis dan mewah.

Jenis-Jenis Talang Air yang Bagus

Jenis talang yang biasa dan bisa digunakan pada rumah serta kelebihan dan kekurangannyaInilah keempat jenis talang tersebut :

  1. Talang Seng, jenis talang yang paling sering digunakan pada rumah. Kelebihannya Fleksibel, harga terjangkau dan dapat digunakan pada lokasi yang luas. Kekurangannya Relatif berisik dan relatif panas.
  2. Talang Beton cor, jenis talang ini sudah mulai cukup banyak digunakan pada rumah, lokasi talang diletakkan di dalam rumah tepastnya di ata plafon rumah. Kelebihan tidak butuh perawatan, sangat tahan terhadap cuaca, awet, tahan lama, dapat menampung dan memiliki kapasitas yang besar, tidak berisik, dan lebih rapi. Kekurangan biayanya lebih mahal, biasanya harus didesain sendiri lebih awal, bobotnya berat, jika pengerjaannya tidak baik akan terjadi kebocoran.
  3. Karpet Talang, Meski belum terlalu umum tapi, sudah cukup banyak digunakan pada atap rumah, talang tebuat dari bahan sejenis senyawa plastik. Kelebihan Fleksibel, bobotnya ringan, tidak mudah karat, harganya relatif murah, tidak berisik. Kekurangan tidak tahan terhadap perubahan cuaca, rentan terhadap terjadinya kebocoran.
  4. Talang PVC, jenis talang ini sebagai talang penampung. Kelebihan bobotnya ringan, tidak berkarat, tidak berisik. Kekurangan tidak fleksibel, kapastitas terbatas.

Cara Memasang Talang Air

Dengan hal – hal seperti itu kita dapat memulai untuk memasang talang air yang benar. Berikut cara memasang talang air yang benar agar tidak bocor :

  1. Perhatikan kemiringan talang air karena apabila pemasangan miring akan mengakibatkan air mengalir dan terbuang kemana-mana. untuk memperkuat ikatlah dengan benang dari ujung lispank ke ujung lispank yang lain.
  2. Pemasangan spacer, gunakan spacer jika posisi talang dalam keadaan miring.
  3. Pemasangan corong talang untuk pemasangan talang air yang benar.
  4. Pemasangan penutup talang, penutup ini berguna supaya air tidak mengalir dari ketinggian.
  5. Pemasangan penahan limpasan sudut agar talang dapat terlindungi dari derasnya arus air.

Tentu dengan adanya talang air yang bagus, ada pula perawatannya agar lebih awet dan tahan bocor karena permasalahan yang terjadi pada talang air ialah penumpukan daun – daun, debu, dan kotoran lain yang terbawa oleh angin sehingga menyebabkan talang air tersumbat dan membuat aliran air tidak lancar. Merawat talang air sangatlah mudah, Untuk menghindari kerusakan – kerusakan dan membuat talang air semakin indah, lakukan hal – hal berikut ini untuk Membersihkan Dan Merawat Talang Air:

  1. Membuang kotoran yang menumpuk, ambil dan bersihkan kotoran yang menumpuk pada talang air seperti dedaunan. Gunakan dengan sekop plastik kecil agar mudah mengerjakannya.
  2. Menyemprot talang dengan selang, jika air tidak mengalir dengan lancar berarti ada kotoran – kotoran yang menyumbatnya. Cobalah semprotkan selang itu ke talang air dan tunggu hingga air kembali dengan lancar, jika cara ini tidak berhasil pakailah alat bantu agar memudahkan pekerjaan ini.

Dan yang terpenting adalah Perhatikan Faktor Keselamatan, utamakan memakai alat dengan benar dan hati – hati. Menggunakan tangga untuk naik ke talang air dengan hati – hati, gunakan alas kaki yang tidak licin agar tidak terpeleset. Gunakan selalu sarung tangan agar terhindar dari goresan – goresan kotoran lain. Dan yang terakhir bersihkan atap rumah agar tidak ada sampah yang tersebar dimana – mana kemudian masuk ke dalam talang air dan membuat talang air tersumbat.

Jika talang air sudah lama dan tidak terawat sehingga terjadi kebocoran pada talang air apalagi ketika cuaca hujan sedang melanda pasti sangat menyusahkan bagi kita bila talang air bocor. Berikut Cara Memperbaiki Talang Air Bocor sehingga talang air menjadi bagus kembali, adapun alat dan bahannya adalah Gabus, Baskom, Minyak tanah, Kuas dan sendok. Berikut cara mempebaiki talang air agar tidak bocor :

  1. Potong kecil – kecil gabung bekas pelindung peralatan elektronik, jangan terlalu kecil agar tidak mudah larut ketika hujan kembali.
  2. Siapkan baskom berisi minyak tanah dan rendam gabus yang telah dipotong kecil – kecil tadi, diamkan hingga gabus larut.
  3. Bila bentuk gabus seperti bubur, ambilah dengan kuas atau sendok. Alirkan talang dengan air agar tahu letak kebocorannya dimana, tuang gabus tadi diatas talang yang bocor lalu diamkan hingga mengering.

Perbaikan terhadap talang air selesai, sangat mudah bukan? Cobalah dan lihat hasilnya.

Itulah beberapa tips menggunakan talang air yang baik dan benar sehingga dapat memperindah rumah anda. Semoga bermanfaat.

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666