24
Okt

Cara Mudah Membuat Dapur Segar Tanpa Cooker Hood

Cara Mudah Membuat Dapur Segar Tanpa Cooker Hood

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Keterbatasan lahan, desain rumah dan letak dapur kerap jadi permasalah sirkulasi udara di dapur. Padahal ruang produktif satu ini kerap menghasilkan uap yang dapat menganggu kenyamanan bekerja di dapur maupun ruangan lainnya. Untuk mengatasi ketidaknyamanan itu, ternyata tidak harus memasang penghisap debu atau cookerhood. Berikut ini cara mudah membuat dapur segar tanpa cooker hood.

Gunakan Exhaust Fan

Cara kerja exhaust fan mirip seperti kipas angin, berfungsi menyedot udara dari dalam ruangan (dapur) dan menghembuskannya keluar, sebelum asap sempat menyebar ke ruangan lain. Jika dapur Anda tidak memiliki akses langsung ke ruang luar, memasang sebuah exhaust fan akan sangat membantu. Nyalakan exhaust fan saat memasak, sehingga asap dan bau dapat keluar dari dapur. Pastikan exhaust fan rutin dibersihkan agar kinerjanya optimal.

Rutin Bersihkan Area Masak

Bau tak sedap di dapur sering kali timbul karena minyak bekas memasak yang menempel di atas kompor atau bagian backsplash dapur. Untuk mencegah timbulnya bau, setelah selesai memasak, pastikan mengelap kompor dan dinding di sekitarnya. Jika dilakukan segera, noda minyak akan lebih mudah dilakukan daripada saat bekas minyak sudah kering.

5 Cara Mudah Membuat Dapur Segar Tanpa Cooker Hood

Manfaatkan Aromaterapi dan Bumbu Dapur 

Salah satu cara lain yang mudah dan cepat untuk mengusir bau tak sedap di dapur adalah dengan menggunakan aromaterapi. Pilih aroma yang cukup netral dan menyegarkan, seperti citrus atau lemon. Namun, aromaterapi ini hanya bersifat membantu, Anda tetap harus membersihkan dapur dengan tuntas agar bau di dapur tidak bercampur dengan wangi aromaterapi. Anda juga dapat menetralkan bau bekas memasak dengan bau memasak yang lain. Misalnya, Anda bisa coba dengan merebus air cengkeh, kayu manis, dan kulit jeruk dan biarkan wanginya memenuhi dapur.

5 Cara Mudah Membuat Dapur Segar Tanpa Cooker Hood

Letakkan Biji Kopi atau Kopi Bubuk 

Bau tidak sedap di dapur lebih baik dicegah sebelum muncul. Cara yang cukup jitu untuk mencegah bau tidak sedap di dapur adalah dengan meletakkan segenggam biji kopi ke dalam wadah terbuka dan letakkan di meja dapur. Kalau tidak punya biji kopi, Anda bisa menggantinya dengan sebungkus kopi bubuk yang banyak dijual di warung. Kopi ini dapat berperan sebagai penyerap dan juga penetral bau. Jadi, udara di dapur Anda akan selalu terasa segar tanpa gangguan bau tak sedap.

5 Cara Mudah Membuat Dapur Segar Tanpa Cooker Hood

Siasat dalam Memasak

Jika desain dapur tidak dapat diubah, ubahlah cara Anda memasak. Misalnya, selalu menggunakan tutup panci ketika memasak atau memanggang makanan di halaman. Dengan begitu, bau masakan pun lebih sulit memenuhi ruangan dapur. Kelima tips di atas dapat membantu mengusir bau tidak sedap yang ada dan membuat dapur terasa lebih segar. Namun, untuk selalu memiliki dapur yang sehat dan beraroma segar, kebersihan adalah kunci utamanya. Selalu bersihkan dapur Anda setelah memasak dan jangan lupa rutin membuang sampahnya.