22
Agu

Cara Menjaga Rumah Agar Tetap Bersih dan Rapi

Cara Menjaga Rumah Agar Tetap Bersih dan Rapi

Rumah bersih dan rapi – Memiliki rumah yang bersih dan rapi memang menjadi salah satu idaman. Selain membuat nyaman diri sendiri, rumah yang bersih dan rapi juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para tamu sehingga membuat mereka betah untuk lebih lama. Berbeda dengan rumah yang berantakan pasti akan membawa energi negatif untuk Anda dan keluarga Anda, dan tidak enak dipandang pastinya. Berikut kami berikan tipsnya untuk Anda menjaga rumah agar tetap bersih dan rapi.

Bersihkan rumah dengan rutin

Rumah yang bersih tentu akan membuat penghuninya nyaman. Agar terjaga kebersihannya, rumah harus dibersihkan secara rutin. Anda yang tinggal sendiri sebaiknya membuat jadwal membersihkan rumah setiap pagi sebelum melakukan aktivitas lainnya. Jika bersama keluarga sebaiknya berbagi tugas bersama anggota keluarga.

Jaga kerapian ruangan

Selain kebersihan, kerapian juga termasuk juga faktor yang bisa menciptakan rasa nyaman. Cara termudah untuk menjaga kerapian adalah dengan kebiasaan meletakkan barang-barang pada tempatnya setelah digunakan. Misalkan jika Anda selesai membaca buku kembalikan ke raknya.

Jaga kesegaran udara

Udara yang segar sangat mendukung terciptanya kenyamanan saat beristirahat di dalam rumah. Untuk menjaga kesegaran udara pastikan rumah Anda memilki sirkulasi udara yang baik. Jika diperlukan alangkah baiknya menggunakan peralatan tambahan seperti Exhaust fan dan Air Cleaner. Exhaust Fan berfungsi untuk mempercepat penggantian udara, sedangkan Air Cleaner berfungsi untuk menyedot partikel debu yang melayang diudara. Dengan menggunakan kedua alat ini udara di dalam rumah Anda akan menjadi bersih dan segar.

Lengkapi peralatan kebersihan di Rumah Anda

Untuk keperluan membersihkan rumah, pastikan peralatan tersebut tersedia di rumah Anda. Banyak peralatan rumah yang bisa Anda sediakan dirumah seperti kemoceng, sapu , pel dan peralatan kerbersihan standar lainnya. Kalo diperlukan Anda bisa menggunakan teknologi yang lebih canggih seperti penyedot debu ( Vacuum Cleaner) dan peralatan lainnya.

Rapikan tempat tidur

Jika Anda terburu-buru, tarik selimut ke bantal lalu rapihkan agar terbentuk kemiripan dengan tempat tidur. Tindakan sederhana itu menciptakan rasa ketertiban di kamar tidur Anda.

Kosongkan tempat cuci piring

Hal ini untuk menghindari tumpukan piring kotor sepanjang hari. Sehingga pada malam hari Anda tidak disibukkan untuk mencuci tumpukan piring kotor.

Jangan biarkan dapur kotor

Tahan keinginan untuk langsung tidur setelah makan. Alangkah lebih baik jika langsung menjaga kebersihan dapur dengan mencuci piring, wajan, panci, dan sebagainya.

Mencuci pakaian setiap hari

Mereka yang memiliki keluarga besar cenderung mencuci pakaian setiap pagi. Namun jika Anda tinggal sendiri, mencuci beberapa hari yang telah ditentukan dalam seminggu harusnya cukup.