25
Jan

Ciri-Ciri Desain Futuristik

Ciri-Ciri Desain Futuristik

Kontraktor JogjaArsitektur futuristik adalah gaya desain yang menghadirkan tampilan masa depan. Pada desain interiornya, futuristik tidak menggunakan terlalu banyak furnitur dan benda dekorasi. Bentuk furnitur dan desain yang ditampilkan pun cenderung berbeda dan anti-mainstream dengan kebanyakan desain minimalis lainnya. Dalam arsitektur futuristik konsep masa depan yang diusung dianggap menarik dan unik sehingga menghasilkan gaya yang berbeda. Yuk simak ciri-ciri desain futuristik berikut ini!

Mengenal Futuristik: Pengertian, Ciri dan Desain

 

1. Minimalis yang Berkelas

Prinsip Minimalis Desain Futuristik

Desain futuristik masih banyak mengadopsi prinsip-prinsip desain minimalis. Dalam pengisian ruangnya, ruangan bergaya desain futuristik tidak banyak menggunakan benda-benda dekorasi.

Bentuk furnitur yang dipilih pun desainnya simpel dan hanya menggunakan furnitur esensial, furnitur yang paling diperlukan di ruangan tersebut. Desain interior futuristik juga tidak memakai banyak aksen dekor dan ornamen.

2. Bentuk Lengkungan yang Dominan

Bentuk Lengkung Desain Futuristik

Dalam desain futuristik bentuk-bentuk yang dapat ditemukan sangatlah bervariasi. Meskipun pola dan bentuk geometris masih bisa ditemukan. Namun secara keseluruhan, bentuk yang mendominasi desain futuristik adalah bentuk-bentuk lengkungan atau modular. Hal ini dapat terlihat dari bentuk furnitur seperti meja komputer dan kursi bar serta struktur bangunan di dalam ruangan berkonsep desain futuristik tersebut.

3. Perpaduan Dua Warna yang Menghasilkan Kontras

Warna-warna yang digunakan pada konsep desain futuristik biasanya merupakan kombinasi antara dua warna, dengan warna netral dan silver sebagai warna utamanya, seperti perpaduan warna putih dengan warna-warna terang yang mencolok.

Dua Warna Desain Futuristik

Kombinasi dan perpaduan warna ini dilakukan untuk menciptakan kesan kontras pada desain futuristik. Dalam dominasi putih, warna-warna terang bisa tampil lebih solid dan terasa hidup.

4. Penggunaan Lampu LED untuk Pencahayaan Desain Futuristik

Pencahayaan menjadi faktor penting dalam konsep desain futuristik. Tidak seperti pencahayaan pada konsep desain yang lain, pencahayaan pada desain futuristik khas dengan lampu LED. Lampu LED yang digunakan pun menghasilkan cahaya warna-warni dan dapat diatur intensitasnya.

READ  7 Inspirasi Tempat Wudhu Minimalis Buat Rumah Kecil

Lampu LED Desain Futuristik

Penempatan lampu LED pada ruangan dengan konsep desain futuristik dipasang tersembunyi, di belakang dinding dan di pinggir-pinggir furnitur, agar efek cahaya yang muncul bisa terlihat memancar.

5. Furnitur Dengan Desain Aerodinamis

Furnitur Aerodinamis Desain Futuristik

Desain futuristik tidak hanya mengusung desain furnitur minimalis dan ergonomis. Dari bentuknya yang memanjang dan melengkung, furnitur pada desain futuristik juga bersifat aerodinamis, memperlihatkan tampilan desain yang ringkas dan mengalir.

Furnitur Aerodinamis Desain Futuristik

Furnitur yang multifungsi dan movable juga digunakan karena penggunaan furnitur seperti ini beriringan dengan karakter gaya desain futuristik yang praktis dan fleksibel.

6. Dekorasi yang Estetik

Saat kamu mencoba menata sebuah ruangan denga gaya desain futuristik, satu hal yang tidak boleh ketinggalan adalah artwork. Kamu bisa memasang lukisan abstrak ataupun yang bergaya surealis untuk mendapatkan kesan futuristik yang maksimal.

Artwork Desain Futuristik Retro

Dekorasi yang khas biasanya dimunculkan dari pernik dekorasi seperti cushion atau bantal sofa, lampu, ataupun vas bunga. Aksen yang timbul dari pernik dekorasi untuk desain futuristik memiliki pola yang sejenis dengan pola-pola desain retro.

7. Penggunaan Meterial Bertekstur Licin dan Mengkilap

Dalam konsep desain futuristik pilihan material yang digunakan sangat penting. Kesan elegan yang muncul pada desain futuristik berasal dari penggunaan material bertekstur licin dan mengkilap.

Material Desain Futuristik

Material-material  tersebut diantaranya adalah stainless steel, jenis-jenis kaca, batu granit, dan marmer. Refleksi cahaya dari material ini dapat menghasilkan atmosfer yang berbeda ke dalam ruangan.

8. Teknologi Hi-Tech yang Memanjakan

Bukan desain futuristik namanya kalau tidak dilengkapi dengan sistem teknologi yang padu dan canggih. Pada hunian yang menerapkan desain futuristik, sistem pencahayaan dan alat-alat elektronik rumah tangga sudah bisa dikendalikan langsung dari telepon genggam. Dengan sistem nirkabel ini, intensitas pencahayaan dan perubahan warna pada lampu LED bisa dengan mudah diatur.

READ  Ide Desain Rumah Adat Bali Untuk Hunian Modern

Teknologi Hi-Tech Desain Futuristik

Bagaimana, apa kamu jadi tertarik menerapkan gaya desain futuristik ini ke dalam hunian milikmu? Gaya desain futuristik mampu mentransformasi tampilan ruangan di rumahmu ke level yang lebih tinggi. Kalau suka dengan artikel ini, jangan lupa share dan cek inspirasi desain lainnya di Arsitek Indo Kontraktor ya!