13
Okt

Cara Menghilangkan Tinta di Meja Tidak Usah Panik dan Khawatir

Cara Menghilangkan Tinta di Meja Tidak Usah Panik dan Khawatir

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Meja terkena tinta spidol atau pulpen? Tidak usah panik dan galau, simak cara menghilangkan tinta di meja dengan mudah dengan sejumlah bahan. Punya coffee table cantik, namun ternoda oleh coretan tinta spidol atau pulpen, pastinya kamu bakal senewen. Atau putra putri kamu iseng mencoret meja dengan coretan spidol, ya namanya juga anak-anak yang suka iseng. Hal yang lebih membuat kamu bete adalah tinta spidol bersifat permanen sehingga sulit dihilangkan dari permukaan meja. Tinta spidol biasanya bersifat permanen dengan bahan dasar minyak sehingga tidak bereaksi dengan dibasuh air. Namun demikian, kamu dapat menghilangkan noda spidol dengan menggunakan bahan yang ada di rumah. Berikut ini cara menghilangkan tinta di meja anda tidak usah panik dan khawatir

Cara Menghilangkan Tinta di Meja 

Biasanya, kalau meja kayu baru saja terkena tinta, kamu memang bisa membersihkannya dengan mudah. Namun, lain cerita ketika sudah terjadi sebelumnya, namun kamu bisa mencoba menghilangkan dengan menggunakan sejumlah bahan. Sejumlah material ini bisa tersedia di rumah, walaupun harus membeli, kamu bisa memperolehnya dengan mudah.

1. Alkohol

Salah satu cara menghilangkan tinta di kayu adalah menggunakan alkohol yang diteteskan pada kain bersih. Cara ini bisa dilakukan untuk menghilangkan tinta spidol yang menempel pada permukaan kayu. Kamu bisa mencobanya pada area kecil yang terkena noda tinta sebagai uji coba agar tidak merusak kayu. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan kain bersih, usapkan secara perlahan pada bagian meja.

2. Sabun Cuci Piring 

Material yang bisa digunakan untuk membersihkan tinta di meja adalah menggunakan sabun cuci piring. Campurkan sabun cuci piring dengan air hangat, lantas usapkan pada bagian meja yang terkena noda tinta. Sabun cuci piring bermanfaat lantaran bisa mengangkat noda yang menempel pada permukaan kayu. Sebelum membersihkannya, coba usapkan pada bagian lain, apakah ada reaksi terhadap pernis kayu.

3. Soda Kue 

Cara menghilangkan tinta di meja dapat menggunakan soda kue alias natrium bikarbonat, bahan ini memang dikenal sebagai pembersih yang ampuh. Sebelumnya, kamu harus membuat pasta dari campuran soda kue dan air, lantas usapkan secara perlahan pada noda tinta di meja. Setelah itu, tunggu selama 10-15 menit, langkah selanjutnya adalah membersihkan menggunakan lap bersih yang telah dibasahi air. Jika noda belum hilang, kamu bisa mencobanya beberapa kali, namun perhatikan warna plitur atau pernis kayu.

4. Mineral Spirit 

Mineral spirit dikenal sebagai cairan pengganti terpentin dan bisa dibeli di toko bangunan atau perkakas. Bahan ini bisa dipakai sebagai salah satu cara menghilangkan tinta di meja, namun kamu ingat mengenai mineral spirit. Material ini terbilang cukup keras saat mengenai kayu, sehingga kamu harus menggunakan kapas atau kain. Saat mengusapkannya juga sedikit saja, jangan lupa untuk mencoba di bagian yang tersembunyi untuk mencobanya.

5. Cairan Pemutih 

Cara menghilangkan tinta di meja lainnya bisa menggunakan cairan pemutih pakaian, namun memang harus berhati-hati ya. Cairan pemutih pakaian mengandung klorida yang bisa mengangkat noda pada pakaian berwarna. Pilihan lainnya adalah memakai pemutih kayu yang mengandung asam oksalat, namun pemakaiannya memang harus berhati-hati. Selain bau dari cairan ini memang menyengat, material ini bisa merusak kayu, kamu mengusapkan menggunakan kain. Setelah mengetahui cara menghilangkan tinta di meja, kamu bisa mengaplikasikannya di rumah.