02
Nov

Cara Tepat Memilih Furnitur di Rumah Mungil

Cara Tepat Memilih Furnitur di Rumah Mungil

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Furnitur jadi salah satu bagian penting dari sebuah rumah. Namun, bagi kebanyakan orang, pemilihan furnitur kerap dinilai sulit dan rumit. Hal ini disebabkan furnitur harus disesuaikan dengan gaya rumah. Dengan begitu, furnitur tak hanya menjadi pajangan saja, tapi juga menambah keindahan rumah tersebut. Mumpung saat ini sedang WFH atau bekerja di rumah saja karena masih berlangsung Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona,  tentunya setelah pekerjaan selesai Anda memiliki waktu luang lebih banyak untuk memilih furnitur yang tepat untuk rumah Anda. Khusus buat Anda yang memiliki rumah bergaya minimalis, simak ulasan berikut beberapa cara memilih furnitur yang tepat seperti dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber. Berikut ini cara tepat memilih furnitur di rumah mungil.

Ada 5 faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih furnitur untuk rumah tinggal.

  1. 1. Dimensi atau besaran ruang
    Sebaiknya sesuaikan ukuran furnitur dengan besaran ruangan.
  2. 2. Jumlah penghuni rumah
    Semakin banyak jumlah anggota keluarga, semakin banyak pula furnitur yang dibutuhkan.
  3. 3. Fungsi ruang
    Setiap ruangan dalam rumah membutuhkan jenis furnitur berbeda. Di ruang tidur misalnya, yang dibutuhkan biasanya tempat tidur dan lemari. Ruang keluarga tentu membutuhkan furnitur yang berbeda dengan ruang tidur.
  4. 4. Kebiasaan pengguna ruangan
    Kebiasaan setiap individu berbeda, maka kebutuhannya pun akan berbeda. Setiap individu cenderung memiliki selera estetis yang berbeda.
  5. 5. Budgetatau biaya
    Saat ini tersedia berbagai macam model furnitur dengan harga bervariasi. Anda bisa memilih sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Dari semua jenis furnitur yang ada di pasaran, ada 2 jenis furnitur yang sesuai dengan rumah berukuran terbatas. Kedua furnitur tersebut adalah furnitur tanam dan furnitur multifungsi. Masing-masing furnitur tersebut memiliki kriteria tersendiri, sehingga bisa pas mengisi ruang mungil Anda.

Selain furnitur yang tepat, penempatan furnitur di dalam ruang juga harus diperhatikan. Jika penempatannya asal-asalan, furnitur yang sudah dipilih dengan baik ini tak akan optimal mengisi ruang. Malah, dapat membuat ruang terasa sesak.

Furnitur Tanam (built-in)

Bentuknya yang praktis dan ukurannya yang presisi dengan ruangan, membuat furnitur tanam cocok diaplikasikan di rumah mungil.

Jika Anda mengidamkan interior rumah yang rapi dan bersih, furnitur tanam (built-in) bisa menjadi solusi terbaik. Furnitur tanam didefinisikan sebagai furnitur yang dibuat menyatu dengan rumah, biasanya dipasang dengan sistem bongkar pasang (knock down). Furnitur tanam menempel pada bangunan, baik pada dinding, lantai, maupun plafon, sehingga terasa lebih ringkas dan hemat tempat. Selain itu, bentuknya bisa disesuaikan dengan bentuk ruangan karena ukurannya lebih spesifik dan pas. Di rumah mungil, furnitur tanam bisa diletakkan di area dengan aktivitas padat untuk menunjang fungsi sebagai penyimpanan. Untuk ukuran furnitur yang besar dan minim mobilisasi, Anda bisa menggunakan sistem tanam agar lebih kompak dan kokoh.

Beberapa jenis furnitur rumah yang cocok menggunakan sistem tanam adalah rak televisi, lemari buku, kitchen set, dan lemari pakaian. Namun tak menutup kemungkinan, sistem tanam ini diaplikasikan juga pada seperti meja kerja ataupun ranjang, asalkan tak perlu dipindah-pindah dalam keseharian.

Bentuknya yang fleksibel dan bisa mengikuti ukuran ruangan, membuat furnitur tanam dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan pada area yang sulit diisi furnitur, misalnya lorong, dinding bagian atas, atau sudut yang jarang digunakan untuk beraktivitas.

Furnitur Multifungsi

Furnitur multifungsi layak dipertimbangkan untuk digunakan karena memiliki kelebihan, yaitu bisa memenuhi 2–3, atau bahkan lebih fungsi yang berbeda. Saat ini di pasaran banyak tersedia furnitur multifungsi dengan desain yang inovatif. Dengan sistem yang terintegrasi, furnitur multifungsi ini secara unik bisa beralih bentuk dan fungsi untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda, misalnya dilipat, digeser, diangkat, atau diperpanjang.  Jika ternyata sulit menemukan yang cocok, Anda bisa memesan ke produsen furnitur dengan penyesuaian ukuran, bentuk, warna, dan materialnya.

Furnitur multifungsi selalu tersedia pada saat dibutuhkan untuk memenuhi fungsi utamanya dan memiliki fungsi praktis lainnya yang melekat. Oleh karena itu fisiknya bisa ditanam, ditempel, atau mobile. Sebuah furnitur juga bisa disebut multifungsi tanpa adanya perubahan pada bentuknya, misalnya kabinet TV bisa berfungsi sebagai partisi sekaligus sebagai ruang penyimpanan.

Melihat kondisi, fungsi, dan komposisi yang dibangun untuk memenuhi beberapa fungsinya maka tidak mengherankan jika harga furnitur multifungsi biasanya lebih mahal. Namun, jika dihitung-hitung, itu bisa jadi lebih murah dibandingkan jika Anda membeli beberapa furnitur yang berbeda. Lagi pula, selain hemat biaya juga akan hemat ruang sehingga kesan lapang bisa tercipta di rumah mungil Anda.