29
Agu

Cari Tahu Nih Mengenai Bedanya Wallpaper dengan Cat Dinding?

Cari Tahu Nih Mengenai Bedanya Wallpaper dengan Cat Dinding?

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorLebih baik wallpaper atau cat? Ini merupakan pertanyaan yang pertama kali muncul ketika anda ingin mempercantik dinding rumah atau tengah ingin melakukan renovasi. Untuk memberikan pertimbangan tersebut, disini kami akan memberitahukan anda tentang perbandingan antara wallpaper dinding dan cat dinding, berikut adalah:

  • Kualiti desain dan variasi

Cat dinding kerap kali memunculkan kesan monoton dan membosankan. Tapi untuk wallpaper hal ini tidak menimbulkan seperti itu, kerana wallpaper mempunyai banyak motif dan gambar yang boleh anda sesuaikan dengan keinginan anda. Selain itu wallpaper juga memiliki tekstur yang tidak boleh dimiliki oleh cat dinding sehingga wallpaper dapat menampilkan kesan yang menarik. Bukan hanya itu saja wallpaper boleh didesain khusus sesuai dengan keinginan anda. Sedangkan cat dinding hanya bermain warna saja, mengkombinasikan warna untuk mendapatkan warna yang unik dan berbeza .

  • Cara pemasangan dan pengecatan

Cara untuk mengaplikasikan wallpaper jauh lebih mudah dibandingkan dengan cat. Untuk memasang wallpaper tergolong sangat cepat dan praktis, apalagi dengan adanya pelekat anda boleh memasangnya sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Selain itu, pemasangan wallpaper tidak menimbulkan masalah ketika proses berlangsung. Sedangkan cat tergolong lebih lama kerana ada beberapa lapisan seperti cat dasar yang harus menunggu sampai mengering lalu kemudian menambahkan cat yang sesuai dengan keinginan anda. Dan hal ini, anda perlu memahami langkah mengecat dinding yang tepat dan memerlukan kelengkapan yang sangat banyak. Apabila warnanya tidak cocok dengan keinginan anda maka hal ini memerlukan tambahan waktu untuk mengecatnya lagi.

 

  • Daya tahan

Daya tahan cat dinding cenderung lebih rendah dibandingkan dengan wallpaper karena lebih cepat memudar. Cat dinding hanya bertahan selam 2-3 tahun saja. Setelah itu, cat dinding harus diganti kerana warnanya sudah mulai kusam. Sedangkan wallpaper jauh diatas cat dinding. Jika pemasangan wallpaper dilakukan secara teliti, wallpaper akan bertahan lebih lama sampai 10 tahun. Tetapi hal itu tergantung dari pemakaian dan anda harus menghindari ruangan lembab kerana akan menyebabkan wallpaper mengelupas, misalnya di ruang kamar mandi atau diruang outdoor yang terkena hujan.

 

baca artikel di bawah ini

Arti Artistik Ukiran Bangunan Jawa

Lakukan Cara Ini Agar Cat Dindingmu Tahan Lama

Memahami Tentang SLF Sertfikasi Laik Fungsi

 

  • Segi perawatan

Wallpaper sangat simple dibersihkan, terutama pada wallpaper yang berbahan vinyl, hanya dilap dengan kain basah maka kotoran pun akan menghilang. Sedangkan untuk cat dinding jika dilap kain basah akan menyebabkan dinding menjadi belang.

  • Harga

Dari perbandingan daya tahan wallpaper dan cat dinding pastinya kita dapat menyimpulkan bahawa wallpaper lebih mahal daripada cat dinding. Meskipun harga wallpaper dinding lebih mahal dibanding cat dinding, namun hal ini sesuai kerana satu kali pemasangan saja boleh tahan lama. Bahkan, pasaran harga wallpaper bergantung kepada luas bidang yang akan ditutupi oleh wallpaper, untuk harga wallpaper biasanya dihitung meter/roll, sedangkan cat dinding hanya dihitung per liter saja sesuai dengan bajet anda.

Dan itulah beberapa gambaran yang boleh anda pertimbangkan dalam memilih wallpaper dinding atau cat dinding. Menurut anda mana yang paling cocok untuk dinding anda? Jika runsing nak pilih sama ada wallpaper atau cat dinding, boleh hubungi Ai Curtains untuk konsultasi percuma.

Bila kamu baca artikel ini dan menambah ilmu, kamu bisa like dan share artikel ini di sosial media, web, atau blog kemanapun yang kamu suka.