05
Jun

Cara Menghindari Kontraktor Nakal

Cara Menghindari Kontraktor Nakal

jasa arsitek jogja

Arsitek Indo Kontraktor | Jasa Arsitek dan Kontraktor – Apakah Anda sedang ingin membangun rumah dan ingin menggunakan Jasa Kontraktor? Hal ini adalah pilihan tepat. Jasa kontraktor akan mempermudah proses pembangunan dan proses pembangunan Anda akan berjalan terencana sesuai dengan desain yang Anda inginkan. Namun, tak jarang ada jasa kontraktor yang nakal dan mencurangi klien. Lalu, bagaimana Cara menghindari Kontraktor Nakal seperti itu? Simak artikel berikut ini.

Ada hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum memilih kontraktor. Hal pertama yang harus menjadi pertimbangan utama adalah penawaran harga, nama besar kontraktor, serta pengalamannya. Salah memilih kontraktor akan merugikan Anda. Berikut ini beberapa Cara Menghindari Kontraktor Nakal.

Tetapkan spesifikasi material dengan jelas dan detail sejak awal

Kontraktor nakal bisa mengambil keuntungan dengan menurunkan kualitas material bangunan. Untuk mengantisipasi kejadian ini, tetapkan spesifikasi di awal dengan jelas dan detail, mulai dari bentuk, ukuran, hingga nomor seri bahan jika diperlukan. Spesifikasi ini harus disetujui oleh kontraktor dan tertuang dalam dokumen keketatan hukum.

Pilih kontraktor yang memiliki reputasi baik

Tentu Anda tidak menginginkan permasalahan muncul dan menghambat proses pembangunan. Salah satu contoh kenakalan kontraktor lainnya adalah terlambat membayarkan material bangunan yang digunakan kepada supplier. Bisa-bisa, supplier mendatangi Anda dan menagih haknya kepada Anda. Padahal, Anda sendiri sudah melakukan pembayaran kepada kontraktor. Untuk itu, pastikan kontraktor yang Anda pilih benar-benar mempunyai reputasi yang baik dengan cara menelusuri rekam jejaknya terlebih dahulu.

Baca Juga : Tips Memilih Kontraktor Rumah

Jangan mudah tergiur dengan tawaran kontraktor murah

Kenakalan kontraktor yang paling sering dijumpai adalah melarikan uang pemilik bangunan. Biasanya, saat pemilik sudah telanjur memberikan uang muka dan uang pembangunan semenjak awal kepada kontraktor, pihaknya kemudian hilang begitu saja.
Agar kejadian ini tidak menimpa Anda, sebaiknya jangan mudah tergiur dengan tawaran kontraktor murah. Cari kontraktor yang memang benar-benar memiliki reputasi baik dan legalitas yang jelas. Kontraktor resmi dan legal tentu memiliki alamat dan data-data yang jelas. Hal ini pun akan memudahkan Anda saat terjadi masalah dan menyelesaikannya dengan kontraktor.

Selain itu, hindari melakukan pembayaran langsung dengan nominal yang besar di awal. Lakukan pembayaran sesuai dengan progres pembangunan yang terjadi di lapangan. Jangan mudah percaya dan awasi terus proses pembangunan atau renovasi hunian Anda. Sebelum Anda rugi, sebaiknya cegah risiko masalah mulai dari awal.

Sumber : https://www.arsitag.com/