15
Feb

Cara Menyiasati Ventilasi Udara dan Akses Cahaya Alami

Cara Menyiasati Ventilasi Udara dan Akses Cahaya Alami

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Saat memiliki lahan sempit, biasanya terbayang kalau ventilasi rumah dan juga akses cahaya alami akan sulit.  Padahal rumah yang bagus tentunya memerlukan sistem ventilasi udara yang baik dan juga akses cahaya yang bagus.  Mengapa rumah memerlukan ventilasi udara, tentunya agar rumah menjadi lebih sehat karena ada pertukaran udara dan cahaya matahari bisa masuk.  Ventilasi udara adalah proses pertukaran udara yang ada di dalam rumah dengan udara yang ada di luar. Idealnya, rumah memang memiliki bagian depan, belakang, dan samping untuk ventilasi udara yang baik. Namun, lain cerita ketika rumah berada di lahan yang sempit seperti halnya rumah yang satu ini, berada di kawasan penduduk.  Meski begitu, arsitek bisa menyiasati lahan sempit menjadi sebuah hunian yang keren di tengah kota. Berikut ini cara menyiasati ventilasi udara dan akses cahaya alami.

Cara Menyiasati Ventilasi Udara dan Akses Cahaya Alami  

Biro arsitek asal Vietnam, Vo Trong Nghia Architects menyiasati ventilasi udara dan akses cahaya alami ini dengan tiga cara.  Pertama, memasang jendela dan pintu kaca berukuran besar di sejumlah bagian rumah tiga lantai ini. Kedua, membuat void atau semacam ruang terbuka di dalam ruangan, antar lantai di dalam rumah. Ketiga, menghadirkan taman dan tanaman sehingga ada udara yang segar yang bisa dihasilkan.

ventilasi udara

1. Jendela Berukuran di Tepi Kolam Renang 

Rumah tiga lantai plus rooftop ini berada di Ho Chi Minh City, Vietnam dengan ukuran luas hanya 7×20 meter. Cara pertama dalam menyiasati ventilasi udara adalah memasang jendela berukuran besar di tepi kolam renang.

READ  Tips Memilih Kasur Sesuai Kebutuhan

ventilasi udara

2. Void di Sejumlah Bagian Rumah 

Firma arsitek Vo Trong Nghia Architects membuat void atau bukaan di atap pada sejumlah bagian rumah. Hal ini menjadi carai kedua menyiasati ventilasi rumah, model ventilasi udara rumah minimalis, ada bagian rumah yang terbuka dan tidak tertutup secara masif.

ventilasi udara

3. Taman di Seluruh Lantai 

Arsitek membangun sejumlah taman di seluruh lantai, kehadiran taman menjadi bagian dari ventilasi udara rumah minimalis, hal ini menjadi cara ketiga. Taman memberikan oksigen yang dibutuhkan oleh penghuni rumah yang terdiri dari tiga generasi ini.

ventilasi udara

4. Taman yang Asri 

Taman ini terhubung dengan jendela dan pintu kaca sebagai ventilasi rumah tinggal, penghuni hanya perlu membukanya. Kebetulan, ada satu kamar tidur yang berada di lantai tiga, terhubung dengan saluran ventilasi udara kamar tidur dan ventilasi udara di atap rumah.

ventilasi udara

5. Lahan yang Sempit 

Kalau melihat gambar ini, bisa dikatakan betapa sempitnya rumah ini di antara hunian lain, namun kehadiran taman bisa mengubahnya. Kehadiran taman atap menjadi semacam ventilasi atap atau ventilasi udara atap yang memberikan kesejukan pada bangunan.

ventilasi udara

6. Void Menjadikan Ruang Terlihat Luas 

Meski tidak memiliki roster pada dinding, namun void bisa menjadi solusi ventilasi udara minimalis dan juga ventilasi udara dinding. Namun, mau tidak mau, seluruh ruang tidur terbagi di tiga lantai, begitu juga dengan dapur, ruang makan, ruang keluarga, dan lainnya.

ventilasi udara

7. Jendela dan Pintu Kaca 

Kamar tidur utama memiliki jendela dan pintu kaca berukuran besar, solusi lainnya untuk ventilasi udara. Ukuran ventilasi udara bisa disesuaikan dengan luas ruangan, rumah ini sendiri memiliki jendela yang banyak.

ventilasi udara

8. Memadukan Material Kayu, Beton, dan Bata Ekspos 

Untuk membuat rumah ini terkesan lebih nyaman, arsitek memadupadankan material kayu, beton, dan batu bata ekspos dalam interior ruangan. Meski kecil, rumah ini memiliki taman, kolam renang, dapur, ruang keluarga, ruang makan, kamar mandi, kamar tidur, dan lainnya.

READ  Tips Menciptakan Rumah Nyaman Hewan Peliharaan Kucing dan Anjing

ventilasi udara

9. Memasukkan Tanaman ke Dalam Ruangan 

Cara lainnya dalam membuat ruangan terlihat segar dan nyaman adalah memasukkan tanaman ke dalam rumah. Jadi meski tanpa roster ventilasi udara dan juga ventilasi udara kamar mandi, rumah ini terlihat lebih asri.

ventilasi udara

10. Fasilitas Spa 

Meski rumah ini memang memiliki luas terbatas, namun arsitek bisa memasukkan fasilitas berupa spa. Bagian ini juga menjadi akses ventilasi udara kamar mandi yang bisa memasukkan udara segar ke ruangan.