19
Jan

Ciptakan Hunian Sehat Dengan Tips Berikut Ini!

Ciptakan Hunian Sehat Dengan Tips Berikut Ini!

Kontraktor JogjaRumah yang tidak memiliki ventilasi membuat suasana menjadi pengap, panas dan tidak nyaman. Jika dibiarkan bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengubah rumah jadi lebih dingin dan sejuk. Salah satunya dengan menjaga kebersihan rumah secara rutin dan menanam pohon. Rumah yang sejuk dan bersih akan berdampak positif bagi penghuninya. Yuk, ciptakan hunian sehat dengan tips berikut ini!

.8 Tips Hunian Sehat dan Bebas Penyakit

 

1. Material Rumah yang Ramah Lingkungan

Salah satu material yang ramah lingkungan adalah dinding batu bata. Dinding batu bata setebal 10 cm dapat menahan panas selama 2 jam lebih, sehingga akan mengurangi penggunaan AC di rumah. Tentu Anda tahu penggunaan AC yang berlebihan akan membuat kulit kering. Pemilihan material batu bata kerap ditemukan pada rumah minimalis atau rumah tropis modern. Beberapa material lain yang kerap digunakan di rumah minimalis adalah beton ekspos, besi, dan kayu.

Material Rumah Sehat yang Ramah Lingkungan

2. Sirkulasi Udara yang Baik dengan Jendela dan Lubang Angin

Untuk unsur dekorasi pada rumah minimalis, arsitek kerap menggunakan roster atau lubang angin, wire mesh, dan laser cut. Roster adalah lubang angin yang terbuat dari semen dan pasir yang dicetak. Modelnya sangat beragam. Untuk variasi bentuk, di antara semen berbentuk solid, hadirkan roster berlubang lingkaran. Roster juga bisa menjadi solusi rumah hemat energi karena bisa menyalurkan udara segar ke dalam rumah, sekaligus berestetika tinggi.

rumah sehat dengan Sirkulasi Udara yang Baik

3. Air Purifier untuk Kebersihan Udara

Kesegaran dan kebersihan udara adalah hal penting untuk kesehatan, terutama di dalam rumah. Tinggal di kota besar tentu akrab dengan masalah polusi udara. Debu rumah, tungau, dan sirkulasi yang buruk dalam ruangan dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit, terutama infeksi saluran pernafasan atas atau ISPA.

READ  Inspirasi Desain Kamar Tidur Remaja

Blueair Air Purifier

Kualitas udara yang bersih merupakan jawaban atas terciptanya rumah sehat dan hidup berkualitas. Blue, air purifier terbaru dari Blueair dapat menyedot polutan-polutan kecil hingga 0,1 mikron di dalam ruangan sebesar 50 meter persegi. Dilapisi oleh kantong nilon dan spandex yang hadir dalam lima warna, air purifier ini dapat membaur sebagai aksesori interior dengan cantik. Selain memberikan kualitas hidup yang lebih sehat, Blue terbuat dari material recycle yang ramah lingkungan.

4. Istirahat yang Cukup dengan Desain Kamar Tidur yang Nyaman

Kamar tidur adalah tempat pertama dan terakhir yang kita gunakan sehari-hari untuk beristirahat dan bersiap-siap mengawali aktivitas. Umumnya, cat kamar tidur berwarna putih dan biru karena kedua warna ini mampu menampilkan suasana yang menenangkan sehingga tidur bisa terasa nyenyak. Selain itu, lampu tidur penting untuk mata dan saraf anak agar dapat beristirahat dengan baik selama Anda tidur.

5. Dekorasi Rumah yang Menyaring Bakteri

Siapa yang mengira pajangan kaktus yang terbuat dari karton bergelombang ini dapat berfungsi untuk menyaring bakteri di udara pada lingkungan kita hidup. Terdapat alat filter dan fans yang ditempatkan di dalam pajangan kaktus bernama NextMade persembahan NextMaterial. Debu halus, polusi udara, hingga asap rokok seluruhnya tersaring baik berkat tiga teknologi yang dikembangkan oleh para peneliti di Universitas Politecnico di Milano.

kaktus bernama NextMade persembahan NextMaterial

Teknologi pertama terdiri dari Particular Treatment of The Surface, yang mana secara langsung memblok bakteri dan partikel padat. Teknologi kedua penggunaan Kitosan (zat antibakteri alami yang berasal dari cangkang kerang), yang mencegah kolonisasi bakteri.

6. Cat Dinding yang Bebas Bahan Kimia

Dinding adalah elemen desain yang paling dekat dengan penghuni, karena mengelilingi semua ruangan. Penting untuk memilih pelapis cat yang aman dan menjaga kebersihan dinding, terutama yang memiliki anak-anak. Untuk menciptakan rumah yang sehat, pilih cat dinding yang tidak mengandung bahan kimia karena bahaya jika terhirup oleh anak-anak. Mereka umumnya menghabiskan waktu 10-15 jam sehari di rumah. Cat yang aman adalah water based dan mudah dibersihkan.

READ  Renovasi Kantor Nyaman

Cat Dinding yang Bebas Bahan Kimia

7. Pencahayaan yang Sehat di Mata dan Tubuh

Apapun ruangannya, pencahayaan yang baik dengan lampu atau sinar matahari itu penting. Selain sebagai penerangan, cahaya matahari yang menyehatkan mampu membantu membunuh kuman-kuman dan bakteri dalam kamar. Fungsi jendela besar yang membentang tinggi bia memberikan kualitas cahaya dan udara yang terbaik jika berada di sisi timur – selatan. Matahari pagi yang baik membawa suasana hangat ke dalam ruangan. Cahaya matahari di tengah hari menjadi penerangan alami sementara sejuknya angin yang bertiup terasa di sore hari.

Rumah Surabaya karya Goutama Design Consultant dan Valvonne Interior

Semoga artikel ini bermanfaat ya, jangan lupa ikuti tips dan inspirasi menarik lainnya seputar desain rumah hanya di Arsitek Indo Kontraktor!