kontraktor jogja
04
Apr

Cara Merawat Pekarangan Rumah

kontraktor jogjaCARA MERAWAT PEKARANGAN RUMAH

Kontraktor Jogja – Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas mengenai pentingnya atau manfaat dari pekarangan rumah (Baca juga : Ketahui Manfaat Pekarangan Rumah). Nah seperti pada artikel tersebut kita bahas mengenai pekarangan seharusnya diperhatikan dalam segi perawatannya. Maka dari itu, kami kontraktor Jogja akan memberikan solusi bagaimana cara merawat pekarangan rumah yang baik dan benar.

Tips Merawat Pekarangan Rumah

Salah satunya adalah masalah pencahayaan dari sinar matahari. Beberapa tanaman butuh cahaya yang amat terang, beberapa justru membutuhkan sedikit cahaya. Oleh karena itu, sangat perlu disadari hal-hal yang baik atau malah membahayakan hidup tanaman.

Lantas, apa sajakah hal yang bisa dilakukan agar tanaman tumbuh indah di pekarangan rumah? Berikut terdapat beberapa tips untuk merawat tanaman: (auf/ret)

1. Tahu cara menyiram

Tiap pot pasti memiliki bulatan sebagai tempat keluarnya air. Siramlah sampai air meluap dan keluar dari lubang tersebut. Hentikan segera ketika air sudah keluar karena apabila kelebihan air, tanaman akan membusuk.

2. Tambah kelembaban

Bagaimana cara mengetahui bahwa tanaman kurang kelembaban? Bintik-bintik cokelat pada daun merupakan penandanya. Jadi, segera tempatkan di tempat yang lebih lembab.

3. Pencahayaan

Tak semua tanaman dapat hidup di tempat yang gelap. Beberapa butuh pencahayaan terang untuk dapat melakukan fotosintesis. Oleh karena itu, tingkat pencahayaan sinar matahari penting bagi mereka.

4. Ubah tanah

Kadang-kadang tanaman tetap tidak tumbuh maksimal meskipun air dan pencahayaan sudah tepat. Solusinya dengan mengganti media tanam. Tak harus menggantinya dengan arang atau kristal, tetapi mengganti dengan tanah baru dapat memerbaharui nutrisi tanaman.

5. Bersihkan tanaman

Selalu ingin terlihat bersih dan terbebas dari kotoran? Tanaman pun juga menginginkan hal seperti itu. Bersihkan daun demi daun dengan kain halus, atau cukup hindarkan mereka dari debu.

6. Periksa hama dan serangga

Tanaman dan bunga dapat menarik perhatian hama, juga serangga. Namun, hal tersebut bukanlah hal yang baik jika mereka tidak membantu penyerbukan tetapi justru merusak tanaman. Segera berikan mereka pembasmi hama dan serangga.

7. Ganti pot

Ganti pot sesuai dengan ukuran dan umur tanaman. Hal tersebut dapat membantu mereka tumbuh sehat.

8. Potong ranting

Memotong ranting kecil atau bunga kering yang menggangu tidak akan membuat tanaman mati. Justru, hal tersebut dapat membantu agar tanaman terlihat lebih bagus.

9. Pupuk alami

Tambahkan kotoran dan kompos ke dalam tanah agar nutrisi yang dibutuhkan pada masa pertumbuhan dapat didapatkan secara maksimal. Coba konsultasi dengan orang yang memberikan bibit tanaman mengenai kompisisi yang baik.

10. Jangan biarkan tanaman sendiri

Sama seperti manusia, tanaman juga tidak suka dan tidak bisa hidup sendiri. Jadi, usahakan beli lebih dari satu tanaman dan letakkan secara berdekatan.

Terima kasih sudah mengunjungi website kami Kontraktor Jogja. Semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666