16
Apr

Ciri Dan Kegunaan Kayu Meranti

CIRI CIRI DAN KEGUNAAN KAYU MERANTI

 

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Kayu meranti cukup di populer di jadikan bahan furniture rumah anda. Pohon meranti memiliki 3 jenis yaitu kayu meranti putih, kuning dan merah. Setiap jenis memiliki kualitas yang berbeda beda.Tahukah anda bahwa kayu dari pohon meranti merupakan bahan dasar membuat kertas? masih banyak lagi manfaat yang dimiliki dari kayu meranti ini.  Pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai ciri ciri dan manfaat dari kayu meranti. Mau tahu apa saja ? Mari simak ulasan di bawah ini.

Mengenal Kayu Meranti

Dari luar, Meranti terlihat lebih lunak daripada jenis kayu lainnya. Meranti pun mempunyai biji-bijian dengan beberapa variasi warna, seperti abu-abu atau kuning yang bercampur dengan warna cokelat.

Menggunakan skala Janka, skala yang biasa digunakan untuk memeringkat jenis kayu untuk tingkat kekerasannya, kayu meranti memiliki tingkat kekerasan sekitar 800 hingga 825.

Ciri-Ciri Kayu Meranti

Agar Anda tidak salah dalam membeli, Meranti memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakan dengan jenis lainnya. Di antaranya:

  1. Bobotnya ringan, sedang, dan berat dengan tekstur agak kasar serta adanya biji-bijian yang saling berhubungan satu sama lain.
  2. Batang pohon umumnya berwarna merah muda atau cokelat muda dengan adanya semburat abu-abu pada bagian tengah.
  3. Bentuk batang lurus dan bulat dengan diameter antara 50 hingga 450 meter.
  4. Kualitas kayu meranti lebih unggul lantaran adanya massa kepadatan kayu rata-rata 630 kg/m3, sehingga tidak mudah mengurai dan memiliki daya tahan yang lebih kuat daripada jenis kayu yang lain.
  5. Pigmen yang terdapat dalam batang kayu meranti pun relatif lebih mudah larut dalam air.
harga kayu meranti

Di Indonesia, jenis kayu meranti dapat tumbuh di mana saja.

Akan tetapi, Kalimantan menjadi penghasil meranti terbaik, dengan kualitas yang terjaga. Maka tidak heran, bila banyak peminatnya.

Kegunaan Bahan Kayu Meranti

jenis kayu meranti

Usai mengetahui jenis-jenisnya, ada baiknya bila Anda pun mengenali kegunaan dari bahan kayu Meranti bagi kehidupan. Di antaranya:

  1. Serat-serat serta tekstur yang dimiliki, menjadikan hasil karyanya begitu diincar oleh banyak orang untuk dijadikan sebagai bahan-bahan pembangunan rumah.
  2. Meranti pun dijadikan sebagai alternatif dalam pembuatan kertas.

Nah, itulah berbagai jenis kayu Meranti yang dapat Anda kenali ketika hendak membeli kayu.

Anda dapat memastikan kayu yang hendak dibeli dengan gambar kayu Meranti yang umum digunakan oleh masyarakat.