13
Sep

Ciri-ciri Material Bangunan Yang Baik

Ciri-ciri Material Bangunan Yang Baik

Ciri-ciri Material Bangunan Yang Baik – Pada saat akan membangun rumah tentunya kita menginginkan bangunan rumah yang kokoh dan indah. Maka dari itu kita perlu memilih bahan material yang bagus dan berkualitas. Pemilihan bahan bangunan ini sangatlah penting. Namun terkadang beberapa orang tertipu bahwa harga yang mahal pasti memiliki kualitas yang bagus, tetapi kenyataannya tak semua bahan bangunan yang memiliki harga mahal memiliki kualitas yang baik. Untuk itu sebelum membangun rumah, Anda perlu tau bagaimana cara memilih material bahan bangunan.

Berikut adalah ciri-ciri material yang baik untuk digunakan sebagai bahan bangunan.

1. Pasir

Pasir harus bersih dari kandungan lumpur karena berpengaruh pada konstruksi bangunan dan mengakibatkan pemborosan pemakaian semen pada saat pengecoran beton.

2. Besi Beton

Untuk mendapatkan kekuatan struktur yang baik, kita harus menggunakan besi beton dengan kualitas yang baik pula. Namun bila dana yang dimiliki tidak mencukupi, maka dapat pula menggunakan besi beton dengan kualitas menengah

3. Semen

Semua semen yang beredar di pasaran memiliki kesamaan, baik harga maupun kualitasnya. Namun sebaiknya menggunakan semen yang bermerk untuk mendapatkan plesteran yang kuat.

4. Bata Merah atau Batako

Sebaiknya menggunakan bata merah yang berukuran sedang, memiliki ciri keras, tidak mudah pecah, dan memiliki ukuran yang seragam. Fungsi bata merah dapat digantikan oleh batako apabila dana yang tersedia tidak mencukupi, namun dari segi kekuatan bata merah lebih kuat daripada batako.

Perbandingan bata merah dengan batako:

  • Bata merah lebih kuat dibandingkan batako karena dimensi dan rongga batako lebih besar daripada bata merah.
  • Bata merah tidak menyerap panas sehingga bangunan dengan dinding bata merah lebih dingin suasananya.
  • Batako lebih hemat biaya daripada bata merah dan dari segi waktu pemasangan batako lebih cepat, jumlah adukan yang dipakai serat harga per m2.
  • Bila di ekspos/ tidak diplester, batako memberikan tekstur dinding yang lebih rapi dibanding bata merah.
    Image masyarakat bahwa batako adalah bahan bangunan kelas dua, terkadang membuat nilai jual kembali rumah yang dibangun dengan bahan batako akan jatuh.

5. Kayu

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih kayu yang baik adalah.

  • Pilihlah kayu dengan kadar air dibawah 20% agar konstruksi bangunan kuat.
  • Sebaiknya menggunakan kayu konstruksi dari kalimantan, seperti kayu kamper samarinda dan kamper rasamala, agar rumah yang dibangun kokoh.
  • Menggunakan kayu yang sudah di Oven/dikeringkan agar kayu tidak cepat lapuk.

6. Genteng

Genteng tanah liat dan beton menjadi primadona pasar karena lebih indah dan suasana rumah yang dirasakan lebih dingin. Kerangka atap atau kuda-kuda harus lebih kuat apabila kita menggunkan genteng-genteng tersebut.

Demikian tips mengenali ciri-ciri material untuk bahan bangunan yang dapat anda gunakan untuk membangun bangunan.