• arsitek jogja
    07
    Apr

    Cara Menghilangkan Jamur Di Dinding

    CARA MENGHILANGKAN JAMUR DI DINDING

    Sumber : pasificpaint.com

    ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Sering di jumpai pada dinding rumah anda noda jamur yang sangat menganggu. Selain merusak estetika dinding anda, jamur pada dinding juga dapat menyebabkan gatal gatal pada kulit anda, karena ada berbagai jenis jamur yang mempengaruhi kesehatan.Ada banyak sebab penyebab berjamurnya tembok anda, mungkin karena cat yang kualitas kurang bagus, suhu udara yang lembab dan lain lain.

    Nah pada artikel di bawah ini kita akan membahas mengenai cara menghilangkan noda jamur pada dinding rumah anda, selain itu kami juga memberikan tips agar dinding anda terhindar dari tumbuhnya jamur. Mari simak ulasan di bawah ini.

    Cara menghilangkan jamur dinding

    Guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, kenakan sarung tangan karet, pakaian lengan panjang, serta masker mulut dan hidung. Buka jendela selama mengerjakan tugas ini.

    1.Buat larutan dari campuran karbol dan air—biasanya dengan takaran 1 bagian karbol dan 3 bagian air. Jika karbol tidak tersedia, Anda bisa memakai detergen yang mengandung bahan aktif pencerah kain.

    2.Semprotkan atau percikkan larutan tersebut pada area yang berjamur.

    3.Gosok bagian yang berjamur memakai sikat berbulu agak kaku atau kain berserat agak kasar.

    4.Bilas secara tuntas lalu keringkan.

    Baca Juga : Cara Mengatasi Tembok Rembes

    Peringatan keselamatan

    Jamur bisa memicu reaksi alergi jika terhirup atau mengenai kulit, jadi jika masalah dinding berjamur Anda sangat parah, lebih baik Anda menghubungi jasa profesional untuk menanganinya.

    Tips mencegah jamur dan lumut

    Setelah Anda menangani tembok berjamur dan berlumut, tentu Anda tidak ingin penyakit dinding ini kembali muncul. Berikut ini cara pencegahannya:

    1.Beli produk-produk khusus untuk menghambat pertumbuhan jamur dan lumut tembok. Semprotan antimikroba mencegah spora jamur hinggap di dinding. Pertimbangkan mengganti cat dinding Anda dengan cat tembok anti air dan jamur yang memiliki keuntungan ganda. Pertama, bahan dasarnya yang anti air memungkinkannya dicuci atau dilap memakai kain basah. Kedua, karena air yang merembes ke dalam tembok sangat minimal, dinding pun selalu kering sehingga jamur enggan tumbuh. Hal ini juga berlaku pada cat tembok anti lumut.

    Baca Juga : Penyebab Retak Rambut Pada Tembok

    2.Gunakan alat dehumidifier untuk mengurangi kelembapan udara di ruangan yang sangat rawan terhadap jamur dan lumut tembok. Alat ini bisa menjadi langkah pencegahan jangka panjang.

    3.Perbaiki talang saluran cucuran air dari genteng. Pastikan lapisan talang tidak bocor, ganti atau perbaiki jika rusak, dan bersihkan kotoran agar tidan menyumbat aliran air, termasuk pipa yang menyalurkan air dari talang ke tanah.

    4.Pelihara agar kamar mandi, dapur, dan lokasi-lokasi lembap lain memiliki sirkulasi udara yang lancar dan selalu kering.

    5.Keringkan handuk dan tirai kamar mandi.

    6.Tangani kebocoran pada pipa air sesegera mungkin, terutama jika pipa berada di dekat atau ditanam di dalam tembok.

0 comments

Leave a reply