14
Des

Cara Pasang Wallpaper Dinding Anti Ribet

Cara Pasang Wallpaper Dinding Anti Ribet

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Desain ruangan menjadi hal yang penting untuk membuat nyaman dan indah ruangan, khususnya desain dinding yang akan menentukan tema ruangan. Selain menggunakan cat, memperindah dinding ruangan juga dapat menggunakan wallpaper. Pilihan menggunakan wallpaper sebetulnya lebih menguntungkan bagi desain konstruksi ketimbang menggunakan cat, hal ini dikarenakan wallpaper memiliki banyak varian warna sekaligus motif yang akan membuat ruangan lebih hidup. Berikut ini cara pasang wallpaper dinding anti ribet.

1. Siapkan peralatan

Anda membutuhkan alas plastik, cutter, pensil, penggaris dan meteran, benang dengan pemberat, lem wallpaper, bak untuk adukan lem (dua buah), spons, kuas lem, roller, amplas, dan kape untuk meratakan dinding.

2. Bersihkan dinding dan lem

Lakukan pembersihan bidang dinding dari perabotan atau permukaan yang kotor dan tidak rata. Setelah bidang dinding beres dan siap dipasang wallpaper, campurkan lem dengan air.

Kemudian, jadikan dalam dua bak terpisah, yaitu lem untuk sambungan dan lem untuk keseluruhan. Lem bagian sambungan lebih kental, sehingga daya rekatnya lebih tinggi.

3. Pengukuran

Ukur terlebih dahulu kebutuhan wallpaper untuk satu bidang dinding. Sesuaikan lebar bidang dengan lebar wallpaper. Sebagai antisipasi, lebihkan kira-kira 1-1,5 sentimeter untuk bagian sambungan.

4. Pemotongan

Ikuti petunjuk pemotongan yang tertera pada gulungan wallpaper, agar motif yang dihasilkan terlihat serasi. Potong wallpaper dalam bentuk pola potongan mengikuti bidang dinding, perhatikan sambungan antar wallpaper.

5. Atur posisi

Berikan penandaan posisi wallpaper dengan pensil. Gunakan alat bantu berupa benang dengan alat pemberat agar lurus dan rapi.

6. Melapisi

Selanjutnya, gunakan kuas atau roler untuk menyapukan lem pada permukaan bidang yang akan dilapisi wallpaper. Lakukan tahap ini dengan hati-hati dan jangan terburu-buru.

READ  Pentingnya Membuka Jendela Rumah

7. Menempel wallpaper pada dinding

Perhatikan penandaan yang telah Anda buat sebelumnya memakai pensil, agar penempelan akurat dan motif tersusun serasi.

8. Sambungan

Perhatikan di bagian sambungan, usahakan pakai lem yang lebih rekat, agar sambungan terlihat rapi dan tahan lama.

9. Ratakan

Setelah penempelan selesai lakukan perataan pada bidang wallpaper yang telah terpasang dengan menggunakan kape atau boleh juga penggaris akrilik. Sisa wallpaper bisa dipotong dengan cutter. Sedangkan lem yang terlihat luber dapat Anda bersihkan dengan spons.

10. Pengecekan

Setelah terpasang, cek kerapian apakah ada bagian wallpaper yang menggelembung. Perhatikan juga bagian sambungan, sudut, dan tepi wallpaper apakah sudah rapih dan corak sudah senada.