30
Okt

Cara Tepat Memilih Karpet

Cara Tepat Memilih Karpet

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Karpet menjadi salah satu dekorasi yang bisa mempercantik ruangan lantaran kehadirannya bisa mempercantik interior rumah. Saat kamu menempatkan karpet di ruang duduk, ruang makan, ruang tidur, atau lainnya, maka keberadaan karpet akan mengubah penampilan ruangan. Karpet tidak hanya menjadi alas untuk coffee table, sofa, atau sekedar menjadi tempat duduk ala lesehan.  Ada beragam jenis karpet. Motif karpet juga memiliki banyak pilihan. Belum lagi kalau membandingkan material karpet. Saat memilih karpet memang tidak mudah. Namun, ada sejumlah cara mudah untuk mendapatkan karpet yang tepat. Berikut ini cara tepat memilih karpet.

Beda Gaya Ruang, Beda Pilihan

Saat memilih karpet, sebaiknya sesuaikan motif dan warna karpet dengan tema ruang yang diusung. Untuk Anda penikmat sentuhan modern dan klasik, berikut ini tips yang harus diperhatikan.

  1. Detail Rumit untuk Sentuhan Klasik

Saat memilih karpet untuk tema interior dengan sentuhan klasik, karpet Persia atau karpet lainnya dengan detail oriental dan Eropa bisa menjadi pilihan. Namun, bila memadukannya dengan konsep modern, Anda bisa menggunakan karpet dengan motif yang tidak terlalu rumit, namun masih mencerminkan sentuhan klasik, misalnya motif geometri. Anda juga bisa memilih karpet yang memiliki motif pada bagian pinggirnya, sebagai aksen agar tidak monoton. Dari sisi warna, karpet dengan sentuhan klasik lebih banyak menggunakan warna-warna tanah, seperti cokelat tua atau krem.

  1. Pilihan Motif untuk Sentuhan Modern

Untuk Anda penyuka sentuhan modern dalam tatanan interior, karpet dengan motif kotak-kotak, garis-garis lurus, geometri, lengkung, atau polos bisa menjadi pilihan terbaik. Bila ingin disesuaikan berdasarkan warna, Anda bisa memilih warna natural seperti putih, abu-abu, atau cokelat. Pemilihan warna tersebut ditentukan pula oleh nuansa warna pada ruangan tersebut. Bila ruangannya bernuansa putih, sebaiknya gunakan karpet dengan warna putih pula namun padukan dengan warna lain sebagai aksen, misalnya merah.

READ  Apa Itu Rumah Minimalis?

Beda Ruang, Beda Aplikasi

Tidak hanya dari tema interior, pemilihan karpet juga disesuaikan dengan fungsi ruang. Berikut tip aplikasinya.

  1. Ruang Tamu: Tutupi Sebagian Saja

Bila memilik dari fungsi ruang, karpet dibedakan dari ukuran dan cara mengaplikasikannya. Untuk ruang tamu, fungsi karpet hanya sebatas sebagai alas meja. Bisa pula diaplikasikan hingga berbatasan dengan kaki sofa atau kursi bagian depan. Pada area ini, karpet berfungsi sebagai elemen estetika dan pemberi kesan hangat sehingga ruangan tidak terkesan kaku.

  1. Ruang Makan: Pembeda Ruang

Pada area ini, gunakan ukuran karpet yang lebih besar, bila perlu melebihi batas kursi. Hal ini bertujuan untuk membedakan ruang makan dengan ruang-ruang lainnya. Bagi Anda yang memiliki luas area terbatas, kehadiran karpet akan membuat fungsi ruang tampak terlihat jelas. Namun, ingat gunakan motif dan tekstur yang sesuai dengan tema ruang yang diusung untuk menghindari tabrak tema.